INTERNASIONAL

'INKHEART', Menyatunya Dunia Dongeng dan Dunia Nyata

Sabtu, 04 Juli 2009 09:13  | 

Brendan Fraser






KapanLagi.com - Pemain: Brendan Fraser, Eliza Bennett, Paul Bettany, Helen Mirren, Andy Serkis, Jim Broadbent

Oleh: Fatchur Rochim

Tak banyak orang yang menyadari bakat yang sebenarnya ia miliki termasuk Mortimer Folchart (Brendan Fraser). Mortimer memiliki bakat yang cukup unik. Ia mampu 'menghidupkan' tokoh fiksi dalam buku cerita hanya dengan membacanya keras-keras.

Mortimer baru menyadari bakat ini ketika ia membacakan sebuah dongeng untuk putrinya Meggie (Eliza Bennett). Saat ia membacakan dongeng itu, tiba-tiba saja tokoh yang ada dalam buku dongeng tersebut hidup dan muncul di hadapan Mortimer. Sayangnya bakat ini memiliki efek buruk. Saat tokoh dalam dunia dongeng ini muncul ke dunia, maka secara otomatis ada manusia yang harus menggantikan posisinya di dunia dongeng.

Mortimer tak pernah mau menceritakan pada Meggie misteri hilangnya ibu Meggie Theresa (Sienna Guillory) yang sebenarnya terserap masuk ke dunia dongeng saat Mortimer 'menghidupkan' tokoh Capricorn (Andy Serkis). Kini Capricorn yang punya niat jahat berusaha memaksa Mortimer untuk 'menghidupkan' juga tokoh-tokoh jahat lain untuk membantu niat jahat Capricorn.

Film petualangan berbau fantasi ini diangkat sutradara Iain Softley dari sebuah novel Jerman dengan judul yang sama. Meski tak ada sangkut pautnya, namun mau tak mau pasti terasa bahwa film ini seolah berusaha mengikuti langkah sukses HARRY POTTER yang juga berawal dari novel, tema yang diangkat pun masih tak terlalu jauh berbeda: fantasi.

Soal alur cerita, film fantasi memang selalu menyimpang dari logika, begitu juga dengan film yang satu ini. Bedanya, barangkali, adalah dari ketaatannya pada logika yang dibangun di dalam fantasi itu sendiri. Di titik tertentu, kesan bahwa film ini selalu menyimpang dari logika, bahkan dari logika yang dibangunnya sendiri memang sangat kuat. Buat penonton yang masih anak-anak, bisa jadi itu tak akan terlalu bermasalah tapi bagaimana dengan penonton dewasa?

Akting, secara umum, tak ada masalah. Nama-nama besar seperti Paul Bettany dan Helen Mirren bisa dijadikan acuan bahwa soal akting memang tak ada masalah, kecuali Brendan Fraser. Aneh juga saat melihat nama Brendan berada di posisi pemeran utama sementara Bettany dan Mirren hanya sebagai pendukung saja.

Yang jadi masalah justru adalah pembuatan naskah yang seolah tak mampu menghidupkan karakter yang diperankan para bintang ini. Naskah yang berbelit-belit pun akhirnya malah membuat penyelesaian terasa jadi hampa. Tak layak rasanya membandingkan film ini dengan HARRY POTTER karena INKHEART secara keseluruhan terasa sama sekali tak imajinatif.
(kpl/roc)

Lihat Galeri Foto:

INKHEARTINKHEART
INKHEARTINKHEART
INKHEARTINKHEART