INSIGHT-HOLLYWOOD

Mengenal Para Penghuni Dunia TWILIGHT

Jum'at, 25 Juni 2010 08:13  | 

Kristen Stewart


KapanLagi.com - TWILIGHT memang sebuah sukses besar, tidak hanya dalam urusan box office tapi juga dalam menebar pesona ke seluruh dunia. Berbekal popularitas novel karya Stephenie Meyer, Hollywood mencoba mengangkat kisah ini ke layar lebar dan nyatanya hingga melewati bagian kedua, popularitas TWILIGHT memang belum pudar. Karena itu tak ada keraguan sedikit pun dari pihak studio untuk melanjutkan kisah vampir ini hingga ke bagian penutupnya nanti. Buat Anda yang melewatkan dua bagian pertama, mungkin ada baiknya sedikit mengenal siapa saja yang ada dalam kisah asmara berbau horor ini.

Bella SwanBella Swan
Bella Swan
Sejak pindah dari Phoenix ke Forks, hidup Isabella Swan memang tak lagi sama. Perkenalannya dengan Edward Cullen membuat Bella terlibat dalam sebuah komunitas yang tak pernah diketahui banyak orang. Bella jatuh cinta pada Edward yang ternyata adalah vampir yang telah berusia hampir satu abad. Meski tahu kalau Edward adalah vampir namun kenyataan ini tak membuat cinta Bella pudar. Tak ada lagi yang diinginkan Bella selain bersatu dengan Edward, selamanya. Masalah jadi rumit saat Bella mengenal Jacob yang ia anggap sebagai seorang sahabat karib. Masalahnya Jacob dan Edward adalah dua musuh bebuyutan. Mereka berdua berasal dari garis keturunan yang telah bermusuhan selama berabad-abad.

Galeri Kristen Stewart (Bella Swan)

Edward CullenEdward Cullen
Edward Cullen
Sejak tahun 1918, usia Edward Cullen tak pernah bertambah. Selamanya pria ini akan tetap menjadi remaja berusia 17 tahun. Edward berubah menjadi vampir ketika Dr. Carlisle Cullen, ayah angkatnya, mengubahnya agar bisa selamat dari penyakit yang tak bisa disembuhkan. Edward diberkahi wajah tampan dan kekuatan yang melebihi manusia biasa namun di luar itu, Edward memiliki kemampuan membaca pikiran orang lain. Ironisnya, Edward justru tak bisa membaca pikiran Bella, gadis yang dicintainya. Kemampuan membaca pikiran inilah yang membuat keluarga Volturi iri dan bermaksud mengambil kekuatan ini dari Edward.

Edward jelas tak ingin menghabiskan sepanjang umurnya tanpa pendamping dan tak ada keraguan lagi bahwa Bella adalah orang yang diharapkan Edward. Meskipun Bella dengan rela telah bersedia menjadi vampir dan mendampingi Edward selamanya namun Edward masih tetap ragu.

Sebagai bangsa vampir, Edward dan keluarganya adalah musuh bebuyutan bangsa Jacob Black yang ternyata mampu berubah menjadi serigala. Yang lebih jadi masalah justru adalah persahabatan Bella dengan Jacob yang tak bisa dipisahkan.

Galeri Robert Pattinson (Edward Cullen)

Jacob BlackJacob Black
Jacob Black
Semula tak ada yang mengira kalau Jacob Black adalah bangsa Quileute Wolfpack. Jacob adalah sahabat lama keluarga Bella dan baru menyadari kalau dia adalah bagian dari keluarga Quileute Wolfpack yang bertugas melindungi tanah suku Indian dari para vampir. Jacob dan Bella sempat sangat dekat namun hubungan ini tiba-tiba saja berubah ketika Jacob menyadari kalau dirinya punya tugas mulia. Jacob memilih menjauhkan diri dari Bella meski di saat yang sama ia juga selalu melindungi Bella dari ancaman para vampir yang berusaha memburu Edward. Hubungan Bella dan Jacob memang sulit digambarkan. Bella hampir saja jatuh hati pada Jacob meski akhirnya cintanya pada Edward yang membuatnya menjatuhkan pilihan.

Galeri Taylor Lautner (Jacob Black)

Alice CullenAlice Cullen
Alice Cullen
Selain Edward, keluarga Cullen yang paling dekat dengan Bella adalah Alice. Jangan tertipu dengan kecantikan wanita ini karena Alice adalah salah satu keluarga Cullen yang punya kekuatan di luar kekuatan manusia biasa. Alice memiliki kemampuan melihat ke masa depan.

Alice dan Bella adalah dua sahabat baik. Alice bahkan sempat merencanakan pesta ulang tahun buat Bella namun acara ini malah menjadi berantakan saat tangan Bella terluka dan Jasper kehilangan kendali. Alice juga yang pertama berusaha menyelamatkan Edward saat Edward berusaha mengakhiri hidupnya karena mengira Bella telah bunuh diri.

Galeri Ashley Greene (Alice Cullen)

Rosalie HaleRosalie Hale
Rosalie Hale
Awalnya Rosalie adalah manusia biasa. Carlisle mengubah Rosalie menjadi vampir karena ia ingin menjodohkan Edward dengan gadis cantik ini. Sayangnya, Edward menganggap Rosalie seperti saudara sendiri. Rosalie kemudian menemukan jodohnya saat ia bertemu seorang pria bernama Emmett McCarthy yang terluka parah karena diserang beruang. Rosalie kemudian meminta Carlisle untuk mengubah Emmett menjadi vampir karena ia tak sanggup melakukannya sendiri.

Selain Edward sendiri, Rosalie adalah anggota keluarga Cullen yang tak setuju jika Bella menjadi vampir. Buat Rosalie, Bella telah memiliki segalanya dan tak ada gunanya mengorbankan jiwanya hanya untuk menjadi vampir. Rosalie juga tak setuju jika Edward menjalin hubungan asmara dengan Bella meskipun seluruh anggota keluarga Cullen berusaha meyakinkan kalau Bella sudah menjadi anggota keluarga Cullen hanya karena kedekatannya dengan Edward.

Galeri Nikki Reed (Rosalie Hale)

Jasper HaleJasper Hale
Jasper Hale
Jasper adalah anak angkat dari keluarga Cullen. Karena kemiripannya dengan Rosalie, Jasper mengambil nama belakang Rosalie agar mereka bisa menjadi saudara kembar saat harus berhubungan dengan manusia. Jasper sendiri adalah yang terakhir bergabung dengan keluarga Cullen dan karena itu ia yang paling merasa kesulitan menahan diri dari aroma darah manusia.

Karena Jasper pula keluarga Cullen memutuskan pindah dari Forks. Jasper sempat tak tahan mencium aroma darah Bella dan kehilangan kendali meski untungnya tak sampai terjadi sesuatu yang membahayakan Bella. Meski Jasper bukan yang paling besar dalam keluarga Cullen namun ia adalah petarung yang paling baik. Jasper juga punya kelebihan mampu memanipulasi pikiran orang lain.

Galeri Jackson Rathbone (Jasper Hale)

Emmett CullenEmmett Cullen
Emmett Cullen
Meski belum terlalu lama menjadi vampir namun Emmet Cullen tak memiliki masalah beradaptasi dengan kehidupan barunya ini. Kalau Rosalie menyesali keberadaannya sebagai vampir, Emmet justru malah bersyukur karena dengan begitu ia bisa selamanya berdampingan dengan Rosalie. Emmet bahkan menggambarkan saat Rosalie membawanya pulang dan meminta Carlisle mengubahnya menjadi vampir sebagai pengalaman diselamatkan oleh malaikat.

Emmet adalah anggota keluarga Cullen yang paling kuat. Meski semua anggota keluarga Cullen mampu bertarung dengan baik namun hanya Emmet yang paling menikmati tiap detik dari pertarungannya. Emmet juga yang mencabik tubuh James saat vampir ini berusaha membunuh Bella.

Galeri Kellan Lutz (Emmett Cullen)

Carlisle CullenCarlisle Cullen
Carlisle Cullen
Carlisle Cullen adalah kepala rumah tangga sekaligus orang yang membangun klan Olympic Coven. Bagaikan Professor X dalam serial X-Men, Carlisle 'mengumpulkan' orang-orang berbakat untuk membangun klan ini. Berbeda dengan kebanyakan vampir, keluarga besar Cullen telah bersumpah untuk tidak meminum darah manusia. Mereka hanya minum darah hewan untuk bertahan hidup.

Bertahun menjadi dokter membuat Carlisle 'kebal' terhadap godaan darah manusia. Dalam klan Olympic Coven, Carlisle adalah sosok ayah yang menjadi pembimbing menjalani hidup berdampingan dengan bangsa manusia sekaligus berusaha berdamai dengan para Quileute Wolfpack dan Volturi. Carlisle juga ingin seluruh anggota keluarganya bisa merasakan hidup layaknya manusia dan karena itu ia berusaha mencarikan pasangan buat seluruh anggota keluarganya. Carlisle adalah yang paling setuju pada ide mengubah Bella menjadi vampir agar bisa menjadi pendamping Edward.

Galeri Peter Facinelli (Carlisle Cullen)

Esme CullenEsme Cullen
Esme Cullen
Esme Cullen awalnya adalah seorang manusia bernama Anne Platt. Esme bertemu Carlisle saat ia masih berusia 16 tahun. Saat itu, Esme mengalami luka dan Carlisle adalah dokter yang merawatnya. Hubungan mereka sempat terputus bertahun-tahun meski kenangan akan kebaikan Carlisle tetap membekas di benak Esme.

Esme kemudian menikah dengan seorang pria bernama Charles Evenson yang ternyata malah menyia-nyiakannya. Esme yang sudah tak sanggup lagi bertahan lantas melarikan diri meski saat itu ia sedang mengandung anak Charles. Sayangnya bayi yang ada di dalam rahimnya tak berumur panjang dan kematian ini membuat Esme putus asa dan mencoba bunuh diri.

Carlisle menemukan Esme di kamar mati dan memutuskan mengubah Esme menjadi vampir sebelum terlambat dan Esme benar-benar mati. Meski Esme tak memiliki kekuatan yang terlalu spesial, jiwa keibuan Esme bisa menyatukan keluarga besar Cullen.

Galeri Elizabeth Reaser (Esme Cullen)

The WolfpackThe Wolfpack
The Wolfpack
Quileute Wolfpack bukanlah werewolf yang hanya berubah menjadi serigala pada saat bulan purnama. Quileute Wolfpack adalah keturunan dari para pejuang suku Quileute yang gagah berani. Mereka yang terpilih akan mengalami masa metamorfosa menjadi serigala namun sebelum itu mereka akan mengalami masa pertumbuhan fisik yang sangat drastis. Mereka yang terpilih menjadi Quileute Wolfpack ini juga tidak mengalami proses penuaan. Usia mereka berhenti sampai tiba saatnya roh serigala melepas mereka.

Para anggota Quileute Wolfpack tidak hanya memiliki kekuatan yang sangat dahsyat, mereka juga memiliki kemampuan menyembuhkan diri sendiri dengan cepat. Dalam keadaan menjadi serigala, para anggota Quileute Wolfpack bisa saling berkomunikasi dengan bahasa mereka dan bisa saling memberi tahu kalau ada bahaya. Baik dalam keadaan menjadi serigala maupun saat berbentuk manusia, para anggota Quileute Wolfpack memiliki kepekaan jauh melebihi manusia dan mereka juga mampu berlari lebih cepat dari para vampir.

VictoriaVictoria
Victoria
Victoria adalah vampir pengembara. Victoria menyimpan dendam membara pada keluarga Cullen karena James, pasangannya, dibunuh keluarga Cullen karena menyerang Bella. Victoria bukan vampir biasa. Ia memiliki kekuatan dan kemampuan bertarung yang sangat hebat. Selain itu Victoria juga punya kemampuan menyembuhkan diri melebihi vampir lain dan membuatnya jadi sangat sulit dibunuh.

Victoria tak ingin menyerang Edward karena buatnya, cara yang paling tepat untuk membalas dendam adalah dengan membunuh orang yang dicintai Edward. Victoria juga jadi musuh besar Quileute Wolfpack karena salah satu anggota klan Victoria sempat akan membunuh Bella yang sangat dilindungi oleh kelompok serigala ini. Gagal menjalankan rencana awalnya, Victoria berencana membangun pasukan vampir untuk memburu Bella yang kini tak hanya dilindungi keluarga Cullen tapi juga para serigala.

Galeri Bryce Dallas Howard (Victoria)

The VolturiThe Volturi
The Volturi
Meski terlihat sama sekali tak punya perasaan, Volturi sebenarnya hanyalah menjalankan tugas mereka sebagai penegak hukum bangsa vampir. Volturi adalah keturunan bangsawan dan memiliki kekuatan melebihi vampir pada umumnya. Mereka tak pernah berkompromi. Mereka tak peduli kalaupun harus membunuh manusia atau vampir. Selama itu harus dilakukan maka itulah yang akan mereka jalankan.

Masing-masing anggota Volturi memiliki kekuatan khusus yang sangat berguna dalam pertempuran. Keterlibatan Volturi dalam urusan keluarga Cullen berawal ketika Edward merasa putus asa dan meminta Volturi untuk mengakhiri hidupnya. Volturi merasa Bella sudah tahu terlalu banyak dan hanya ada dua pilihan buatnya: menjadi vampir atau mati.

The NewbornsThe Newborns
The Newborns
Newborns adalah pasukan vampir yang dibentuk oleh Victoria dalam misinya memburu Bella yang kini dalam perlindungan keluarga Cullen dan Quileute Wolfpack. Newborns jadi sangat berbahaya karena mereka sangat haus darah dan jauh lebih kuat dari vampir yang telah lama menjadi vampir. Selain itu, pasukan vampir baru ini juga sangat sulit dikendalikan.

Dipimpin oleh Victoria dan Riley, salah satu Newborns pertama, pasukan ini memiliki jumlah jauh lebih banyak dari seluruh anggota keluarga Cullen dan Quileute Wolfpack.

Charlie SwanCharlie Swan
Charlie Swan
Charlie Swan tak tahu harus berbuat apa saat Bella, putrinya, memilih tinggal bersama Charlie setelah Renee, ibu Bella, menikah lagi. Charlie harus belajar banyak tentang bagaimana membesarkan seorang putri di tengah kesibukannya sebagai kepala polisi di Forks. Meski banyak kejadian aneh di sekitarnya namun Charlie seolah tak menyadarinya dan menganggap semuanya biasa saja.

Charlie adalah teman dekat Billy Black, ayah Jacob, dan karena itu ia lebih cenderung memilih Jacob ketimbang Edward yang ia anggap tak bertanggung jawab saat keluarga Cullen pindah dari Forks. Meski seolah tak banyak berperan namun justru Charlie-lah yang selalu mengingatkan Bella bahwa ia tetaplah seorang remaja biasa seperti juga teman-temannya di sekolah.

Galeri Billy Burke (Charlie Swan)

Bella's FriendsBella's Friends
Bella's Friends
Jangan dikira di kota Forks hanya ada vampir dan serigala jadi-jadian. Manusia normal masih tetap jadi populasi utama di kota kecil ini. Selain Bella dan ayahnya masih ada teman-teman Bella yang perannya tak bisa dianggap remeh.

Meskipun hari-hari Bella seolah lebih banyak diisi oleh interaksinya dengan para vampir namun teman-teman Bella ini seolah menjadi penyeimbang antara 'dunia lain' yang diakrabi Bella dan 'dunia nyata' tempat ia harus memikirkan ujian dan belanja seperti remaja lainnya. Berbeda dengan mereka yang ada dalam film-film lain, teman-teman Bella ini tak pernah tahu bahwa Bella juga hidup di 'dunia lain' yang sama sekali tak terbayangkan. (kpl/roc)