INTERNASIONAL

[Review] 'RUST AND BONE', Kesempurnaan Dalam Cinta Tak Sempurna

Senin, 26 November 2012 13:00  | 

Marion Cotillard


[Review] 'RUST AND BONE', Kesempurnaan Dalam Cinta Tak Sempurna




KapanLagi.com - Oleh: Adi Abbas Nugroho

Kisah dibuka oleh perjalanan Ali (Matthias Schoenaerts) dan anaknya, Sam (Armand Verdure), dari Belgia menuju Antibes, Prancis. Di Antibes, Ali memilih tinggal dengan kakak perempuan dan suaminya di rumah sederhana.

Saat mencari pekerjaan untuk menyambung hidup dan biaya sekolah anaknya, Ali bertemu dengan Stephanie (Marion Cotillard), pelatih lumba-lumba yang harus kehilangan kedua kakinya dalam sebuah kecelakaan.

RUST AND BONE adalah film terbaru arahan Jacques Audiard setelah A PROPHET yang berhasil mewakili Prancis di ajang Oscar 2010 meski gagal menyabet piala bergengsi tersebut. Jika pada film sebelumnya ia sajikan drama berbumbu kriminal, kali ini sutradara dan penulis skenario kelahiran Paris 30 April 1952 tersebut mencampur drama dengan nuansa romantis yang kental.

Maka jadilah RUST AND BONE, sebuah film dengan alunan romansa yang indah. Cerita cinta yang disuguhkan Audiard begitu membumi meski sebenarnya apa yang ditawarkan bukanlah hal baru. Namun karena naskahnya sendiri sudah kuat dan didukung oleh orang-orang mumpuni dibidangnya, membuat film ini semakin berkilau.

Sinematografi Stéphane Fontaine sajikan gambar-gambar menawan. Lihat saja ketika film menampilkan momen-momen hening penuh emosi antara Stephanie dan lumba-lumba atau nuansa kikuk Stephanie dengan Ali. Bekerja sama dengan Audiard di beberapa judul film membuat Fontaine tahu seperti apa keinginan sang sutradara.

Dukungan musik dari komposer ternama Alexandre Desplat juga membuat film dengan judul asli DE ROUILLE ET D'OS ini semakin sempurna karena memiliki emosi yang mampu meresap dibenak penonton.

Terakhir, tentu saja pemilihan Marion Cotillard sebagai pemeran utama mendampingi Matthias Schoenaerts. Chemistry keduanya membuat film ini begitu hidup. Dan penampilan Cotillard sebagai aktris kelas Oscar memang tak pernah mengecewakan. Bahkan ketika bermain dalam summer popcorn seperti THE DARK KNIGHT RISES.

RUST AND BONE adalah drama romantis yang patut ditonton. Film yang akan memberimu perspektif baru tentang cinta: bahwa mencintai orang yang tak sempurna membuat cintamu sempurna.

RATING EDITOR: 8/10

(kpl/abs)