INTERNASIONAL

[REVIEW] '10 CLOVERFIELD LANE'

Karya Psikologi Thriller Peraih Golden Globe Termuda
Selasa, 10 Januari 2017 17:52

Karya Psikologi Thriller Peraih Golden Globe Termuda
10 Cloverfield Lane/ŠIstimewa

KapanLagi.com - [SPOILER ALERTS]

Damien Chazelle adalah peraih Golden Globe termuda dalam kategori Best Director. Usianya tahun ini memasuki 32 tahun dan dinobatkan sebagai sutradara terbaik atas karyanya, LA LA LAND. Film drama musikal yang romantis ini juga meraih Best Motion Picture di genre Musical/Comedy. Dibintangi Ryan Gosling dan Emma Stone, LA LA LAND sukses menyabet 7 awards dari 7 kategori dan menancapkan rekor baru. 

Sebelumnya, Damien juga pernah menggarap drama WHIPLASH yang dibintangi Miles Teller dan J.K. Simmons yang masuk Oscar 2015 lalu. Sayang, keberuntungan hanya berpihak pada Simmons saja dan ia harus bersabar menanti selama 2 tahun untuk bisa menyabet penghargaan sekelas Golden Globe.

Tahukah kamu, selain WHIPLASH dan LA LA LAND, Damien juga pernah terlibat dalam penggarapan film psychological thriller berjudul 10 CLOVERFIELD LANE? Ia tidak duduk di kursi sutradara, namun meracik naskah bersama Josh Campbell dan Matt Stuecken dalam film arahan sutradara Dan Trachtenberg.

Nggak asing dengan judul film ini? Ya, kita dibawa kembali ke tahun 2008 di mana film CLOVERFIELD meraih sukses dengan gaya footage di camcorder. Aslinya, 10 COVERFIELD LANE diberi judul THE CELLAR, namun Bad Robot menggantinya. Film ini nggak terlalu sukses seperti pendahulunya dan cenderung dipandang sebelah mata, namun ternyata sayang banget untuk dilewatkan.

Damien menjadi penulis naskah dalam 10 CLOVERFIELD LANE/Šimpawards.comDamien menjadi penulis naskah dalam 10 CLOVERFIELD LANE/Šimpawards.com

It was brilliant. Damien Chazelle sukses membuat kita terperangkap dalam prasangka hingga detik akhir film ini berjalan. It's really psychological namun nggak membuat kita pusing dengan alur dan berpikir terlalu dalam.

Film ini berkisah tentang seorang wanita bernama Michelle (Mary Elizabeth Winstead) yang mengalami kecelakaan mobil dan tersadar dalam sebuah ruangan beton. Kakinya terborgol dalam ruangan mirip penjara. Nggak salah kalau awalnya film ini akan diberi judul THE CELLAR.

Sampai di sini, kita dibuat seolah percaya dengan pemikiran Michelle. Ia takut jika ternyata ia disekap karena smartphonenya pun tak berfungsi dengan baik karena bad signal. 

Datanglah seorang pria setengah baya yang gemuk dan memperkenalkan diri sebagai Howard (John Goodman). Michelle pun masih suspicious dan memohon untuk dipulangkan ke rumah dan Howard menolaknya.

Singkat cerita, setelah mandi, makan malam dan bertemu dengan Emmett (John Gallagher Jr.), seorang rekan Howard yang masih muda, Michelle mengetahui jika ia berada dalam sebuah bunker. Ada sebuah hal yang terjadi di luar sana, semacam serangan nuklir yang membuat udara jadi berbahaya untuk dihirup.

Bunker tempat Howard bertahan hidup/ŠParamount PicturesBunker tempat Howard bertahan hidup/ŠParamount Pictures

Usaha Michelle untuk melarikan diri pun lenyap seketika saat Howard mengajaknya untuk mengintip kondisi di permukaan. Hewan-hewan mati dan keadaan sekitar juga sangat berantakan.

Mulai nyaman dengan kehidupan di bunker, Michelle dan Emmett menemukan fakta mengerikan lewat sebuah kejadian. Mereka mengungkap jika Howard adalah seorang psikopat yang menculik seorang wanita dua tahun lalu dan kemungkinan sudah membunuhnya.

Michelle kembali merunut peristiwa kecelakaan yang dialaminya dan menyimpulkan jika Howard sengaja menabrakkan mobilnya. Mengapa? Karena Michelle sangat mirip dengan anak perempuan Howard yang telah lama tiada.

Damien Chazelle menyatukan kepingan cerita ini dalam adegan per adegan yang membuat kita ikut merasakan kengerian Michelle. Kata-kata "Oh My God," akan menyertai kita ketika sampai di titik ini.

Michelle dan Emmett pun merencanakan suatu hal yang mustahil, yaitu escape dari bunker Howard dan mengambil resiko yang tak mereka ketahui. Rencana itu diketahui Howard dan membuat Emmett harus meregang nyawa dengan mengerikan.

Howard selalu tahu rencana Michelle dan Emmett/ŠParamount PicturesHoward selalu tahu rencana Michelle dan Emmett/ŠParamount Pictures

Masih dalam kondisi shock, Michelle berusaha sekuat tenaga untuk mencapai pintu bunker. Howard yang kuat meski sudah terkena cairan kimia berbahaya yang bisa melarutkan tubuhmu, terus mengejar Michelle. Di sini lah ketegangan tercipta, hingga akhirnya Michelle bisa sampai ke permukaan.

Setelah sampai, prasangka kita kembali diuji kala Michelle menghirup udara di luar biohazard suit yang dikenakannya. Di sini, kita seolah percaya bahwa kondisi mengerikan karena nuklir dan sebagainya yang dijelaskan sejak menit awal, bisa jadi hanya akal-akal Howard.

But, it won't last for long ketika ledakan bunker membuat pesawat alien mendekat. Yes ALIEN! Duel Michelle yang smart dan alien membuat pesawat raksasa itu akhirnya meledak dan Michelle pingsan.

Rasanya, kita baru bisa bernafas panjang ketika film sudah memasuki menit akhir. Ramuan cerita Damien memang ciamik, menghibur pikiran yang lelah, stress dan kusut. Meski menegangkan dan membuat pikiran lari ke mana-mana, 10 CLOVERFIELD LANE seolah menjadi bukti betapa briliannya Damien. Tak heran jika awards bergengsi ini bisa sampai ke tangannya. Akankah Damien mampu menembus Oscar? We'll see. Happy watching this story, yang dapat rate 90% dari Rotten Tomatoes, ya.

(kpl/tch)