HOME » SELEBRITI » ASIAN » B » BOA


Boa Kwon, atau biasa dikenal dengan nama panggung BoA, adalah penyanyi asal Korea yang juga banyak tampil,di Korea Selatan, Jepang, dan Amerika Serikat. Nama BoA sendiri merupakan backronym dari Beat of Angel. BoA lahir dan dibesarkan di Gyeonggi-do, Korea Selatan.

BoA mulai berkecimpung di dunia tarik suara sejak dia mengikuti kakaknya mengikuti audisi di ajang pencarian bakat SM Entertainment. BoA yang saat itu baru sebelas tahun dan hanya mengantarkan kakaknya mengikuti audisi malah dilirik oleh agen pencarian bakat disana. Sejak itu BoA mulai berpikir untuk menjalani profesi sebagai penyanyi dan sempat berpikiran untuk keluar dari bangku sekolah untuk mengejar karir di dunia musik. Tentu saja keinginan BoA ini ditentang habis-habisan oleh orang tuanya. Namun atas bujukan dari sang kakak,orang tua BoA luluh dan mengijinkan BoA mendedikasikan diri untuk dunia musik.

Setelah menjalani dua tahun menjalani pelatihan, pada tahun 2000 dia merilis debut album Korea pertamanya yang berjudul ID; PEACE B di bawah nama SM Entertainment. Dua tahun kemudian, dia kembali merilis album Jepangnya yang berjudul LISTEN TO MY HEART, di bawah label Avex. Akhirnya, pada tanggal 14 Oktober 2008,BoA memulai debut Amerikanya di bawah label SM Entertainment divisi US. Saat itu BoA memulai titik karirnya di Amerika dengan mengeluarkan single berjudul Eat You Up. Single berbahasa Inggris tersebut resmi dirilis pada tanggal 17 Maret 2009.

Musik yang dimainkan BoA sangat dipengaruhi oleh aliran penyanyi hip hop dan R & B seperti Nelly dan Janet Jackson, karena sangat terlihat bahwa banyak lagu BoA yang termasuk dalam genre tersebut. Sebagai seorang penyanyi, BoA merasa tidak memiliki bakat untuk menulis lagu. Penulisan dan komposisi lagu-lagunya sebagian besar diserahkan pada stafnya. Akibat alasan ini, banyak kritik yang mengarah pada BoA. Namu faktanya, tidak selamanya BoA menyerahkannya pembuatan lagunya pada stafnya. Beberapa lagu yang dinyanyikannya adalah hasil karyanya sendiri, misalnya Listen to My Heart. Selain itu dia juga sempat menulis lagunya berjudul Nothing's Gonna Change. BoA ulai benar-benar menulis lagu-lagunya sendiri sejak album keenamnya yang berjudul HURRICANE VENUS.

BoA dapat berbicara dalam beberapa bahasa antara lain Jepang, Inggris, Korea, dan Mandarin. Sukses albumnya telah memberikan sumbangsih besar dalam dunia musik di kawasan Asia Timur, khususnya Jepang dan Korea Selatan. BoA adalah satu-satunya penyanyi Asia, selain Jepang, yang memiliki tiga album yang terjual lebih dari satu juta copy dan merupakan salah satu dari dua artis yang albumnya enam kali berturut-turut menduduki peringkat pertama dalam tangga lagu Oricon.

Baca Profil Lengkap BoA ▼



Show More ▼