PERSONAL
Krisdayanti (KD) adalah salah satu diva Indonesia kelahiran Batu, Malang, Jawa Timur. Wanita ayu yang juga mantan istri dari musisi Anang Hermansyah ini dikenal sebagai artis pekerja keras yang pandai menjual gaya dan bertalenta.

Untuk urusan style, Yanti terhitung seleb yang sering berubah dan sempat menjadi trendsetter. Yanti pernah membawa image wanita dewasa yang hangat dengan rambut panjang ikal, celana hipster, dan tato alis 'nunggingnya', yang kala itu sempat menjadi tren.

Adik penyanyi Yuni Shara ini juga pernah tersandung masalah kecantikan. Yanti dituduh memermak wajahnya, namun ibu dua anak tersebut membantah hal tersebut dan berani membayar 1 miliar pada siapapun yang bisa membuktikan dirinya memermak wajahnya. Kala itu Yanti hanya mengatakan it's all about make up.

Untuk urusan asmara, KD pernah digosipkan menjalin hubungan dengan aktor Dicky Wahyudi, musisi Tohpati, dan Ari Sigit. Meski semua dibantah Yanti dan menyatakan hubungannya dengan suaminya Anang baik-baik. 11 Agustus 2006, Yanti dan Anang merayakan ulang tahun pernikahan mereka yang kesepuluh, sejak mereka menikah pada 15 Agustus 1996.

Pernikahannya dengan Anang sejak 1996 berakhir. KD menggugat cerai Anang, gugatan ini dimasukkan ke pengadilan setelan Idul Fitri. Namun secara agama, Anang mengaku hubungannya dengan KD telah berakhir pada 19 Agustus 2009, sepulangnya pasangan ini umroh. Perceraian ini dibumbui dengan kisah perselingkuhan yang kabarnya dilakukan lagi oleh KD. Sementara itu, kedua anak hasil pernikahan ini akan diasuh oleh Anang.

Senin (28/09/09), Krisdayanti resmi mendaftarkan gugatan cerainya ke pengadilan dengan nomor 1694/Pdtg/2009/pajs. Sidang perdana dilaksanakan pada 8 Oktober 2009. Tanpa terlalu berbelit-belit, pada Kamis, 22 Oktober 2009, Krisdayanti melalui PA Jakarta Selatan telah resmi menyandang status janda.

Setelah sempat susah bertemu anak-anaknya, maka pada awal November 2009, KD mulai bisa melihat anak-anaknya, tentunya dengan persetujuan Anang. Hubungan ibu dan anak ini perlahan-lahan mulai membaik.

Sejak awal 2010, KD dikabarkan dekat dengan seorang pengusaha asal Timor Leste, Raul Lemos. Hubungan ini membawa berbagai masalah dan kontroversi. Raul Lemos dikabarkan sebagai orang ketiga dalam hubungan KD-Anang, sedangkan KD dituduh sebagai orang ketiga dalam pernikahan Raul Lemos dan istrinya, Atha.

Walaupun sempat terjadi kontroversi, akhirnya Raul Lemos menceraikan istrinya, Atha dan menikahi Krisdayanti pada tanggal 20 Maret 2011. Pasca pernikahan yang yang awalnya begitu dielu-elukan oleh orang terdekat, keduanya kembali menuai kontroversi. Baru satu bulan menikah, Krisdayanti dikabarkan sudah hamil empat bulan. Akhirnya, pada tanggal 5 September 2011, lahirlah putri pertama Raul Lemos dan Krisdayanti bernama Ariannha Amora Lemos yang artinya 'intan yang penuh cinta'. Bayi cantik tersebut lahir secara caesar.

KONTROVERSI KD, RAUL, DAN ATHA
Awal 2010 dikabarkan bahwa Diva pop ini menjalin cinta diam-diam dengan seorang pengusaha asal Timor Leste, Raul Lemos. Hubungan mereka telah beranjak ke tahap yang cukup serius. Terbukti dengan adanya kunjungan ke masing-masing keluarga. Bahkan, santer dikabarkan KD telah dibelikan rumah oleh Raul.

Namun pada 11 April 2010, setelah sempat menutup diri dari media karena merasa tertekan oleh pemberitaan bertubi-tubi, KD, menyatakan bahwa dirinya telah memutuskan hubungan dengan Raul karena status hukumnya yang masih suami Silvalay Noor Athalia. KD meminta maaf kepada beberapa pihak yang merasa tersakiti karena hubungan cintanya.

Kisah cinta terbarunya ini sempat memicu perseteruan antara kakaknya, Yuni Shara, yang membela KD, dengan istri Raul Lemos yang tidak terima atas pernyataan Yuni bahwa Raul telah menduda. Konflik antara Yuni Shara dan Silvalay Noor Athalia atau Atha yang ramai di media berbuntut ke meja hijau.

Setelah pengakuan berakhirnya hubungan KD dengan Raul, pada awal Juli 2010 KD mulai kembali menampakkan kemesraanya dengan Paul. Tanpa enggan, KD menunjukkan cincin pemberian Raul ketika mereka masih bersama, yang setia dikenakannya ke mana saja, Hal ini menjadi sinyal hubungan KD dan Raul yang berlanjut. KD juga menyatakan bahwa dirinya juga tidak menampik bahwa dirinya dan Raul akan menikah suatu saat nanti.

Hal ini ternyata memicu tanggapan yang tidak mengenakkan dari istri Raul (yang belum resmi bercerai karena proses perceraian yang belum tuntas), Atha. Dia menyatakan kekecewaannya kepada KD dan Raul yang sudah mengumbar hubungan ketika proses perceraian masih berlangsung. Bahkan Atha sempat menyebutkan bahwa KD tidak bermoral dan tidak pantas disebut sebagai diva karena ulahnya yang dianggap seenaknya oleh Atha.

Kemesraan KD dan Raul pun semakin terbuka, dengan adanya liputan khusus dari salah satu TV swasta Indonesia yang menayangkan laporan ekslusif yang diambil seusai KD tampil yang sangat menunjukkan kemesraan mereka.

Rupanya, hal ini membuat berang istri Raul, yang sempat memberikan keterangan pada wartawan betapa dirinya juga anak-anaknya sangat tertekan, bahkan anak-anaknya sempat mencoba bunuh diri sampai 3 kali karena masalah keluarga mereka.

Belum juga mendingin masalah yang ditimbulkan dengan kemesraan Raul dan KD, keduanya sudah membuat geram banyak pihak dengan adegan ciuman yang dilakukan keduanya pada konferensi pers yang digelar di depan banyak wartawan.

Hal ini tidak hanya membuat panas Atha, namun juga banyak pihak lain, seperti Facebookers, MUI juga FPI. Bahkan adegan ini dilaporkan ke pihak berwajib dengan tuntutan 5 tahun penjara.

Namun, Krisdayanti akhirnya mengakui bahwa dirinya dan Raul khilaf dan meminta maaf kepada khalayak umum mengenai aksi ciuman yang dilakukannya. KD menjelaskan bahwa semua tindakan yang dilakukannya refleks dan tanpa rencana.

KARIR
Mengawali karir sebagai juara Asia Bagus, nama Krisdayanti terus melejit di panggung musik Indonesia dan kerap manggung di berbagai pentas internasional.

Di usia yang masih sangat muda, 21 tahun, KD mengakhiri masa lajangnya dengan menikah dengan musisi Anang Hermansyah pada 22 Agustus 1996. Pernikahan ini dikaruniai dua orang anak, Titania Aurelie Nurhermansyah dan Azriel Akbar Hermansyah.

Setelah menikah, karir KD semakin menanjak, bahkan sepanjang tahun 2004, Yanti menggelar 8 kali konser di berbagai tempat, dan menjadi ikon program MTV ICON. Selain itu wanita kelahiran 24 Maret 1975 ini juga pernah menjadi ikon GE Finance untuk Master Card, mobil Mercedes Benz, Bukrim, majalah BCA, sebagai slogan Enjoy Jakarta dan menjadi duta Samsung Indonesia.

Lagu-lagunya yang selalu jadi hits dan sering menggelar konser menempatkan artis yang kerap disapa Yanti ini sebagai artis wanita termahal, bahkan majalah Swa pernah menulis penghasilan KD dalam setahun mengalahkan gaji setahun seorang presiden Indonesia.

Di deretan penyanyi solo, nama KD tak bisa disepelekan, Sejak menelurkan album TERSERAH (1995), karirnya makin menanjak. Beberapa album yang diluncurkannya adalah KD SAYANG (1998), MENGHITUNG HARI (1999), MENCINTAIMU (2000), KONSER KD (2001), CAHAYA (2004), CAHAYA REPACK (2005), KRISDAYANTI (2007) dan AKU WANITA BIASA (2009).

Tak hanya sukses sebagai penyanyi solo, debut duetnya dengan Anang lewat HANYA TUHAN (1995) dan CINTA (1996), merupakan awal kesuksesan album duet KD-Anang. Dan album duet ini terus mereguk sukses, seperti KASIH (1997), BUAH HATI (1999), MAKIN AKU CINTA (2001), MENUJU TERANG (2002), SEPULUH TAHUN PERTAMA (2006) dan yang teranyar adalah DILANDA CINTA (2009). Semua meneguk sukses di pasaran. Bahkan hingga saat ini belum ada yang mampu menyaingi kekompakan dan kesuksesan pasangan duet ini.

Sebagai hadiah ulang tahun pernikahan mereka, Anang dan Yanti merilis album duet berjudul AKU MILIKMU, yang beberapa lagu adalah kado dari Pongky Jikustik dan Beby Romeo.

Dalam catatan karirnya, KD mendapat bayaran mahal untuk acara tahun baru di Grand Melia Hotel, dengan konser tunggal bertajuk KD 1530 yang sukses habis.

Kesuksesan lain juga direngkuh Yanti, albumnya berjudul CAHAYA meraih double platinum untuk penjualannya. Tak hanya piawai menyanyi, Yanti juga terjun ke dunia akting dengan tampil di beberapa sinetron, dan film layar lebar produksi KD Film dan Multivision Plus berjudul JATUH CINTA LAGI (2006) yang dibintanginya bersama Gary Iskak dan Cornelia Agatha.

Tak hanya di layar lebar, sebelumnya ibu dua orang anak ini telah membintangi banyak sinetron, antara lain DOA DAN ANUGERAH 2 (2003), DOA DAN ANUGERAH (INDOSIAR, 2002), MENCINTAIMU (SCTV, 2001), TERPESONA (SCTV, 2000), DOAKU HARAPANKU II (RCTI, 1999), DI ANTARA DUA PILIHAN (RCTI, 1999), DOAKU HARAPANKU I (RCTI, 1998), ABAD 21 (INDOSIAR, 1997), ISTRI PILIHAN (RCTI, 1997), SAAT MEMBERI SAAT MENERIMA (RCTI, 1996) dan beberapa judul lain.

Bersama dua karibnya yang juga penyanyi papan atas Indonesia, KD membentuk grup vokal 3 Diva yang terdiri dari Titi DJ dan Ruth Sahanaya. Sepanjang tahun 2006, 3 Diva menggelar konser bertajuk '3 DIVA' di 4 Kota Jakarta, Surabaya, Bandung dan Bali.

Di penghujung tahun 2008, KD bersama sang suami, Anang kembali meluncurkan album duet mereka. Hal ini sekaligus untuk menandai 12 tahun perjalanan rumah tangga Anang dan KD.

Dengan menjagokan lagu Dilanda Cinta yang diciptakan oleh Anang ini diproduksi oleh label im:port, yakni label yang didirikan oleh Anang. Namun untuk distribusinya, masih akan menggunakan Warner Music Indonesia.

Selain menyanyi, berakting, bisnis hotel, ia mulai merambah bisnis promotor konser musik. Debut pertama pelantun tembang Menanti Cinta sebagai soundtrack film KETIKA CINTA BERTASBIH adalah menjadi promotor konser musik Melly Goeslaw yang direncanakan pada Agustus 2009.

Usia yang semakin bertambah tidak membuat KD semata-mata mengurangi kapasitasnya di dunia musik. Malah dengan bertambahnya usia, membuat KD semakin diperhitungkan di pentas musik internasional. Pada 9 Mei 2009, ia bakal mengadakan konser di Singapura dengan tajuk Krisdayanti Live At Esplanade. Sang putri akan tampil mengiringi KD membawakan lagu Menghitung Hari.

Pertengahan Juli, tepatnya pada 16 Juli 2009, KD merilis buku biografinya yang berjudul MY LIFE, MY SECRET. Di buku yang ditulis oleh Alberthiene Endah, KD mengungkapkan 'rahasia gelap' hidupnya. Seperti ia pernah kecanduan sabu-sabu, kecanduannya terhadap operasi plastik dan kisah perselingkuhannya hingga talak cerai yang dilakukan Anang.

Selepas bercerai, KD mulai menata hidupnya kembali. Ia kembali ke karir bermusiknya dengan meluncurkan single Kamu di Hatiku Selamanya ciptaan Maia Estianty.

Tak hanya menggaet Maia, KD pun menggaet Charlie ST12 dan penyanyi negeri Jiran, Siti Nurhaliza. KD dan Siti berduet di lagu Kehilanganmu. Tak hanya di lagu milik Charlie itu saja, kedua sahabat ini juga berduet di lagu Amarah.

DISKOGRAFI
Album solo
* BURUNG-BURUNG MALAM (1987)
* TERSERAH (1995)
* SAYANG (1998)
* MENGHITUNG HARI (1999)
* MENCINTAIMU (2000)
* KONSER KD (2001)
* CAHAYA (2004)
* KRISDAYANTI (2007)
* AKU WANITA BIASA (2009)


Album duet
* HANYA TUHAN (1995)
* CINTA (1996)
* KASIH (1997)
* BUAH HATI (1999)
* MAKIN AKU CINTA (2001)
* MENUJU TERANG (2002)
* SEPULUH TAHUN PERTAMA (2006)
* DILANDA CINTA (2009)
* CTKD (CANDA, TANGIS, KETAWA, DUKA)
(album Krisdayanti & Siti Nurhaliza) (2009)

Bersama 3 Diva
* SEMUA JADI SATU (2006)
* DI3VA (2008)


Kompilasi
* OST MEGALOMAN (1984)
* THE BEST OF CIPTA PESONA BINTANG (1990)
* JAMES F. SUNDAH - THE SLOW COLLECTIONS (1990)
* OST CATATAN SI EMON (1991)
* THE BEST OF ASIA BAGUS (1993)
* OST KETIKA CINTA BERTASBIH (2009)


Singel
* Krisdayanti (Pony Canyon, Jepang) (1993)
* Abad 21 (1998)
* Doaku Harapanku (Doa) (1998)
* Kamu Di Hatiku Selamanya (2009)


FILMOGRAFI
Sinetron
* CEMPLON
* SAAT MEMBERI SAAT MENERIMA
* ABAD 21
* ISTRI PILIHAN
* DOAKU HARAPANKU I
* DOAKU HARAPANKU II
* TERPESONA
* MENCINTAIMU
* DOA DAN ANUGERAH I
* DOA DAN ANUGERAH II
* MUKJIZAT ALLAH


Film
* JATUH CINTA LAGI

PENGHARGAAN
* Finalis Gadis Sampul (1991)
* Pemenang Mingguan Asia Bagus, Singapura (1991)
* Pemenang Bulanan Asia Bagus, Singapura (1991)
* Pemenang Grand Final Asia Bagus, Jepang (1992)
* Young Talented Artist Award, FIDOF Award untuk kategori artis berbakat di Bucharest Festival 1993, Rumania (1993)
* Salah satu dari 6 Wanita Paling Berkilau di TV 1996 versi tabloid Bintang Indonesia (1996)
* Favorit 1996 dalam Grand Final KCVMI (Karya Cipta Video Musik Indonesia) (1996)
* Nominasi Pemeran Pembantu Wanita Terbaik untuk sinetron Abad 21 pada Festival Sinetron Indonesia (1996)
* The Best of Asia Bagus Grand Champion Award, Odaiba, Jepang (1997)
* Album Pop terbaik, untuk Cinta, AMI (Anugerah Musik Indonesia) (1997)
* Nominasi Pemeran Pembantu Wanita Terbaik untuk Sinetron Istri Pilihan pada Festival Sinetron Indonesia (1997)
* WMI Double Platinum untuk album Cinta, duet dengan Anang (1997)
* WMI Quadruple Platinum untuk album Cinta, duet dengan Anang (1997)
* Most Fashionable Celebrity, Indonesian Fashion Awards (Fashion Cafe version) (1998)
* KISS (Indosiar TV program) Most Wanted Artist of The Year (1998)
* WMI's Double Golden untuk album Kasih, duet dengan Anang (1998)
* Album Indonesia Terbaik, AIM Malaysia (1999)
* WMI's Platinum untuk album KD Sayang (1999)
* Most Wanted Female Artist, AnTV - MTV Video Music Awards (1999)
* Most Wanted Indonesian Music Video, "Menghitung Hari", MTV (1999)
* Most Popular Artist, Kabar-Kabari RCTI (1999)
* Best Female Vocalist, Progressive Pop category, AMI Sharp Awards (2000)
* Most Popular Singer SCTV Awards (2001)
* Best Song of The Year, "Makin Aku Cinta", duet dengan Anang, AMI Sharp Awards (2001)
* Best Duo of The Year, "Makin Aku Cinta", Anang dan Krisdayanti, AMI Sharp Awards (2001)
* The Coolest Song, "Makin Aku Cinta", duet dengan Anang, Clear To 10 Awards (2001)
* Most Favorite Female Artist, Penghargaan MTV Indonesia (MTV Indonesia Awards) (2001)
* Best Female Artist, Planet Muzik Awards Singapura (2001)
* Best Song, "Mencintaimu", Planet Muzik Awards Singapura (2001)
* Best Album, "Mencintaimu", Planet Muzik Awards Singapura (2001)
* Most Popular Singer SCTV Awards (2002)
* Best Song of The Year Planet Muzik Awards Singapura, "Makin Aku Cinta", duet dengan Anang (2002)
* Peniti Emas (Golden Pin), Anugerah Citra Kartini Indonesia (2003)
* Most Popular Singer SCTV Awards (2003)
* Best Female Singer, Indonesia's Best Brand Award (2004)
* Album terbaik, Cahaya, Anugerah Musik Indonesia (AMI) (2004)
* Most Popular Singer SCTV Awards (2005)
* MTV - Nokia Icon Awards for Singer (2006)
* Johnny Andrean Award untuk Best Makeup and Most Popular Singer (2006)
* Wanita paling berpengaruh ke-31 di Indonesia (2007)
* Artis Wanita Terbaik, Planet Music Award ke-8, Malaysia (2008)
* Persembahan Vokal Duo/Berkumpulan Terbaik Di Dalam Lagu, Anugerah Industri Muzik ke-17 (Malaysia), Amarah (duet bersama Siti Nurhaliza)
* Lagu Bahasa Melayu Terbaik Yang Dipersembahkan Oleh Artis Luar Negara, Anugerah Industri Muzik ke-17 (Malaysia), Aku Wanita Biasa

Baca Profil Lengkap Krisdayanti ▼



Show More ▼