John Paul Ivan adalah gitaris kawakan Indonesia yang bernama lengkap Johannes Paul Ivan. Pria berambut gondrong ini lahir di Surabaya, 3 Januari 1971.

Kegemaran Ivan pada gitar sudah dimulai sejak dirinya masih SMP, dan sejak saat itu dia selalu ingin menjadi gitaris rock.

Ivan pun membentuk sebuah band bersama Henry yang diberi nama Radd. Setelahnya, Ivan sempat bergabung dengan beberapa band Surabaya seperti Buldozer dan Big Panzer. Dengan Big Panzer, Ivan pernah merilis 2 single dalam alum Indonesian Rock & Metal yang diproduksi Harpa Records pada 1990.

Pada 1991, Ivan kembali bertemu dengan Henry di band Lost Angels yang merupakan cikal bakal Boomerang. Festival Rock Log Zhelebour-lah yang membawa mereka ke dapur rekaman bersama sang produser Log Zhelebour pemilik label Loggis Records.

Bersama dengan Boomerang, Ivan sudah merilis beberapa album, yaitu Boomerang (1994), Kontaminasi Otak (1995), Disharmoni (1996), Segi Tiga (1998), Hard and Heavy (1999), X'travaganza (2000), Terapi Visi dan album baru di tahun 2005, Urbanoustic.

Permainan gitar Ivan bersama Gitar Gibson-nya diakuinya banyak dipengaruhi Jimi Hendrix dan Joe Satriani.

Sayangnya, pada 2005, JPI harus memutuskan untuk hengkang dari Boomerang, band yang telah membesarkan namanya selama 11 tahun. John Paul Ivan melakukan konser terakhirnya bersama Boomerang di Dili, East Timor, pada tanggal 12 Juni 2005, dan merupakan show yang fenomenal dalam sejarah karir Boomerang karena dipadati hampir 70.000 penonton yang datang di stadion untuk menyaksikan konser perpisahan John Paul Ivan dengan Boomerang.

Selepas dari Boomerang, Ivan banyak melakukan showcase bersama beberapa musisi lain. Pada November 2005, Ivan menerima tawaran dari Log untuk membantu U9. Setelah melewati proses negosiasi John Paul Ivan memutuskan untuk gabung dan segera masuk studio rekaman di Jakarta untuk penggarapan album kedua U9 di awal January 2006.

Setelah selesai membuat 3 video klip, album Complex rilis dipasaran pada bulan Juli 2006, dan John Paul Ivan siap tour show kembali bersama U9. Selama tahun 2007 John Paul Ivan banyak melakukan show sendiri, baik dalam featuring di band-band nasional atau internasional, dan beberapa DJ, akhirnya Ivan memutuskan untuk lebih berkonsentrasi dalam menyelesaikan debut album solonya.

Pada bulan Ramadhan 2010, publik akhirnya 'diijinkan' untuk mengetahui bahwa John Paul Ivan sudah menjadi muallaf (beragama Muslim) sejak 4 tahun sebelumnya. Ivan sendiri mengakui pindahnya dirinya menjadi seorang muslim karena sebuah perjalanan spiritual yang sempat dialamimya.

Baca Profil Lengkap John Paul Ivan ▼



Show More ▼