Blog ENDA UNGU


Enda: Ibu Adalah Perwakilan Tuhan di Dunia

Kapanlagi.com - Single religi terbaru Ungu yang akan dirilis pada bulan Ramadhan tahun ini mengangkat tema sosok seorang ibu. Menurut Enda, sang gitaris, hal itu merupakan perwujudan dari apa yang mereka rasakan dan juga alami tentang sosok wanita yang paling penting dalam kehidupan mereka. Seperti apa sih hubungan masing-masing personil Ungu dengan ibu mereka?

"Semua adalah anak mama dan yang kita kerjakan sekarang banyak waktu kurang untuk ibu dan kenapa Enda semangat ketemu ibu, karena jarang ketemu dengan ibu. Mungkin ini wujud permintaan maaf kita dan dituangkan di lagu," papar Makki saat ditemui di Kantor Trinity, Jl. Hayam Wuruk, Jakarta Pusat, Selasa (20/7).

Lain lagi dengan Rowman, drummer Ungu tersebut mengatakan bahwa dari kecil hingga besar, semua anak pastinya pernah berbuat salah kepada ibu masing-masing. Dan apa yang kita jalani dalam kehidupan kita tak pernah lepas dari doa seorang ibu.

Hal itu juga diamini oleh personil Ungu yang lainnya, Onci. Gitaris Ungu itu mengaku bahwa sang bunda sangat berperan dalam menghantarnya hingga menjadi pribadi yang mandiri.

"Ibu saya mengetahui saya masih bisa bernafas dan itu jadi kebahagiaan buat saya. Dari lahir hingga sekarang gue bisa mandiri, kehadiran seorang ibu sangat luar biasa. Dan ibu gue terharu ketika dengar lagu ini, apalagi 4 minggu tidak ketemu ibu," paparnya.

Bagaimana dengan Pasha? "Saya dekat dengan ibu, saya jarang komunikasi karena pekerjaan. Tapi pas ketemu saya pasti mesra banget, seperti anak kecil. Semua anaknya pasti seperti itu dan ketemu pasti langsung ngerubutin mama," ujar mantan suami Okie Agustina itu.

"Bagaimana dia yang nge-treat saya, ibu saya tidak banyak minta, karena dia hanya pengen anaknya sehat. Selalu mengingatkan untuk berdoa, jadi alarm buat saya pribadi. Terkadang pun kita juga suka membantah dan dengan lagu ini saya terima kasih sama Enda, karena lewat lagu ini kita bisa merawat batin ibu kita yang mulai tua," lanjut Pasha.

"Seolah dengan lagu ini kita merasa tersinggung atau tersindirlah, karena kita adalah manusia yang tidak sempurna. Kadang ada kesalahan yang tidak terpikirkan oleh kita. Buat saya, ibu adalah perwakilan Tuhan di dunia," pungkas Enda   (kpl/ato/bun)


Lihat profil: Enda Ungu, Ungu, Pasha Ungu, Onci Ungu, Rowman Ungu, Makki Ungu
Tag: Ramadhan 2010
Komentar : 0 komentar
Diposting oleh: Editor | Rabu, 21 Juli 2010 06:25 |

Take Vocal Single Baru, Pasha Menangis

Kapanlagi.com - Pengalaman hidup jauh di rantau menginspirasi Ungu dalam membuat single terbaru yang akan dirilis di bulan Ramadhan tahun ini. Tema yang diangkat adalah tentang sosok seorang ibu, yang bagi mereka adalah sosok yang tak tergantikan. Kerinduan untuk bertemu pada sang ibu menjadi jiwa dalam single tersebut. Siapa sih yang lebih banyak berperan dalam penggarapan lagu tersebut?

"Kalau lagunya saya serahin ke anak-anak Ungu. Kalau penciptaan lirik lumayan lama, karena gue pikirin banget liriknya. Pengen kata-kata yang simple tapi bisa mewakili perasaan banyak orang. 3-4 bulan, kalau lagu biasa biasanya cuman 20 menit," ujar Enda di Kantor Trinity, Jl. Hayam Wuruk, Jakarta Pusat, Selasa (20/07).

"Inspirasinya karena saya adalah seorang perantauan, jarang bertemu atau berkomunikasi langsung dengan ibu. Di sini saya pengen mengabadikan momen aja, kalau ibu adalah sosok yang tak tergantikan. Ibu selalu memikirkan kita dan selalu mendoakan kita, itu adalah satu peristiwa luhur yang kadang gak pernah kita pikirkan," imbuhnya.

Begitu dalamnya perasaan pada sosok ibu, hingga pada saat take vocal Pasha tak kuasa meneteskan air mata. Pasha mengaku lagu tersebut sangat menyentuh hatinya.

"Saya menangis waktu take vocal lagu ini, buat saya lagu ini mewakili seluruh perasaan manusia, naluri sebagai seorang anak di dunia kepada ibunya. Baru kali ini secara pribadi saya menangis saat take vocal, lagu ini menyentuh banget. Namun saya hampir tidak menemukan kesulitan, karena jiwa saya udah seperti menyatu dengan lagu ini," tutur Pasha, sang vokalis.

Dan soal aransemen musiknya, menurut Makki, Ungu menitikberatkan pada lirik dan alur cerita dalam lagu. Sehingga musiknya dibuat sesederhana mungkin, agar tak mengganggu 'mood' dari lagu tersebut.

"Kita di sini ingin mengangkat cerita, lirik, makanya musiknya sangat sederhana dan minimalis. Kita gak ingin orang terecoki oleh musiknya. Makanya ada unsure mellow, dengan cello dan string section, supaya mood lagu syahdunya dapet," ujar Makki.   (kpl/ato/bun)


Lihat profil: Pasha Ungu, Ungu, Enda Ungu, Makki Ungu, Rowman Ungu, Onci Ungu
Tag: Ramadhan 2010
Komentar : 0 komentar
Diposting oleh: Editor | Rabu, 21 Juli 2010 06:06 |

Ungu Angkat Sosok Ibu di Single Religi

Kapanlagi.com - Sama seperti Ramadhan sebelumnya, menjelang bulan suci umat muslim tahun ini grup Ungu kembali merilis lagu religi. Namun tak seperti tahun lalu, kali ini grup yang beranggotakan Pasha, Enda, Makki, Rowman dan Onci itu hanya merilis single saja.

"Ini merupakan Ramadhan yang ketiga. Kenapa single, karena kita liat kemarin satu pelajaran dan pengalaman kalau bikin album religi, misalkan mini album 5 lagu, mentok yang diangkat cuma 2 lagu aja, jadi yang lain mubazir aja. Kenapa kita rilis Ramadhan, karena kalau dirilis sesudah Lebaran kan udah gak relevan. Makanya sekarang focus 1 lagu dulu deh," papar Makki saat ditemui di Kantor Trinity, Jl. Hayam Wuruk, Jakarta Pusat, Selasa (20/7).

Dan untuk tema di lagu religinya ini, Ungu mengangkat sosok seorang ibu. "Bukan tradisional Ramadhan, tapi temanya tentang ibu. Karena kita udah garap semua tema Ramadhan dari yang lalu. Seperti tema puasa udah, tentang Tuhan udah, hubungan manusia dengan Tuhannya udah. Jadi ini beda dengan yang lalu," imbuh Makki.

Menurut Makki, lagu ini sebenarnya sudah ada sejak tahun lalu dan sempat akan dimasukkan di album tahun lalu juga. Namun karena temanya menarik, maka peluncurannya ditunda hingga tahun ini. Lantas kenapa mereka mengangkat tema sosok seorang ibu?

"Kita pengen mencoba paradigma baru aja. Kenapa saat Ramadhan kita gak ngomongin ibu saat Ramadhan. Apalagi kan sosok ibu adalah sosok yang take it for granted. Ada 1 orang yang kapanpun kita butuh pasti dia ada untuk kia, semua orang pasti punya ibu. Jadi saatnya untuk mendoakan ibu, karena ibu selalu mendoakan kita," tandasnya.

"Lagu ini merupakan single pertama dari album terbaru kami, yaitu SERIBU KISAH SATU HATI. Insya Allah fisik album akan keluar bersama rilis single ini, bulan Ramadhan ini," pungkasnya.    (kpl/ato/bun)


Lihat profil: Makki Ungu, Ungu, Pasha Ungu, Enda Ungu, Onci Ungu, Rowman Ungu
Tag: Ramadhan 2010
Komentar : 0 komentar
Diposting oleh: Editor | Rabu, 21 Juli 2010 05:25 |

Ungu Panjatkan 'Doa Untuk Ibu' di Bulan Ramadhan

Kapanlagi.com - Menjelang bulan suci Ramadhan yang kurang dari sebulan lagi, banyak musisi berlomba mengeluarkan lagu-lagu bernafas keagamaan atau religi. Tak terkecuali grup band Ungu, yang akan mengeluarkan single Doa Untuk Ibu di awal bulan agustus 2010 mendatang.

Berlokasi di kawasan Kampung Artis, Cipayung, Jakarta Timur pada selasa(13/07) grup band yang digawangi Pasha (vokal), Enda (gitar), Makki (bass), Onci (gitar), dan Rowman (drum) ini melakukan proses syuting Doa Untuk Ibu yang menjadi single terbaru mereka di bawah label Trinity Optima Production.

Video clip yang di sutradarai oleh Nicholas bercerita tentang kasih ibu yang tiada putus menyayangi anaknya sedari kecil hingga dewasa, meski sang anak ketika dewasa sukses di perantauan dan telah melupakan dirinya yang masih hidup dalam kemiskinan.

Namun sesuatu hal menggugah jiwanya, ketika mendengar lagu Doa Untuk Ibu yang dinyanyikan Ungu secara live di satu stasiun radio. Akhirnya sang anak tersadar dan menengadahkan tangan, menghaturkan Doa Untuk Ibu pada Tuhan.

Grup band Ungu sendiri dalam penggarapan video clip terbarunya kali ini hanya mengambil 1 scene adegan didalam ruang yang diset seperti studio stasiun radio dari mulai pukul 12.30 hingga pukul 02.00 WIB rabu dinihari, dan kembali dilanjutkan dengan mengambil adegan model clip kisah antara anak dan ibu yang terpaut dalam doa.     (kpl/bbm/faj)


Lihat profil: Ungu, Onci Ungu, Enda Ungu, Makki Ungu, Pasha Ungu, Rowman Ungu
Tag: Ramadhan 2010
Komentar : 17 komentar
Diposting oleh: Editor | Kamis, 15 Juli 2010 15:55 |

Potongan Rambut Pasha Terinspirasi Marinir Amerika

Kapanlagi.com - Sigit Purnomo atau Pasha Ungu, sempat membuat kaget para Cliqers - sebutan fans Ungu, dengan penampilan model rambut barunya. Ayah tiga anak itu memamerkan potongan rambut 'plontos' secara melingkar seperti tentara, pertama kali saat tampil sebagai juri INDONESIAN IDOL 2010 beberapa waktu lalu.

"Banyak yang suka dan banyak yang tidak suka juga," ujar Pasha terbahak saat ditemui di lokasi syuting video klip terbaru Ungu di Kampung Artis, Jakarta Timur, Selasa (13/07) malam.

Pasha mengaku terinspirasi dari model–model potongan rambut marinir Amerika, US Mariner. Hanya bedanya rambut Pasha lebih panjang di bagian tengahnya.

"Banyak yang mengatakan nggak pas banget. Tapi kalau gue sih enjoy saja. Pertama kali ngerasainnya fresh banget, kepala rasanya enteng," tukasnya.

Model rambut baru Pasha ini untuk menyambut video klip terbaru Ungu, Doa Untuk Ibu ciptaan Enda Ungu yang bernafaskan religi untuk menyambut bulan Ramadhan.    (kpl/wwn/dar)


Lihat profil: Pasha Ungu, Enda Ungu
Tag: Indonesian Idol 2010, Ramadhan 2010
Komentar : 22 komentar
Diposting oleh: Editor | Rabu, 14 Juli 2010 12:15 |

Enda Ungu: Rossa Itu Seorang Diva

Kapanlagi.com - Dalam SCTV MUSIC AWARDS 2010 beberapa waktu yang lalu, album Rossa terpilih menjadi Album Solo Wanita Favorit. Namun, pada saat penyerahan piala, Rossa urung hadir sebab harus mempersiapkan konsernya di Malaysia. Enda Ungu lah yang akhirnya mewakili biduanita tersebut menerima piala.

Enda patut berbangga, sebab dalam album tersebut terdapat lagu ciptaannya. Namun, sang gitaris ini menanggapinya dengan rendah hati. "Buat saya, lagu itu hanya biasa saja. Tapi memang penyanyinya yang luar biasa," ucapnya saat ditemui seusai acara.

Enda memang diminta oleh Rossa untuk mewakilinya menerima piala dalam ajang penghargaan tersebut. "Seandainya teh Rossa menang saya disuruh mewakilkan untuk mengambil piala. Ternyata hal itu terwujud," tuturnya. Dengan penghargaan yang diperoleh ini, tentunya akan memacu semangat Enda untuk terus berkarya.

Kesempatan menciptakan lagu untuk Rossa diakuinya adalah sebuah pengalaman berharga. Pasalnya, gitaris band Ungu ini menganggap Rossa sebagai seorang diva. "Dia itu seorang diva yang tidak pernah mau disebut diva," ujarnya. Kesempatan tersebut rasanya bakal terulang lagi sebab, ia mengaku Rossa telah memintanya untuk membuatkan dua buah lagu lagi. (kpl/ato/dka)


Lihat profil: Enda Ungu
Komentar : 3 komentar
Diposting oleh: Editor | Minggu, 30 Mei 2010 16:04 |

The Virgin Dedikasikan Kemenangan Untuk Musisi Perempuan

Kapanlagi.com - Sebagai satu-satunya nominator perempuan dalam kategori Pemain Gitar Favorit SCTV Music Awards 2010, Mitha The Virgin merasakan mendapat anugerah besar, apalagi justru kemenangan itu jatuh ke tangannya. Karena melihat nominator yang lain, seperti Apoy (Wali Band), Cella (Kotak), Enda (Ungu) dan Raka (Vierra) merupakan seniornya di dunia musik tanah air.

"Nggak nyangka sama sekali. Seneng banget pokoknya, apalagi The Virgin juga dapat Awards malam ini," ungkap Mitha di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (27/05).

Bagi Mitha, penghargaan ini merupakan pembuktian bahwa banyak musisi perempuan yang handal di Indonesia. Kemenangan itu pun didedikasikan bagi para musisi perempuan Indonesia untuk terus mengukir prestasi.

"Penghargaan ini saya persembahan khusus untuk musisi wanita di Indonesia, di samping RCM, Virginity dan Mitha Lover," lanjutnya.

Dengan penghargaan ini Mitha pun berjanji untuk meningkatkan skill bergitarnya untuk bisa lebih menghasilkan karya yang terbaik.  (kpl/ato/dar)


Lihat profil: Mitha The Virgin, The Virgin, Wali Band, Kotak, Enda Ungu, Vierra
Komentar : 8 komentar
Diposting oleh: Editor | Sabtu, 29 Mei 2010 16:33 |



Lihat Arsip Berita Enda Ungu

2011



Kota

Merk