Dewi Yull memiliki nama lahir Raden Ayu Dewi Pujiati dilahirkan di Cirebon, 10 Mei 1961. Ia adalah seorang penyanyi yang juga aktris sinetron dan layar lebar.

Dewi terkenal dengan perannya sebagai Dokter Sartika, yang saat itu berpasangan dengan Dwi Yan dalam sebuah serial yang diputar di TVRI. Begitu pun dalam serial LOSMEN (1986) yang dibintanginya bersama Mieke Widjaja, Ida Leman, Mathias Muchus dan Mang Udel, namanya cukup populer. Beberapa film yang juga dibintangi oleh Dewi seperti, KEMBANG KERTAS (1984), OPERA JAKARTA (1985), SECANGKIR KOPI PAHIT (1985), PACAR PERTAMA (1986), PENYESALAN SEUMUR HIDUP (1986), AYU DAN AYU (1988), SUAMI (1988), NANTI KAPAN-KAPAN SAYANG (1990), dan KIAMAT SUDAH DEKAT (2003).

Awal terjun di dunia musik diawali Dewi, saat mengikuti Lomba Menyanyi Nasional pada 1977 dengan meraih juara pertama di tingkat provinsi Jawa Barat. Namun dirinya hanya menduduki peringkat keempat untuk tingkat nasional, di bawah Hetty Koes Endang (DKI), Melky Goeslaw/Diana Nasution (DKI), dan Ira Puspita (Jawa Timur).

Selain itu, pemeran film KEMBANG KERTAS ini, juga sukses dalam dunia tarik suara. Lagu-lagu melankolis dan bermakna cinta yang banyak didendangkan bersama Broery Pesolima, hingga saat ini masih tetap diperdengarkan.

Sementara terkait, kehidupan pribadinya, Dewi menikah dengan aktor Ray Sahetapy yang dipertemukan oleh Titiek Puspa saat syuting film GADIS (1980). Dari perkawinan mereka dikaruniai empat orang anak, Gizka Puteri Agustina Sahetapy, Rama Putra, Panji Surya, Mohammad Raya Sahetapy. Namun sayang pernikahan mereka akhirnya kandas pada 2004, akibat rencana pernikahan Ray, dengan teman kuliah, Sri Respatini Kusumawati (Iin).

Di awal bulan September 2008, Dewi kembali tersangkut masalah. Ia dituduh telah menggelapkan uang. Sebuah Production House mengklaim Dewi telah menunggak pembayaran sebuah iklan layanan masyarakat sebesar Rp300 juta.

Pada awal 2010, bintang sinetron MANOHARA (2009) ini dikabarkan akan segera melepaskan masa jandanya. Namun, Dewi sendiri enggan menanggapi rumor ini.

Sebagai penyanyi senior, Dewi ikut ambil bagian dalam album ketiga Presiden SBY, KU YAKIN SAMPAI DI SANA yang dirilis pada 25 Januari 2010.

Pada 11 Juni 2010, putri pertama Dewi, Gisca Putri Agustina Sahetapy, meninggal dunia di RSPAD dr Suyoto, Jakarta Selatan, karena virus di kelenjar getah bening dan tiroid yang menyebabkan suplai darah ke otak membeku. Gisca dimakamkan di TPU Blender, Kebon Pedes, Bogor.

Show More ▼



Show More ▼