PREDEBUT

Lahir di Mokpo, Jeollanam, 15 Oktober 1986. Donghae awalnya bercita-cita ingin menjadi atlet. Namun karena sang ayah ingin dirinya menjadi penyanyi, Donghae pun berlatih keras untuk menjadi penyanyi.

Donghae tanda tangan kontrak dengan SM Entertainment pada tahun 2001, setelah berhasil memperoleh gelar Best Outward Appearance Awards bersama dengan Sungmin di ajang SM Youth Best Contest.

Donghae pun menjalani training bernyanyi, dance dan akting di SM Entertainment. Sempat hendak debut dengan Leeteuk lewat boyband Smile, grup tersebut tak jadi debut dan mereka berdua dimasukkan dalam Super Junior pada tahun 2004.

KARIR

2005-2008

Donghae menjalani debut akting lewat MYSTERY 6 yang tayang pada tahun 2006. Selain itu pada tahun 2006, Donghae juga membintangi klip BoA yang berjudul Key of Heart, di mana ia berperan sebagai sesosok pria yang akhirnya menjadi cyborg.

Selain itu pada tahun 2007, Donghae juga muncul dalam klip Girls Generation yang berjudul Kissing You. Donghae juga muncul dalam iklan Happy Buble bersama Kyuhyun dan artis Han Ji Min.

Selain itu pada tahun 2008, Donghae menjadi bagian dari Super Junior-M yang menjalani promosi di China.

2009-2011

Donghae dan Siwon muncul dalam music video Ariel Lin yang berjudul Firefly. Selain itu Donghae juga menciptakan lagu pertamanya yang berjudul Beautiful dalam tur Super Show 2. Selain itu Donghae muncul juga dalam music video Moving On dari penyanyi Zhang Li Yin yang dirilis 19 Oktober 2009.

Pada tahun 2010, Donghae menciptakan lagu A Short Jurney, di mana lirik lagu tersebut ditulis oleh Eunhyuk, dan menjadi bagian album Bonamana.

Sementara tahun 2011 menjadi tahun yang cukup sibuk untuk Donghae, di mana ia membintangi It's Okay, Daddy's Girl dan turut menciptakan salah satu lagu yang menjadi theme song drama tersebut.

Selain itu Donghae menyanyikan theme song dari Asia Song Festival 2011 bersama Seohyun berjudul Dreams Come True. Donghae juga membintangi drama Taiwan SKIP BEAT bersama dengan Siwon.

2012

Kemampuan Donghae dalam menciptakan lagu semakin terasah saja. Ia berkolaborasi dengan Chance One Way untuk menciptakan lagu Strong Heart Logo Song. Selain itu ada juga lagu Y yang menjadi bagian album ke-5 MR SIMPLE, dan I Wanna Love You. Ada juga satu lagu yang diciptakan untuk radio ShimShimTamPa. Di tahun ini juga, Donghae bersama Eunhyuk meluncurkan Oppa-Oppa yang begitu booming.

Baca Profil Lengkap Lee Donghae ▼



Show More ▼