PERSONAL


Band yang bergerak di jalur indie ini resmi dibentuk pada tahun 2003 walaupun sebelumnya band ini telah lahir pada tahun 2001 di Jakarta dengan nama The Motives. The Brandals digawangi oleh 5 pemuda cerdas nan berandal. Mereka adalah Rully Anash (drummer), Mochammad Bayu Indrasoewarman (gitaris), Tonny Dwi Setiaji (rhythm gitar), Dodi Widyono (bassist), dan yang terakhir adalah Eka Anash yang didaulat menjadi vokalis. Eka Anash adalah saudara kandung dari personel lainnya yaitu Rully Anash.
Musik The Brandals kebanyakan merupakan pengaruh dari band - band old skull seperti The Rolling Stones, The Clash, The Who, bahkan seorang Jimi Hendrix pun juga mempengaruhi proses bermusik mereka.


KARIR

 

The Brandals memulai karir bermusiknya dengan menyandang nama The Motives. Saat itu band yang masih memasang Edo sebagai vokalis ini setia membawakan lagu - lagu klasik dari band semacanm The Who, The Rolling Stones, dan bahkan Sex Pistols. Namun, pada tahun 2003, sang vokalis ini pun pamit mundur. Posisinya kemudian digantikan oleh Eka Annash.


Kehadiran Eka Annash membawa roh baru dalam tubuh The Brandals. Hingga akhirnya pada tahun yang sama, kelima pemuda ini berani mengeluarkan album pertama mereka yang bertajuk THE BRANDALS. Tak disangka, album yang dirilis di bawah Sirkus Record ini berhasil terjual sebanyak 7500 kopi. Sebuah pencapaian yang luar biasa bagi sekelas band indie yang baru berdiri 2 tahun.


Dua tahun kemudian, di tengah kesibukan tour dan manggung yang menghampiri, The Brandals kembali mengeluarkan album kedua yang bertajuk AUDIO IMPERIALIST pada bulan Agustus 2005. Di album kedua ini, The Brandals mulai sedikit menghilangkan jiwa idealis mereka sebab dalam proses produksinya, album ini setengah dipegang oleh indie label yaitu Flystation Record dan setengahnya lagi dibawah pengawasan Warner Musik Indonesia.


Selang 2 tahun kemudian, The Brandals kembali meluncurkan album ketiga yaitu BRANDALISME pada bulan November 2007. Setelah peluncuran album ketiga, performa band ini mulai meredup. Kesibukan masing - masing para personelnya menjadi alasan utama.


Namun sekitar tahun 2010, The Brandals kembali membuat berita baru. The Brandals bermetamorfosis menjadi BRNDLS dan sebuah single berjudul Start Bleeding menjadi penanda kembalinya mereka dalam peta musik Indonesia. Single ini sekaligus menjadi ajang pemanasan atas dirilisnya album keempat mereka yaitu DGNR8.


DISKOGRAFI
THE BRANDALS (2003)
AUDIO IMPERIALIST (2005)
BRANDALISME (2007)
DGNR8 (2010)

Baca Profil Lengkap The Brandals ▼



Show More ▼