PERSONAL
Sandrina Malakiano merupakan nama populer dari Alessandra Shinta Malakiano, seorang jurnalis, presenter berita, dan dosen. Sandrina lahir di Bangkok, Thailand, 24 November 1971.

Putri bungsu pasangan Rinaldo Edgardo Malakiano (alm) dan RA Didiet Soetarti Soerjotjokro ini sejak kecil telah akrab dengan dunia broadcast. Sejak duduk di bangku SD, ia sudah terlibat aktif mengisi berbagai acara, seperti menyanyi dan menari di TVRI Denpasar. Kegiatan ini berlanjut sampai ia menuntut ilmu teknik sipil di Universitas Udayana, Denpasar.

Sandrina besar di keluarga yang sangat menghargai keberagaman agama. Ayahnya merupakan keturunan Turki namun telah lama menjadi warga negara Italia dan beragama Kristen. Sedangkan ibunya merupakan keturunan Jawa beragama Islam, yang kuat dengan budaya kejawen. Setelah melalui perjalanan panjang mencari agama, akhirnya Sandrina memeluk agama Islam pada tahun 2000.

Sandrina menikah dengan announcer dan public relations radio Mustang FM, Rico Ceper yang bernama asli M. Rinko Safinka, SE pada 28 Oktober 2001. Pernikahan ini tak bertahan lama. Pada tanggal 10 Februari 2004 mereka resmi bercerai. Pernikahan ini dikaruniai seorang anak, Keysha Alea Malakiano Safinka.

Jauh sebelum dengan Rico, ketika masih menetap di Bali dan belum menjadi figur publik, Sandrina pernah menikah dengan seorang lelaki yang juga tinggal di sana. Pernikahan mereka pun kandas.

Sandrina menikah lagi dengan Eep Saefulloh Fatah yang kondang sebagai komentator politik dari Universitas Indonesia (UI). Mereka menikah pada 6 Mei 2005 di Mekkah, Saudi Arabia. Pernikahan ini hanya berselang dua hari setelah Pengadilan Agama Depok memutus perceraian Eep dengan istri sebelumnya, Sarah Santi yang akrab dipanggil Eci.

KARIR
Setelah empat tahun digodok di stasiun televisi plat merah, ia pun merambah stasiun televisi swasta. Sempat menjadi presenter program olahraga di Anteve, sebelum akhirnya ia balik ke TVRI, kali ini di stasiun pusat Jakarta, membawakan English News dan program olahraga. Sejak tahun 2000 sampai 2006, ia menjadi presenter berita di Metro TV.

Sejak mundur secara resmi dari Metro TV pada Mei 2006, Sandrina sekarang bekerja secara independen sebagai jurnalis, presenter TV, MC, moderator, pengajar dan pembicara. Konon pengunduran dirinya tersebut berkaitan dengan penampilannya saat ini yang memakai jilbab.

Bertahun-tahun di dunia jurnalistik dan broadcast, Sandrina berhasil menorehkan berbagai prestasi serta penghargaan. Penghargaan yang diperolehnya antara lain runner-up presenter berita terbaik dalam ajang penghargaan Asian Television Awards di Singapura pada tahun 2002. Sandrina juga dipilih dalam kategori Highly Commended Best News Presenter or Anchor pada tahun 2001 dan 2003, dan juga Highly Commended, Best Current Affairs Presenter 2005 dalam ajang Asian Television Awards.

Sinetron
TIRANI KEHIDUPAN 1-3 (Indosiar, 2001-2003)

Presenter
Metro Hari Ini (Metro TV, 2000-2004)

Show More ▼



Show More ▼