INTERNASIONAL

'THE WILD' Petualangan Para Satwa Kembali ke Alam Bebas

Kamis, 20 April 2006 11:20



KapanLagi.com - Film animasi teranyar dari Walt Disney Studio ini mungkin memiliki beberapa kemiripan dengan film MADAGASCAR. Bagi yang sudah pernah menontonnya, pasti akan paham dimana letak kemiripan tersebut. Tapi, percayalah, kalau cerita THE WILD ini benar-benar berbeda, dan bahkan lebih menarik dibandingkan MADAGASCAR. Mengisahkan tentang sekawanan hewan yang kabur dari kebun binatang New York, dan bertualang di tengah ganasnya hutan Afrika yang eksotis dan "liar".

Dengan suara khasnya yang hangat dan dalam, Kiefer Sutherland mengisi suara tokoh Samson si singa, yang sangat sayang pada anak semata wayangnya, Ryan (Greg Cipes). Masalahnya, meski sudah berusia 11 tahun, Ryan ternyata masih belum bisa mengeluarkan suara auman seperti singa-singa lain seusianya.

Tak ingin anaknya larut dalam sedih, Samson pun menceritakan kisah masa lalunya saat menjalani masa muda di alam liar. Cerita itu mengilhami Ryan dan menggugah semangatnya untuk percaya diri. Tapi lagi-lagi suara aumannya tak kunjung keluar, kecuali hanya teriakan sengau yang mencekik leher. Ryan pun menyalahkan dirinya sendiri atas kegagalan itu, dan ia menyangka ayahnya juga sangat kecewa padanya.

Ryan berpikir jika seandainya ia tak tinggal dalam kebun binatang, mungkin dia bisa berkembang secara alami seperti singa-singa normal lainnya. Suatu hari, tanpa disengaja ia terbawa sebuah kapal kontainer yang menuju ke Afrika. Menyangka anaknya berbuat nekad, Samson pun tak tinggal diam. Ia segera merencanakan sebuah misi penyelamatan bersama teman-temannya. Ada Benny si tupai yang lihai (Jim Belushi), Larry si ular Anaconda dengan panjang 21 kaki (Richard Kind), Nigel si koala asal Inggris (Eddie Izzard), dan Bridget si jerapah yang seksi (Janeane Garafolo).

Namun, daratan Afrika ternyata tidaklah seramah yang dibayangkan Samson dan kawan-kawannya. Mereka harus bergelut hidup dan mati, menghadapi para binatang pemangsa liar, mulai dari buaya selokan sampai burung hering, dan juga menyelamatkan diri dari letusan dahsyat gunung berapi. Hingga akhirnya Samson harus berhadapan dengan Kazar si raja binatang buas (William Shatner) yang berambisi untuk membunuh Samson sebagai syarat untuk menjadi "penguasa rimba" sejati.

Karena kekompakan persahabatan yang kuat, mereka mampu selamat dari setiap marabahaya yang menakutkan. Di tengah petualangan mereka pun, terjalin kisah asmara antara Benny si tupai dan Bridget si jerapah. Uniknya, Benny tak menyadari kalau dirinya bukanlah spesies yang sama dengan Bridget. Selain itu, terungkap pula rahasia masa lalu Samson yang ternyata selama ini tak diketahui oleh Kazar.

Harus diakui, film animasi THE WILD memiliki lebih banyak unsur action dibanding MADAGASCAR atau ICE AGE 2 sekalipun. Lebih banyak binatang buas, letusan gunung berapi, dan sungai lava, yang mungkin akan terlihat mengerikan bagi anak-anak kecil. Tekstur animasinya pun terlihat lebih halus dan nyata. Dengan teknologi CGI, rambut Samson terlihat bagaikan rambut asli, termasuk juga gerakan bibir setiap tokohnya yang benar-benar dibuat sesuai dengan pengucapan dan intonasi para pengisi suaranya.

So, tak salah kalau hasil karya sutradara Steve "Spaz" Williams dan tim penulis naskah Ed Decter, Mark Gibson, Philip Halprin dan John J. Strauss ini diberi acungan dua jempol. THE WILD akan menjadi tontonan seru yang menghibur sekaligus kaya akan nilai-nilai kekeluargaan dan persahabatan. Anda tak akan rugi menontonnya bersama seluruh anggota keluarga! (sun/mmr/nyt/dni)




    KIRIM KOMENTAR

    Twit komentar kamu
    Nama
    Email
    Komentar
     

    Komentar Pembaca (0)