PERSONAL
Guruh Soekarno Putra lahir di Jakarta, 13 Januari 1953 dengan nama Mohammad Guruh Irianto Soekarnoputra. Anak bungsu dari pasangan Ir. Soekarno, presiden Indonesia pertama dengan Fatmawati ini, dikenal sebagai seniman dan juga politikus.

Sejak usia kanak-kanak, Guruh menyukai kesenian dan sastra. Pada usia lima tahun, dia sudah belajar menari Jawa, Sunda, Bali dan mementaskan tariannya di atas pangung. Pada usia itu juga dirinya membentuk band bocah dan bermain piano.

Sementara terkait kehidupan pribadinya, Adik Mantan Presiden RI Megawati Soekarno Putri ini, pernah menikahi seorang penari asal Uzbekistan, Sabina Guseynova pada 20 September 2002 di Tashkent, Uzbekistan. Dalam perkawinannya itu, Guruh menyerahkan Al-Quran, Buku Di Bawah Bendera Revolusi dan Buku Otobiografi Presiden Soekarno sebagai mas kawin. Namun perkawianannya tak berusia lama dan kini kembali sendiri.

Lama tak terdengar kabar ia menjalin kasih, Guruh pada awal November 2009, tampak mesra ditemani seorang wanita. Adalah Evasari Gabrielle Silalahi, atau biasa dipanggil Eva, sosok wanita selama dua tahun terakhir telah dekat dengannya.

KARIR
Guruh remaja pada 1965 kemudian membentuk band The Beat-G. Namun karena banyak persoalan terkait kehidupannya, Guruh baru bisa merilis album perdananya, Guruh Gipsy pada 1975, yang berisi musik dengan paduan gamelan Bali.

Guruh yang penuh ekspresi seni ini, pada 1977, kemudian mendirikan organisasi pemuda, Swara Mahardika. Meski kemudian dibubarkan dan berubah menjadi Yayasan Swara Mahardika pada 1987. Tidak berhenti begitu sja, Guruh kemudian mendirikan PT Gencar Semarak Perkasa (GSP) pada 1989.

Ekspresi seninya itu kemudian ditunjukan dalam Pagelaran Karya Cipta Guruh Soekarno Putra I pada 1979. Kemudian Pagelaran Karya Cipta Guruh Soekarno Putra II: Untukmu Indonesiaku dan memproduksi film semi-dokumenter Untukmu Indoensiaku (1980), Pagelaran Karya Cipta Guruh Soekarno Putra III: Cinta Indoensia Pagelaran Jakarta Week di Singapura (1984), dan Pagelaran Karya Cipta Guruh Soekarno IV: Gilang Indonesia Gemilang (1986).

Selain itu, Guruh juga pernah menggelar pertunjukkan kolosal 'JakJakJakJak Jakarta' dalam rangka ulang tahun Jakarta ke 462 tahun (1989), Pagelaran Kolosal: Gempita Swara Mahardhika dalam rangka 10 tahun Swara Mahardika (1987)

Peranya dalam perfilman ditunjukan Guruh di belakang layar, dirinya banyak menjadi ilustrator musik film dan film pertama yang digarap filmnya adalah film ALI TOPAN ANAK JALANAN. Namun dia juga pernah berperan sebagai Sunan Muria dalam film SEMBILAN WALI (1985).

Prestasinya diukir dalam bentuk, memenangkan hadiah pertama untuk komposisi lagu berjudul Renjana dalam Festival Lagu Populer Tingkat Nasional 1976, Pernah mewakili Indonesia di World Popular Song Festival di Tokyo Jepang, mewakili Indonesia pada World Populer Song Festival 1987 di Tokyo dan meraih Kawakami Award dan Audience Selections Award dengan lagu Kembalikan Baliku, menang dalam festival lagu popular tingkat nasional 1987 dengan lagu Kembalikan Baliku, dan pernah mendapat penghargaan ilustrasi musik dalam Festival film Indonesia 1978 di Ujung Pandang.

FILMOGRAFI
MISTERI HANTU SELULAR (2011)

Baca Profil Lengkap Guruh Soekarno Putra ▼



Show More ▼