INTERNASIONAL

[Review] 'TAKEN 2' Penculikan Berlatar Balas Dendam

[Review] 'TAKEN 2' Penculikan Berlatar Balas Dendam
Taken 2
Sabtu, 06 Oktober 2012 18:25  | 

Liam Neeson


KapanLagi.com - Oleh: Adi Abbas Nugroho

Kesuksesan TAKEN yang rilis pada tahun 2008 sangat unpredictable. Tak salah bila sang produser, Luc Besson, merasa senang hingga berjibaku memutar otak agar sekuelnya bisa rilis dengan hasil akhir yang tak jauh beda.

Film dibuka dengan janji Murad Krasniqi (Rade Serbedzija) di hadapan pusara sang anak yang mati dibunuh oleh Bryan Mills (Liam Neeson) karena menculik anaknya, Kim (Maggie Grace). Setting lalu melaju satu tahun kemudian saat rumah tangga mantan istri Mills, Lenore (Famke Janssen), diguncang prahara.

Untuk membuat perasaan mantan istrinya sedikit tenang, Mills memboyong Lenore dan Kim ke Istanbul. Di tempat inilah Murad bersama komplotannya menyusun rencana untuk menculik dan kemudian membunuh Mills sekeluarga sebagai 'hadiah' atas kematian sang anak.

Tidak ada yang baru dalam film ini. TAKEN 2 hanya berusaha mengulang kesuksesan film pertama dengan beberapa tambahan pernak-pernik. Naskah racikan Luc Besson dan Robert Mark Kamen terkesan memperpanjang kisah pada prekuelnya tanpa sedikit pun berniat memodifikasi hal-hal gila yang membuat sekuelnya lebih bertaji.

Meski begitu, TAKEN 2 tetap mampu tampil memesona walau tidak dikawal oleh Pierre Morel. Karena di tangan Olivier Megaton, sutradara TRANSPORTER 3 dan COLUMBIANA, film ini masih menarik meski tidak menawarkan sesuatu yang berbeda.

Liam Neeson masih memesona seperti pada film pertama meski mukanya terlihat lebih tua dan lelah. Maggie Grace yang pada film pertama dibuat tertindas, dalam film ini melakukan banyak hal-hal gila untuk selamatkan nyawa sang ayah.

Bagi yang menyukai TAKEN pasti sulit menampik segala aspek yang dihadirkan TAKEN 2. Terlebih perpindahan setting dari Eropa ke Istanbul yang sangat dimaksimalkan oleh Megaton walau urusan naskah sangatlah tidak masuk akal. But this is a brainless action thriller. Nikmati saja dan Anda akan terpesona.

Well, semoga tidak ada TAKEN 3. Jika pada film pertama Kim yang diculik, film kedua Mills dan Lenore yang diculik, mungkin nanti tetangga Mills yang mendapat jatah penculikan pada seri ketiga. 

RATING EDITOR: 3/5

(kpl/abs)




Komentar