Tora Sudiro memiliki nama lengkap Taura Danang Sudiro, lahir di Jakarta, 10 Mei 1973. Tora dikenal sebagai aktor layar lebar, bintang iklan dan juga bintang komedian.

Tora yang memiliki banyak tatto di tubuhnya ini, pernah meraih Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2004 sebagai aktor Pemeran Utama Terbaik, lewat film ARISAN!. Dalam film yang dibintanginya bersama Surya Saputra, Cut Mini, Aida Nurmala dan Rachel Maryam, Tora berperan sebagai pria gay di mana dirinya harus beradegan ciuman dengan pria lawan mainnya. Selain itu Tora pada 2005 dan 2006, juga berhasil memenangi Piala Panasonic Award sebagai aktor terfavorit.

Dalam perjalanan karirnya, Tora sebelumnya adalah seorang karyawan asuransi, sound engineer dan periklanan. Debut filmnya lewat film TRAGEDI, arahan Rudi Soedjarwo, namun dirinya mulai dikenal publik saat membintangi film ARISAN!.

Lewat film tersebut, suami dari Anggraini Kadiman dan ayah dari Azzahra Nabila ini melejit dan mulai mendapat banyak tawaran main sinetron dan film, di antaranya, DUNIA D, JANJI JONI (2005), BANYU BIRU (2005), EKSPEDISI MADEWA (2006), D'BIJIS (2007), NAGA BONAR (JADI) 2 (2007) dan sinetron DUNIA TANPA KOMA (2006), MALAM PERTAMA, BUNDA. Termasuk juga penampilan rutinnya sebagai komedian dalam Extravaganza dan pembawa acara program televisi.

Pernikahan Tora dengan Anggraini Kadiman atau biasa disapa Anggi ini mulai dilanda prahara. Puncaknya, Anggi menggugat cerai Tora. Pada 7 Januari 2009, Tora dan Anggi resmi bercerai, dengan hak asuh jatuh di tangan Anggi.

Tora yang terkenal dengan peran-peran komedinya, semakin memantapkan karirnya di layar lebar. Hampir seluruh filmnya masih bernuansa komedi, seperti QUICKIE EXPRESS (2007), OTOMATIS ROMANTIS (2008), NAMAKU DICK (2008), TRI MAS GETIR (2008), CINLOK (2008), WAKIL RAKYAT (2009), BENCI DISKO (2009), KRAZY CRAZY KREZY (2009) dan PREMAN IN LOVE (2009). Mungkin hanya perannya di LASKAR PELANGI (2008) yang mengharuskan ia menjadi serius.

Tak hanya berakting, Tora yang dikabarkan tengah dekat dengan Mieke Amalia ini mulai merambah dunia presenter. Bersama Vincent Club Eighties, ia membawakan acara MAKIN MALAM MAKIN MANTAP (4M) di salah satu teve swasta.

Tora resmi melepas status dudanya pada Sabtu, 19 Desember 2009, dengan menikahi Mieke. Pernikahan yang terkesan tertutup dari media ini, pertama kali diketahui dari akun Twitter keduanya.

Baca Profil Lengkap Tora Sudiro ▼



Show More ▼