INSIGHT-HOLLYWOOD

THE SOCIAL NETWORK

Sabtu, 20 November 2010 12:13  | 

Justin Timberlake


KapanLagi.com - Cinemags

CinemagsCinemags

You Don't Get To 500 Million Friends Without Making A Few Enemies

Columbia Pictures
Directed by:David Fincher
Starring:Jesse Eisenberg, Andrew Garfield, Justin Timberlake, Brenda Song, Rashida Jones, Max Minghella, Rooney Mara, Joseph Mazzello, Patrick Mapel
Genre:Drama/History
Budget:US$47,000,000
Rating:TBA
US Release Date:October 1, 2010
THE SOCIAL NETWORKTHE SOCIAL NETWORK

Dulu, seseorang yang berada di luar kampung halamannya akan mengalami kesulitan dalam melakukan komunikasi dengan sanak famili atau pun dengan teman-teman lama. Untuk melakukan hal tersebut, kadang kala tidak jarang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, khususnya apabila komunikasi tersebut dilakukan via telepon. Namun kini, semua orang dapat menjalin komunikasi dengan lebih gampang, murah, bahkan bertemu dengan teman-teman lama yang sudah putus hubungan setelah sekian lama. Hal ini dimungkinkan berkat kehadiran berbagai situs jejaring sosial di dunia maya. Dan salah satu situs jejaring sosial yang paling banyak digunakan oleh publik adalah Facebook.

Berbagai kisah menarik yang melatarbelakangi bagaimana terciptanya Facebook dan perkembangannya saat ini membuat tertarik sutradara nominasi Oscar David Fincher (THE CURIOUS CASE OF BENJAMIN BUTTON) untuk memvisualisasikan kembali dalam sebuah film layar lebar, dan hasilnya adalah THE SOCIAL NETWORK. Film yang diperkirakan menghabiskan dana sebesar US$47 juta untuk biaya produksinya ini melibatkan beberapa nama bintang yang sudah tidak asing lagi di telinga, sebut saja Jesse Eisenberg (ZOMBIELAND), aktor pemeran Peter Parker/Spider-Man dalam film SPIDER-MAN reboot yang rencananya akan rilis pada 2012; Andrew Garfield, aktor sekaligus musisi kawakan Justin Timberlake (SHREK FOREVER AFTER), aktris Brenda Song (LIKE MIKE), serta aktor yang namanya kembali melejit setelah terlibat dalam miniseri THE PACIFIC; Joseph Mazzello.

THE SOCIAL NETWORK diadaptasi dari buku berjudul THE ACCIDENTAL BILLIONAIRES: THE FOUNDING OF FACEBOOK, A TALE OF SEX, MONEY, GENIUS, AND BETRAYAL buah pena Ben Mezrich yang diterbitkan pertama kali pada 2009. Untuk menyelesaikan bukunya, Mezrich biasa berkonsultasi dengan salah satu pendiri Facebook; Eduardo Saverin. Namun untuk film adaptasinya, tidak ada satu pun pendiri Facebook yang bersedia terlibat.

THE SOCIAL NETWORKTHE SOCIAL NETWORK

Mark Zuckerberg (Eisenberg), merupakan seorang remaja manis berusia 19 tahun yang memiliki perawakan biasa saja. Selain terlihat sedikit aneh dari luar, selama melakukan percakapan, Mark biasanya tidak ingin melakukan kontak mata, sehingga kadang kala susah membedakan apakah ia tengah berbicara kepada diri sendiri atau kepada rekannya.

Walaupun dapat dikategorikan sebagai mahasiswa kutu buku, Mark memiliki seorang kekasih yang cantik; Erica Albright (Mara). Gadis yang juga berusia 19 tahun ini memiliki wajah yang menjadi impian semua pria. Sebenarnya, menjadi kekasih Mark merupakan perjuangan tersendiri bagi Erica, karena obrolan mereka sering tidak sinkron. Dan malam itu, sesuatu hal membuat dirinya 'meninggalkan' Mark.

Diputus wanita yang ia cintai membuat Mark murka. Kemarahan dirinya ia salurkan melalui dunia maya, di mana ia menjelek-jelekkan orang yang pernah mengisi hari-harinya tersebut. Ketertarikannya terhadap dunia maya dan kesenangannya dalam menulis blog, terlebih setelah melihat blog temannya yang memasukkan foto-foto pribadinya, memberikannya sebuah ide yang merupakan cikal bakal situs jejaring sosial terbesar di dunia saat ini.

THE SOCIAL NETWORKTHE SOCIAL NETWORK

Mark Zuckerberg: Did you know there are more people with genius IQ's living in China than there are people of any kind living in the United States?

Semuanya berawal dari keisengan Mark untuk melakukan hal yang sama namun berbeda dengan blog temannya yang menampilkan banyak foto gadis-gadis cantik dari kampus mereka. Bersama tiga rekan lainnya; Eduardo Saverin (Garfield), Dustin Moskovitz (Mazzello), dan Chris Hughes (Mapel), Mark membuat sebuah blog untuk memilih mana gadis Harvard yang cantik dan bukan menurut para mahasiswa lainnya. Berhubung Harvard tidak memiliki database terkait foto para mahasiswanya, Mark memutuskan untuk meng-hack komputer para mahasiswa dan mengambil foto-foto pribadi mereka.

Dalam waktu singkat, hal ini langsung digandrungi, bahkan kampus terpaksa mematikan server mereka karena kelebihan beban. Namun hal tersebut tidak menghentikan Mark dan teman-temannya untuk mengembangkan 'janin' mereka. Dan hasilnya adalah sebuah jejaring sosial yang diberi nama Thefacebook. Jejaring sosial yang di kemudian hari hanya bernama Facebook ini tumbuh secara luar biasa yang akhirnya mendatangkan materi berlimpah kepada Mark dan teman-temannya. Tapi, di balik kesuksesan luar biasa yang membuat orang-orang di belakang Facebook berubah menjadi miliarder, berbagai intrik, pengkhianatan, hingga tuntutan hukum tidak luput mendera.

Proses pengambilan gambar THE SOCIAL NETWORK dimulai pada Oktober 2009. Berbagai tempat, khususnya kampus, di berbagai negara bagian, seperti California dan Massachusetts, Amerika Serikat, menjadi pilihannya. Walaupun bersetingkan Harvard, pada kenyataannya proses syuting tidak pernah dilakukan di lingkungan salah satu kampus terbaik di dunia tersebut.

Jarak antara pemilihan para pemain dan dimulainya proses produksi tergolong singkat. Proses pemilihan pemain sendiri baru dimulai pada awal Agustus 2009 di mana proses audisi terbuka dihelat di beberapa negara bagian. Sedangkan aktor Jesse Eisenberg sendiri baru diumumkan mendapatkan peran utama hanya berjarak sebulan sebelum proses syuting di mulai, yang kemudian diikuti oleh para pemain lainnya.

Seperti kebanyakan film biopik, hampir seluruh kejadian yang ada dalam THE SOCIAL NETWORK sudah banyak diketahui orang, dan bagaimana akhir dari berbagai permasalahan yang ada pun sebenarnya bukan lagi kejutan. Yang menjadi jualan utama dari film ini adalah bagaimana visualisasi kembali dan keakuratan dari berbagai kejadian yang ada tentang proses lahirnya situs jejaring sosial Facebook. Dengan dilibatkannya beberapa nama yang sudah tidak asing lagi serta kebesaran nama sang sutradara, peluang THE SOCIAL NETWORK untuk memuncaki tangga box office di minggu perdana perilisannya terbuka lebar.

THE SOCIAL NETWORKTHE SOCIAL NETWORK

"I don't often get cast as insensitive people, so it feels very comfortable: fresh and exciting, as if you never have to worry about the audience." - Jesse Eisenberg

MUTUAL FRIENDS

Jesse Eisenberg as Mark Zuckerberg
Karir akting Jesse Eisenberg diawali dari dunia panggung teater di mana ia bergabung dalam pementasan Broadway berjudul SUMMER AND SMOKE. Saat melakukan pementasan tersebut, usia aktor kelahiran 5 Oktober 1983 tersebut baru berusia 13 tahun. Setelah mendapat peran-peran kecil dalam film TV maupun film layar lebar, nama aktor yang berencana membuat naskah pementasan teater dan film ini akhirnya berhasil melambung berkat keterlibatannya dalam THE VILLAGE (2004), ADVENTURELAND (2009), serta ZOMBIELAND (2009).

Andrew Garfield as Eduardo Saverin
Saat Sony Pictures mengumumkan bahwa Andrew Garfield akan memerankan Peter Parker/Spider-Man dalam SPIDER-MAN REBOOT yang direncanakan rilis pada 2012, banyak orang bertanya siapa gerangan aktor tersebut. Aktor bernama tengah Russell ini sebenarnya bukanlah pendatang baru di dunia akting, karena ia telah malang melintang sejak 2005 di layar televisi. Setelah melakukan debut layar lebar yang biasa saja melalui LIONS FOR LAMBS (2007), namanya langsung menjadi pusat perhatian berkat perannya dalam BOY A.

Brenda Song as Christy Lee
Queen of Disney, young Hollywood's most promising risig stars, serta 13 Hottest Young Stars to Watch, merupakan beberapa predikat yang disematkan kepada aktris berkewarganegaraan Amerika keturunan Cina-Thailand ini. Memulai akting sejak 1994, nama Song mulai dikenal luas setelah ia dipercaya memerankan karakter utama dalam serial televisi nominasi Emmy produksi Disney; THE SUITE LIFE OF ZACK & CODY (2005-2008). Kepopulerannya semakin meningkat setelah ia terlibat dalam film TV Disney; WENDY WU: HOMECOMING WARRIOR (2006). Pada 2008, ia melakukan debut layar lebarnya melalui COLLEGE ROAD TRIP.

Justin Timberlake as Sean Parker
Mungkin nama yang paling familiar dalam jajaran pemain THE SOCIAL NETWORK adalah Timberlake. Maklum, sebelum terjun di dunia akting pada tahun 2000 melalui LONGSHOT, nama Timberlake telah dikenal luas sebagai personil dari grup boyband bernama; N'Sync. Walaupun telah menggeluti dunia akting sejak awal milenium baru, pada kenyataannya aktor yang sempat menjadi bagian dari MICKEY MOUSE CLUB ini baru terlihat serius berakting sejak 2005, di mana setiap tahun hingga sekarang, setidaknya Timberlake terlibat dalam satu film.

Rooney Mara as Erica Albright
Terlahir dengan nama lengkap Patricia Rooney Mara, aktris kelahiran 1985 ini memulai debutnya di dunia akting melalui film yang dirilis langsung dalam format home video; URBAN LEGENDS: BLOODY MARY (2005), di mana ia hanya menjadi pemain figuran saja. Dua tahun setelah itu, tidak banyak yang berubah dari Mara, pekerjaannya masih sangat sedikit. Tercatat ia hanya dipercaya untuk terlibat dalam dua episode dari dua serial televisi berbeda. Baru pada 2008 lah peruntungan Mara sedikit membaik. Terakhir, ia terlibat dalam film YOUTH IN REVOLT dan A NIGHTMARE ON ELM STREET yang keduanya rilis tahun ini.

Joseph Mazzello as Dustin Moskovitz
Debut akting dari aktor yang menyukai film IT'S A WONDERFUL LIFE (1946) ini dimulai saat ia dipercaya untuk bermain dalam film TV UNSPEAKABLE ACTS, sedangkan debut layar lebarnya baru terjadi setahun kemudian melalui PRESUMED INNOCENT. Mazzello baru menarik perhatian luas publik saat ia dipercaya sutradara Steven Spielberg untuk bermain dalam JURASSIC PARK. Ia kembali membawakan karakter yang sama dalam JURASSIC PARK; THE LOST WORLD, empat tahun kemudian. Mazzello juga dikenal berkat perannya dalam miniseri peraih 24 nominasi Emmy; THE PACIFIC.

Cameron Winklevoss: We've been working for a while on an idea. It's called Harvard Connection. You create your own page. Picture, bio, interests, friends.

Tyler Winklevoss: People can see you bio and request to be you...

Mark Zuckerberg: Yeah. How's this different from MySpace or Friendster?

DID U KNOW ?!

  • Tidak ada satu adegan di kampus pun yang diambil di Universitas Harvard, karena sudah sejak lama, kampus berpendapatan tertinggi di Amerika ini hampir menolak seluruh permintaan pengambilan di sana. Hal ini dikarenakan kampus yang telah berdiri sejak 1636 ini pernah mengalami kerusakan cukup berat saat film peraih Oscar; LOVE STORY (1970), melakukan proses syuting.
  • Aktor Shia LaBeouf (TRANSFORMERS: REVENGE OF THE FALLEN) dan Michael Cera (JUNO) sempat dipertimbangkan untuk memerankan karakter yang akhirnya diperankan oleh Jesse Eisenberg.
  • Mark Zuckerberg menentang dibuatnya film THE SOCIAL NETWORK. Ia menambahkan bahwa ia berharap bahwa tidak ada yang membuat film tentang dirinya di saat ia masih hidup.
  • THE SOCIAL NETWORK sedianya baru akan dirilis pada 15 Oktober 2010, namun karena sesuatu dan lain hal, jadwal rilisnya dimajukan menjadi tanggal 1 Oktober 2010.

THE SOCIAL NETWORK TIMELINE

June 24, 2009
Columbia Pictures secara resmi menunjuk David Fincher (THE CURIOUS CASE OF BENJAMIN BUTTON) sebagai sutradara THE SOCIAL NETWORK. Sementara itu, naskahnya dipercayakan kepada Aaron Sorkin (CHARLIE WILSON'S WAR).

August 23, 2009
Sebuah situs melaporkan bahwa Columbia Pictures telah menyetujui naskah THE SOCIAL NETWORK dan mempersilahkan sutradara David Fincher untuk melanjutkan proyek ini dengan anggaran sebesar US$47 juta.

September 2009
Shia LaBeouf, Michael Cera, Jesse Eisenberg, dan Justin

Timberlake beberapa nama yang dispekulasikan akan terlibat dalam THE SOCIAL NETWORK.

September 23, 2009
Jesse Eisenberg, Justin Timberlake, dan Andrew Garfield dipastikan bergabung dalam proyek film Facebook.

October 2009
Beberapa bintang lainnya dipastikan bergabung. Di antara mereka adalah Brenda Song, Rooney Mara, dan Annie Hammer. Di bulan yang sama proses pengambilan gambar pun dimulai.

December 2, 2009
Foto Justin Timberlake tengah berjalan di sekitar set beredar di dunia maya.

December 8, 2009
THE SOCIAL NETWORK akhirnya mendapat tanggal perilisan, yaitu 15 Oktober 2010.

June 19, 2010
Poster resmi THE SOCIAL NETWORK dipublikasikan.

July 8, 2010
Trailer teaser pertama THE SOCIAL NETWORK dirilis sekaligus perubahan jadwal tayang menjadi 1 Oktober 2010.

July 15, 2010
Setelah dua teaser rilis dalam waktu berdekatan, akhirnya trailer pertama THE SOCIAL NETWORK dapat diakses di dunia maya.

THE CONTROVERSY

Berdirinya Facebook tidaklah berjalan semulus yang dibayangkan. Berbagai permasalahan selalu menerpa orang-orang yang berada di balik berdirinya jejaring sosial No.1 di dunia ini. Kebanyakan permasalahan yang ada melibatkan sang 'arsitek'; Mark Zuckerberg. Berbagai tuntutan seakan tidak pernah berhenti menerpa, mulai dari tuduhan pencurian ide, melanggar kontrak, melanggar privasi, serta berbagai tuduhan lainnya silih berganti menghampiri. Tidak itu saja, berbagai permasalahan internal yang kembali melibatkan Zuckerberg membuat Facebook ditinggal orang-orang penting yang bersama-sama membangun dan mengembangkan situs jejaring sosial ini, salah satunya adalah Eduardo Saverin.(kpl/roc)

Source: Cinemags, Oktober 2010, halaman 52