PERSONAL
Marshanda lahir di Jakarta, 10 Agustus 1989. Dara ayu yang akrab dipanggil Chacha ini melejit saat membintangi sinetron BIDADARI sebagai Lala, bersama Marini Zumarnis sebagai ibu peri. Saat masih berusia 3-4 tahun, bintang berzodiak Leo ini juga pernah tinggal di Semarang, tepatnya di Jalan Pleburan dekat kampus Undip, saat ayahnya masih bekerja sekitar dua tahun di Semarang.

Untuk urusan akademis Chacha bukan siswa yang gemar bolos karena syuting. Pemandu acara Fantasiana di Trans TV ini lulus SLTP dengan nilai UAN 2,3, bahkan pada 2004, Marshanda mendapat penghargaan 'The Most Brilliant Person' pada Asian Award 2004 bertepatan dengan hari Pendidikan Nasional 3 Mei 2004, dan menjadi Duta Lingkungan Hidup pada 2006.

Baru saja merilis singlenya, pada pertengahan Agustus 2009, nama Chacha ramai diberitakan di beberapa media. Kali ini terkait dengan munculnya beberapa video di situs YouTube yang menampilkan dirinya sedang menangis dalam 'drama' yang keseluruhan ada 3 video. Selain itu ada juga video yang menampilkan ia sedang menghujat teman-teman SD-nya. Setelah ramai diberitakan di beberapa media infotainment, beberapa video terkait di YouTube pun dihapus pemiliknya.

Setelah heboh akibat pemberitaan video, akhirnya terungkap jika Chacha menderita penyempitan di belakang lehernya. Guna mempercepat penyembuhannya, maka ia akhirnya diopname di rumah sakit. Bahkan Chacha dilarang melihat infotainment dan menemui wartawan. Perlahan tapi pasti, kondisi Chacha membaik. Ia pun diperbolehkan pulang. Meski belum total kembali ke dunia entertainment, namun ia diizinkan menerima tawaran menyanyi. Ia pun kembali berkuliah seperti biasa.

Bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke 21, Marshanda memutuskan untuk mengenakan jilbab seterusnya. Hal ini diakui Marshanda sebagai berkah yang didapatnya ketika membahas Hadists.

Untuk urusan asmara, gadis bershio ular ini pernah menjalin hubungan dekat dengan Baim Wong saat mereka bersama-sama membintangi sinetron BENCI BILANG CINTA. Setelah berpisah dari Baim, Chacha menjalin kasih dengan VJ MTV, Ben Kasyafani.

Chacha mengakhiri masa lajangnya dengan menikahi Ben Kasyafani, pria yang dipacarinya selama 3 tahun, pada Sabtu, 2 April 2011 pada sekitar pukul 11.25, di Hotel Sofyan Betawi, Menteng, Jakarta Pusat. Seperangkat alat shalat dan uang sebesar Rp24.201.100 diberikan kepada Marshanda dari Ben sebagai mas kawin, di depan penghulu dan para saksi, termasuk Agum Gumelar.

 

Setelah setahun berumah tangga dengan Ben Kasyafani,Marshanda pun akhirnya hamil.


Hotel Sofyan Cikini yang disebutkan jadi salah satu warisan untuk Marshanda dikabarkan telah dijual untuk melunasi hutang kepada PT BNI Syariah sebesar Rp15 miliar dan melakukan renovasi dua hotel lainnya senilai Rp19 miliar. Hotelnya sendiri kabarnya dijual seharga Rp44,47 miliar. Namun Chacha sendiri sepertinya tidak terlalu mengerti, karena ia tidak terlibat langsung dalam pengelolaan hotel ini. Dalam konfirmasinya, Chacha menegaskan pewaris Hotel Sofyan bukan hanya dirinya seorang, melainkan ada 7 orang dan penjualan hotel bukan karena terlilit hutang.

KARIR
Chacha mengawali karirnya di dunia iklan sejak kelas 1 SD secara kebetulan, saat itu Chacha menemani tantenya Chintya Rustam (mantan model iklan sabun Lux) ke biro iklan Citra Lintas. Sampai di sana Chacha diminta casting, dan akhirnya Chacha kecil terpilih untuk membintangi iklan Bank Danamon. Selanjutnya bintang keberuntungan menaungi Chacha, sejumlah iklan dibintanginya iklan baik TV maupun media cetak, di antaranya Filma, Cadbury Eclairs, Supermi Ayam Bawang, Es Mony, Tango Wafer, Chicken Nuggets, Carvil Millenium, dan Susu Bendera.

Sukses dengan BIDADARI I, Chacha kembali membintangi BIDADARI 2.,namun hanya sampai 104 episode. Sementara untuk 98 episode berikutnya posisi Chacha digantikan dengan pemain lain yang mengawali permasalahan antara pihak Marshanda dan Multivision Plus.

Usai BIDADARI, sederet sinetron dibintangi Marshanda, seperti KELUARGAKU MATA HATIKU, KISAH SEDIH DI HARI MINGGU, KISAH KASIH DI SEKOLAH, KISAH KASIH DI SEKOLAH II, ADAM DAN HAWA, MANIS DAN SAYANG, dan dua film layar lebar, yaitu PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS dalam bentuk VCD dan PETUALANGAN 100 JAM bersama Joshua.

Tak hanya piawai akting, anak sulung dari tiga bersaudara pasangan Irwan Yusuf dan Riyanti Sofyan ini juga terlibat dalam beberapa penggarapan album kompilasi, seperti album religi ALLAH YANG KUCINTAI (2002), BEST OF FEMALE IDOL, BROKEN HEART, NOW AND FOREVER, DUA BELAS LAGU ISLAMI TERBAIK, dan juga dua buah album solo BIDADARI dan MARSHANDA (2005).

Bertepatan dengan hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2004, Marshanda dianugrahi penghargaan 'The Most Brilliant Person' pada Asian Award 2004. Penghargaan ini diberikan kepada Marshanda karena selain aktif di dunia seni peran, ia juga dianggap berprestasi di sekolah. Ini terbukti dengan keberhasilannya lulus SLTP dengan nilai yang cukup memuaskan. Nilai UAN (Ujian Akhir Nasional) Marshanda adalah 23. Berarti rata-ratanya delapan kurang sedikit. Selain itu dia juga dinobatkan menjadi Duta Lingkungan Hidup 2006.

Awal tahun 2009, Marshanda yang telah mendapat warisan berupa hotel dari kakeknya ini, kembali mempertontonkan kemampuan aktingnya di layar lebar dalam film KALAU CINTA JANGAN CENGENG. Perannya yang selalu santun, akan sedikit berubah di film arahan Monty Tiwa ini. Kali ini ia berperan sebagai seorang pecandu narkoba.

Demi promo album terbarunya yang bakal rilis pada 2009, Marshanda rela ganti penampilan. Ia rela mengecat pirang rambut hitamnya. Single terbaru Chacha, Bernafas Dengan Cintamu akhirnya dirilis pada 24 Juni 2009. Chacha sendiri mengaku tak main-main dengan profesinya di bidang tarik suara ini.

Akhir September 2009, Chacha mulai kembali buka suara kepada media. Ia menyatakan kesiapannya kembali berakting. Saat ini tengah sibuk syuting sinetron SEJUTA CINTA MARSHANDA. Di sinetron ini, pertama kalinya, Chacha bermain bersama Ben, kekasih yang kini jadi suaminya.

FILMOGRAFI
Sinetron
BIDADARI
BIDADARI 2
KELUARGAKU MATA HATIKU
KISAH SEDIH DI HARI MINGGU
KISAH KASIH DI SEKOLAH
KISAH KASIH DI SEKOLAH 2
ADAM DAN HAWA
MANIS DAN SAYANG
HIKMAH 2
PUTRI YANG TERBUANG
SOLEHA
AQSO DAN MADINA
BENCI BILANG CINTA
MAHA KASIH
MAHA CINTA
HINGGA AKHIR WAKTU
ANAK CUCU ADAM
SEJUTA CINTA MARSHANDA
DARI SUJUD KE SUJUD


Film
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS (Video pembelajaran)
PETUALANGAN 100 JAM (2005)
KALAU CINTA JANGAN CENGENG (2009)


DISKOGRAFI
Album kompilasi
ALLAH YANG KUCINTAI.
BEST OF FEMALE IDOL
BROKEN HEART
BROKEN HEART VOL. 002
NOW AND FOREVER
DUA BELAS LAGU ISLAMI TERBAIK


Album solo
BIDADARI
MARSHANDA

Baca Profil Lengkap Marshanda ▼



Show More ▼