INTERNASIONAL

'ACCURACY OF DEATH', Ketika Maut Datang Menjemput

Sabtu, 07 Maret 2009 09:13 | 

Takeshi Kaneshiro




KapanLagi.com - Pemain: Takeshi Kaneshiro, Manami Konishi, Sumiko Fuji, Mitsuru Fukikoshi, Takuya Ishida, Ken Mitsuishi, Jun Murakami, Erika Okuda

Menurut tradisi orang Jepang, tujuh hari sebelum hari kematian seseorang, Chiba (Takeshi Kaneshiro) atau malaikat pencabut nyawa datang mengunjungi orang tersebut dalam wujud sebagai manusia. Ia akan tinggal bersama 'calon korbannya' selama tujuh hari penuh sambil mengamat-amati orang ini.

Tugas Chiba adalah mengawasi, menilai dan kemudian mengambil keputusan apakah orang yang akan menjadi korbannya ini layak mati atau masih berhak mendapat kesempatan untuk hidup lebih lama. Kali ini Chiba kembali harus turun ke bumi dan mengamati calon korbannya.

Kali ini calon korbannya adalah wanita bernama Kazue Fujiki (Manami Konishi). Wanita berusia 27 tahun ini bekerja pada sebuah pabrik di bagian layanan masyarakat. Lelah setelah bekerja sehari penuh, Kazue bersiap-siap untuk pulang. Kini waktunya tiba buat Chiba untuk mulai menjalankan tugasnya.

Bila Anda sempat menonton film MEET JOE BLACK yang dibintangi Brad Pitt sekitar tahun 1998, film berjudul ACCURACY OF DEATH ini kurang lebih mengusung topik yang sama meski dalam film ini sentuhan Asianya terasa sangat kuat. Berbeda dengan kebanyakan film produksi Hollywood, film Asia cenderung lebih melankolis dan tak mewajibkan happy ending.

Masaya Kakei, sang sutradara, mencoba menyampaikan sebuah pesan yang sebenarnya cukup berat dalam film ini. Pada dasarnya, film ini berkisah tentang makna hidup dan mati menurut penafsiran sang penulis kisah ini. Hidup adalah untuk memenuhi sebuah tujuan dan bila tujuan itu sudah terpenuhi, maka tak ada lagi gunanya hidup. Di sinilah peran sang Chiba di muka bumi. Ia bertugas menilai apakah orang yang akan ia cabut nyawanya sudah memenuhi semua tujuan yang digariskan untuknya atau belum dan menentukan apakah orang tersebut sudah 'layak' mati atau belum.

Beda lain dari film MEET JOE BLACK adalah bahwa ACCURACY OF DEATH ini berkisah tentang tiga waktu yang berbeda dan memunculkan teori waktu paralel di sela-sela manifestasi kematian dalam wujud manusia ini. Akhirnya, kesan jauh dari logika jadi semakin kuat dan mulai terasa mengganggu alur cerita yang sebenarnya cukup baik.

Untungnya, Takeshi Kaneshiro dan para aktor dan aktris lain bermain cukup baik dan membuat film ini jadi tetap enak untuk ditonton hingga akhir meski di beberapa sisi ada kejanggalan pada karakter Chiba yang diperankan Takeshi Kaneshiro. (kpl/roc)




    KIRIM KOMENTAR

    Twit komentar kamu
    Nama
    Email
    Komentar
     

    Komentar Pembaca (0)