PERSONAL
Tantowi Yahya kelahiran Palembang, Sumatera Selatan, 29 Oktober 1960. Kakak kandung presenter Helmi Yahya ini dikenal sebagai seorang presenter televisi dan juga icon musik country Indonesia.

Sebelum terjun di dunia hiburan, pada tahun 1982 Tantowi sempat menjadi resepsionis Hotel Borobudur. Kemudian ia pindah ke Hotel Hilton pada 2 tahun setelahnya. Pada 1987, ia pindah ke perusahaan pita kaset BASF. Hanya dalam tempo 2 tahun, ia sudah menduduki jabatan sebagai Manager Promotion.

Putra pasangan H.M. Yahya Matusin dan Hj. Komariah Yahya ini sedari kecil dikenal pekerja keras. Sambil mempraktekkan kemampuan berbahasa Inggris, ia juga mengajar di tempat kursus, kala itu ia masih duduk di bangku SMU.

Tantowi menikah dengan Dewi Handayari dan baru dikaruniai seorang anak setelah usia pernikahan mereka mengunjak 11 tahun. Anak laki-laki yang diberi nama Muhammad Adjani Prasanna Yahya ini lahir pada tanggal 11 April 2001. Dia merupakan anggota dari Skuad Milan Junior Camp Indonesia yang menjuarai Turnamen Milan Day Challenge di Italia

KARIR
Program telivisi yang pertama dibawakannya adalah kuis Gita Remaja, yang ditayangkan di TVRI pada 1989. Ia terkenal sebagai pembawa acara kuis Who Wants To be a Millionaire yang ditayangkan di RCTI dari 1999 hingga 2006.

Selain itu ia juga dikenal sebagai penyanyi country Indonesia. Dia pernah menerima penghargaan sebagai penyanyi country & Balada Terbaik versi AMI-Sharp Awards 2001. Kini Tamtowi memandu acara musik country di MetroTV dan memimpim komunitas pecinta musik country seluruh Indonesia, ICMC.

Dalam bidang presenter acara kuis Tantowi sudah sangat berpengalaman. Maka tak heran jika dalam ajang Panasonic Awards ke-12 yang digelar pada 27 Maret 2009, ia berhasil menjadi Presenter Kuis/Game Show Favorit pilihan pemirsa.

Saat Pemilu 2009, pada tanggal 9 April 2009 Tantowi maju sebagai calon legislatif dari partai Golkar daerah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatra Selatan (Sumsel). Dalam perhitungan sementara, Tantowi berada di urutan teratas. Tantowi pun berhasil menjadi salah satu artis yang akhirnya melenggang ke Senayan sebagai wakil rakyat.

Baca Profil Lengkap Tantowi Yahya ▼



Show More ▼