Laporan peneliti Jepang yang dipublikasikan pada Rabu mengatakan, menurut hasil penelitian perempuan yang minum lebih dari tiga cangkir kopi dalam sehari risiko kanker kolonnya 56 persen lebih rendah dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi kopi sama sekali.
Menurut laporan hasil penelitian yang didukung oleh Kementerian Kesehatan Jepang itu, minum kopi dapat mendorong sekresi asam empedu dan menjaga kadar kolesterol tetap rendah, mekanisme ini dianggap dapat mencegah kanker kolon.
Namun sayangnya efek yang demikian menurut tim peneliti medis tidak ditemukan pada kaum pria.
Menurut studi tersebut, hal itu kemungkinan terjadi karena sebagian pria merokok dan minum alkohol lebih banyak dari perempuan.
Tim peneliti melakukan studi pada 96 ribu orang berusia 40 tahun hingga 69 tahun di Jepang antara tahun 1990 dan tahun 2002, hasil studi menunjukkan 726 pria dan 437 perempuan diantaranya kemudian menderita kanker kolon.
Faktor lain yang diduga berkaitan dengan risiko perkembangan kanker kolon antara lain meliputi usia, aktifitas harian dan mengkonsumsi sayuran. (*/rsd)