Personal
Vanya Zulkarnaen atau lebih dikenal dengan nama Nia Zulkarnaen lahir di Jakarta, 19 Juni 1970. Ia adalah salah satu artis film yang mengawali karirnya dari dunia model.

Nia adalah anak dari pasangan aktor dan aktris senior Dicky Zulkarnaen dan Mieke Wijaya. Ia juga istri dari aktor dan musisi, Ari Sihasale, setelah sebelumnya bercerai dari suami pertamanya Ahmad Iskandar Zulkarnaen, seorang pembalap nasional yang meninggal pada Mei 2002 akibat kecelakaan mobil di sirkuit Bumi Serpong Damai (BSD), Serpong, Tangerang.

Pernikahan Nia dan Ale (panggilan Ari Sihasale) sempay diwarnai kontroversi karena agama yang berbeda (Nia beragama Islam dan Ale beragama Kristen). Beberapa kabar sempat menyebutkan bahwa Nia pindah agama mengikuti sang suami. Kabar ini banyak mengecewakan, karena Nia dikenal sebagai muslim yang taat, termasuk hubungannya dengan sang ibu yang adalah anggota partai berbasis Islam.

Namun, Nia menengahi hal ini dan menyatakan bahwa dirinya telah menikah di Perth, Australia. Kehadirannya dalam sebuah upacara di gereja semata-mata ditujukan untuk menghormati sang suami, bukan untuk berpindah keyakinan.


Karir
Nia adalah seorang aktris yang telah membintangi banyak film dan sinetron. kiprahnya di dunia akting sudah tidap perlu diragukan lagi. Film pertama yang dibintanginya adalah JERITAN SI BUYUNG pada tahun 1977 yang sepertinya juga telah menjadi pengantar bagi Nia untuk berkecimpung di dunia akting.

Saat ini mereka mendirikan rumah studio, Alenia Pictures yang produksi film awalnya sebuah film layar lebar, Denias, Senandung di Atas Awan. Film ini kemudian menjadi film terbaik FFI 2006 dan menempatkan pelaku utamanya Albert Fakdawer sebagai aktor terbaik FFI 2006.

Selain aktif di dunia akting, karir Nia di dunia entertainment juga merambah sebagai bintang iklan dan presenter. Dia pertama kali muncul sebagai bintang iklan sekitar tahun 1986 dalam iklan sabun GIV. Setelah itu berturut-turut wajahnya laris dalam berbagai iklan lain.

Kiprah di dunia akting sepertinya belum cukup memuaskan Nia. istri Ali Sihasale ini juga tercatat sempat memproduksi beberapa album. Album pertamanya berjudul BENANG-BENANG CINTA. Setelah menyusul pula album lain seperti Kepastian, Jangan Pisahkan Aku, Kuingin Bersamamu, Kanda Disini dan Hanya Padamu.


Filmografi
* JERITAN SI BUYUNG (1977)
* CEMBURU NIH.. YEE... (1986)
* SAMA JUGA BOHONG (1986)
* JODOH BOLEH DIATUR (1988)
* LAGU UNTUK SERUNI (1991)
* BUKAN MAIN
* MERPATI TAK PERNAH INGKAR JANJI
* DARNA AJAIB
* AKU BENCI KAMU
* KRISTAL KRISTAL CINTA
* ISABELLA
* PINTAR-PINTARAN
* DENIAS, SENANDUNG DIATAS AWAN (2006)


Sinetron
* BUNGA-BUNGA KEHIDUPAN (1993)
* NIKITA (1995)
* CINTA RASA TORA BIKA (1999)
* ROMANSA 21 (2003)
* BAYANGAN ADINDA (2003)
* PURA-PURA BUTA (2005)


Iklan
* GIV (1986)
* LUX Beauty Shower (1992)
* Emeron (1991)
* Nivea (1991)
* Tora Bika (2000)
* So Klin Power (2000)
* Mama Lemon (2000)
* Ekonomi (2001)

Album
* BENANG BENANG CINTA
* KEPASTIAN
* JANGAN PISAHKAN AKU
* KUINGIN BERSAMAMU
* KANDA DISINI
* HANYA PADAMU


Presenter
* Trend Musik (RCTI-SCTV, 1991)
* Konser HUT Ke-6 TV3 Malaysia

Baca Profil Lengkap Nia Zulkarnaen ▼



Show More ▼