INSIGHT-HOLLYWOOD

Welcome Aboard to the Pirate Ships

Welcome Aboard to the Pirate Ships
Pirates of Caribbean
Rabu, 19 Januari 2011 12:13

KapanLagi.com - Cinemags

CinemagsCinemags

Tidak lengkap rasanya sebuah film bajak laut tanpa kapal bajak laut yang baik. Dalam PIRATES OF THE CARIBBEAN: THE CURSE OF THE BLACK PEARL, terdapat tiga kapal yang mendominasi cerita, yaitu the HMS Interceptor, HMS Dauntless, dan yang terakhir adalah kapal tipe galleon yang menjadi bagian dari judul; The Black Pearl.

HMS Interceptor aslinya adalah sebuah kapal replika dari kapal abad ke-18; Lady Washington. Agar kapal milik Grace Harbor Historical Seaport Authority ini sesuai gambaran dari HMS Interceptor yang ada dalam naskah, berbagai modifikasi dilakukan. Tidak hanya mengubah tampilan dari Lady Washington, modifikasi ini diperlukan agar kapal tersebut dapat menempuh perjalanan sejauh 4.500 mil dari pelabuhan Townsend di Washington ke Long Beach dan kemudian ke Karibia, yang merupakan lokasi pengambilan gambar.

Pirate ShipsPirate Ships

Perubahan ini termasuk mengganti papan bagian dek dan memasang penyangga tradisional di bagian penutup lubang palka sebagai upaya memberikan ventilasi tambahan selama berlayar di iklim yang hangat, serta dapat meningkatkan jumlah senjata di sisi kapal. Dan yang terakhir adalah melakukan pengecatan ulang seluruh bagian kapal. Tidak hanya kapal, awak Lady Washington juga digunakan sebagai pemain figuran yang berperan sebagai awak kapal.

Sedangkan Dauntless dibangun menyerupai kapal perang Inggris, Victory. Sebuah kapal yang memiliki 100 senjata yang telah memenangkan pertempuran yang tak terhitung jumlahnya selama masa kejayaannya, Victory merupakan kebanggaan Angkatan Laut Inggris. Berhubung kapal ini sudah tidak ada lagi, bahkan replikanya sekali pun, maka perusahaan yang bertanggung jawab terhadap pengadaan kapal bagi film berbujet 140 juta ini menciptakan kembali bagian-bagian tertentu dan memasangnya ke kapal tongkang.

Pirate ShipsPirate Ships

Dauntless merupakan salah satu set film yang paling inovatif yang pernah diproduksi. Konstruksi dimulai sebelum rencana untuk kapal ini sendiri selesai. Pada satu titik, 150 orang bekerja pada konstruksi di atas set yang mengambang di atas air, yang memakan waktu sekitar tiga setengah bulan untuk membangunnya. Saat selesai dibangun, kapal ini memiliki panjang 170 kaki, lebar 34 kaku dan terdiri dari sekitar 40.000 pon baja dan 1.000 meter persegi layar. Tujuh telepon genggam, lima pria, tiga penutup wajah saat mengelas, dua lusin plester, satu alat pemotong logam, serta berbagai benda kecil lainnya jatuh ke laut selama proses konstruksi.

Sedangkan untuk 'pemeran utamanya', setidaknya dibangun dua kapal yang akan berperan sebagai Black Pearl. Seperti halnya Dauntless, Black Pearl di bangun di 'atas' sebuah kapal tongkang, sedangkan satu lagi di bangun di atas daratan untuk mempermudah proses pengambilan gambar.

Black Pearl dibangun di atas kapal bernama Sunset yang memiliki panjang 109 kaki. Berbagai modifikasi besar kembali dilakukan untuk mentransformasi Sunset menjadi Black Pearl. Versi yang bisa berlayar baru dibangun untuk keperluan set film kedua dan ketiga. Setidaknya ada empat Black Pearl yang dibuat untuk trilogi PIRATES OF THE CARIBBEAN.(Cinemags/roc)

Source: Cinemags, November 2010, halaman 65