INTERNASIONAL

'HALLOWEEN II', Dendam Kesumat Michael Myers

Sabtu, 07 November 2009 09:13



KapanLagi.com - Pemain: Malcolm McDowell, Scout Taylor-Compton, Tyler Mane

Oleh: Fatchur Rochim

Mimpi buruk kota Haddonfield ternyata tak berhenti saat munculnya Michael Myers (Tyler Mane) dan menghabisi banyak nyawa yang ia anggap bertanggung jawab pada apa yang ia alami saat itu. Beberapa tahun kemudian pembantaian di malam Halloween itu kembali harus berulang karena Michael masih punya urusan yang belum terselesaikan.

Michael Myers memang tumbuh dalam keluarga yang berantakan. Sejak kecil ia sudah menunjukkan gejala kelainan jiwa. Michael punya hobi menyiksa dan membunuh binatang. Suatu hari di malam Halloween, Michael menghabisi nyawa kakak dan ayah tirinya dan karena itu ia harus menghabiskan hampir seumur hidupnya di rumah sakit jiwa dalam pengawasan dokter Sam Loomis (Malcolm McDowell).

Suatu ketika Michael berhasil lolos dari rumah sakit dan 'pulang' ke Haddonfield untuk menebar teror pembantaian di sana. Ketika semuanya berakhir, semua orang mengira bahwa Michael Myers telah tewas. Tak ada yang tahu bahwa Michael masih menyimpan dendam lama dan bermaksud menuntaskan masalah di malam yang paling ia sukai, malam Halloween.

Sepertinya Rob Zombie tak berusaha menutup-nutupi bahwa ia sedikit terobsesi dengan karakter Michael Myers yang ada dalam franchise HALLOWEEN. Kalau dalam proyek pertama Rob belum terlalu berani bereksperimen, kali ini Rob sudah mulai menunjukkan sisi 'kreatif'. Ada beberapa hal yang bisa dibilang menyimpang dari pakem HALLOWEEN yang digagas John Carpenter di tahun 1978.

Rob mulai memasukkan latar belakang psikologis Michael Myers yang tidak terlalu diperhatikan oleh John Carpenter. Michael Myers yang semula digambarkan sebagai sosok yang murni kejam dan jahat kini diolah lagi oleh Rob Zombbie, sang sutradara, dan terkesan bahwa masa lalu dan lingkunganlah yang membentuknya menjadi begitu. Rob juga memasukkan unsur sureal dalam bentuk penglihatan yang dialami Michael hampir sepanjang film.

Secara visual pun karakter ini mengalami transformasi. Topeng tak lagi jadi trademark dan hampir setengah jalan cerita tokoh utama ini tak mengenakan topeng lagi. Saat membunuh pun Michael mengeluarkan suara dan tidak lagi jadi pembunuh yang 'pendiam' seperti pada versi awal. Penafsiran yang berbeda ini mau tak mau sedikit berdampak pada mereka yang sudah kenal Michael Myers sejak dulu.

Selebihnya, film yang sempat diberi title H2 ini masih tidak jauh dari karya Rob Zombie HOUSE OF 1000 CORPSES dan THE DEVIL'S REJECTS. Kalau Anda suka darah, mayat dan adegan pembunuhan, Anda pasti sudah kenal Rob Zombie. (kpl/roc)




    KIRIM KOMENTAR

    Twit komentar kamu
    Nama
    Email
    Komentar
     

    Komentar Pembaca (2)

    • Dananto (Sabtu, 07 November 2009 21:36)
      gue lumayan suka ma film ini apalagi pas film pertama yang meranin cewek nya cntik bgt. harusnya dalam penggambaran karakter mike myers harus lebih kuat misalnya senjata yang digunakan untuk membunuh korban jangan melulu pake pisau dapur.istilahnya kayak mac gyver gt bisa pke ap aj bwat senjata.gue usul ma sutradara yang buat film ini misalnya next ad film lanjutan dari halloween 2 pemeran ceweknya scarlett johansson aj.

    • Ponty (Sabtu, 07 November 2009 16:12)
      Semoga lebih "sadis dan brutal" dari yg Halloween I. Dan juga adengan naked dan adengan panasnya dikurangin. Di Halloween I byk adengan yg tak lazim ditonton oleh anak2.

    • KIRIM KOMENTAR