PERSONAL
Dimas Djayadiningrat atau akrab disapa Jay, adalah seorang sineas muda yang banyak menyutradarai dan memproduseri film layar lebar. Selain juga dikenal sebagai musisi dan sutradara video klip. Selain itu, mantan pacar penyanyi dan VJ MTV, Shanty ini pernah menjadi juri Indonesia Idol dalam beberapa kesempatan.

Jay adalah sosok sutradara dibalik sukses film horror TUSUK JELANGKUNG, kemudian menjadi produser film BANGSAL 13, 30 HARI MENCARI CINTA, CATATAN AKHIR SEKOLAH dan CINTA SILVER. Belakangan Jay menjadi sutradara film komedi dewasa QUICKIE EXPRESS, yang menurutnya didedikasikan untuk Trio Warkop (Dono, Kasino, Indro).

Pada pertengahan Juli 2012, ia mengakhiri masa lajangnya dengan menikahi Reynavenzka R. Deyandra, model belia yang terkenal lewat film AIR TERJUN PENGANTIN.


KARIR
Dimas Djayadiningrat mengawali karir dengan profesinya sebagai desainer sampul kaset. Dengan kondisi yang sulit, bahkan terkatung-katung untuk membiayai kuliahnya di Kampus Trisakti, Jay belajar secara otodidak untuk membuat video klip. Akhirnya, dari tangan dingin tersebut, lahirlah berbagai karya yang akhirnya membawanya menyabet penghargaan di berbagai lomba.

Karya Jay yang tergolong kreatif rupanya memikat sejumlah studio besar seperti Musica Studio dan Aquarius yang lantas mencarinya untuk membuat sampul album kaset Kla Project dan Dewa 19. Pekerjaan itu ia tekuni selama empat tahun hingga 1996. Sayang, keasyikan sebagai desainer sampul album lantas membuat Jay memutuskan untuk berhenti kuliah.

Kendati namanya sudah kondang sebagai desainer sampul kaset, Jay tak lantas puas dengan profesi tersebut. Ketika seorang teman yang jebolan IKJ mengajaknya untuk membuat video klip, Jay tidak menyia-nyiakan kesempatan itu. Dari sinilah Jay mulai berkenalan dan mempelajari proses pembuatan video klip secara otodidak. Mulai dari tata artistik, pencahayaan, hingga penyutradaraan.

Jay mengawali kiprahnya di dunia video klip sebagai seorang penata artistik. Waktu itu ia jadi penata artistik video klip lagu Terbunuh Sepi milik Slank. Debut barunya itu tergolong sukses besar. Tak disangka-sangka, video klip itu malah menjadi pemenang bulanan dan tahunan dalam ajang Video Musik Indonesia. Bahkan yang mengejutkan, video klip garapannya itu mendapatkan gelar Best of Art Director pada tahap grand final.

Saaat ini dia juga sudah banyak dipercaya untuk menggarap video klip artis-artis papan atas. Bahkan bisa dikatakan bahwa hampir semua artis kondang di Indonesia pernah memasrahkan penggarapan video klip mereka kepada mantan juri INDONESIAN IDOL 1 ini.

Selain piawai membuat video klip, Jay ternyata juga jago membuat tayangan iklan dan menyutradarai film layar lebar. Untuk iklan, misalnya, pria yang masih keturunan ningrat Banten ini paling tidak menerima order sekitar 15 iklan tiap tahun. Harga sebuah iklan bisa mencapai Rp 400 juta. Khusus film layar lebar, Dimas sukses menggarap sekuel film horor JELANGKUNG dan TUSUK JELANGKUNG, BANGSAL 13 serta film remaja berjudul 30 HARI MENCARI CINTA. Semua film tersebut termasuk box office untuk ukuran tanah air.

FILMOGRAFI
JELANGKUNG
TUSUK JELANGKUNG
BANGSAL 13
30 HARI MENCARI CINTA
QUICKIE EXPRESS

Baca Profil Lengkap Dimas Djayadiningrat ▼



Show More ▼