LIFESTYLE

ASUS G74S, Taking Gaming Very Seriously

ASUS G74S, Taking Gaming Very Seriously
ASUS G74S
Sabtu, 31 Maret 2012 18:13

KapanLagi.com - Gadget+

Gadget+Gadget+

Harga: Rp. 19.700.000,-

Persepsi mengenai laptop 'gaming' merupakan hal yang sangat unik. Di satu sisi, semua laptop bisa digunakan untuk bermain game misalnya pada Facebook, maka penyebutan istilah laptop 'gaming' tidaklah relevan, tapi di sisi lain, tidak semua laptop didesain untuk digunakan bermain 'game', apalagi game yang dimaksud merupakan aplikasi yang membutuhkan resource/ daya proses grafis serta komputasi yang tinggi seperti Crysis atau Need For Speed terbaru. Intinya, apabila sebuah laptop masuk ke kategori 'gaming', menurut kami, spesifikasinya pun harus maksimal alias tidak setengah-setengah.

Bisakah Anda menyebut sebuah laptop dengan prosesor Core i7 terbaru sebagai laptop 'gaming'? Tentu saja bisa, asalkan chip grafisnya bukan Intel on-board Extreme Graphics.

Desain dan Spesifikasi
Dari segi desain, laptop gaming ini tidak mencolok, bahkan terlihat seperti laptop biasa yang agak bongsor. Bentuk yang katanya terinspirasi dari pesawat tempur Stealth bomber, terbalut warna hitam matte serta di bagian belakangnya terlihat grille exhaust yang diberi logo ASUS Republic of Gamers (R.o.G). Ketika dibuka, terlihat layar LED Backlight berukuran 17 inci, keyboard chiclet, serta trackpad yang sangat enak disentuh. Apabila teman Anda menanyakan spesifikasi laptop ini, baru mereka akan terkejut dengan isinya.

ASUS mempersenjatai laptop ini dengan prosesor guad-core Intel Core i7 generasi kedua, yang berlari pada kecepatan 2.0GHz (2.9GHz Turbo). Dalam laptop ini sudah dijejalkan 16GB RAM DDR3. Ya, Anda tidak salah baca RAM laptop ini berkapasitas paling besar dari seluruh laptop yang pernah kami uji. Selain prosesor dan RAM, ternyata VGA-nya tidak kalah gahar, yaitu GTX 560M. VRAM sebesar 3GB cukup untuk melahap seluruh data tekstur dan poligon dalam game. Untuk kepuasan visual, ASUS membuat layar 17 inci LED Backlight yang menggunakan resolusi full HD 1080p ini kompatibel dengan 3D Vision dari Nvidia. Dan tidak cuma 1, tapi ada 2 Blu-ray drive dalam laptop ini sehingga Anda bisa langsung menonton konten Blu-ray dan game 3-dimensi seperti di bioskop. Kacamata khusus 3D juga disertakan dalam paketnya.

ASUS G74SASUS G74S

Pada pengujian menggunakan game Elder Scrolls V: Skyrim dan game balapan Dirt 3, kedua game dijalankan dengan sangat mulus pada setting Ultra tanpa masalah. Kami menguji game 3D menggunakan Batman: Arkham Asylum, dan menemukan beberapa hal yang menarik. Walau modus 3D stereoscopic menggunakan kacamata yang disertakan berjalan dengan baik dan kencang di full HD, tapi kondisi pencahayaan sangat berpengaruh untuk kenyamanan bermain. Pada ruangan kantor tempat kami menguji, lampu neon di ruangan menyebabkan gambar bergetar dan sangat tidak nyaman sehingga kami harus mematikan dulu sumber cahaya tersebut untuk bisa menikmati permainan. Apabila lampu yang digunakan adalah lampu bohlam, efek 3D tidak terganggu oleh getaran, tapi ada tint atau semu warna di layar yang sedikit mengganggu, Di luar ruangan, efek 3D sedikit kabur karena overbright dari sinar matahari mempengaruhi layar.

Kesimpulannya, laptop ini sangat melebihi spesifikasi untuk semua game yang ada saat ini. Karena rata-rata game tidak didesain menggunakan trackpad, agak aneh kenapa Asus tidak sekaligus memberi mouse gaming sebagai bonusnya. Dan bila bermain dalam mode 3D Vision dari Nvidia, usahakan meminimalkan pencahayaan ruangan dan kurangi durasi bermain game untuk mencegah adanya ketidaknyamanan pada mata.(Gadget+/roc)

SPECIFICATION:

CPU: Intel Core i7 2630QM 2.0Ghz | CHIPSET: HM65 express | RAM: 16GB DDR3 | VGA: Nvidia GeForce GTX 560M 3GB | HDD: 500GB (system) + 750GB SATA III | SCREEN: 17.3" LED backlight, 1920x1080-pixels, 120Hz (3D support) | PORTS: USB 3,0, USB 2.0, HDMI 1.4 (3D TV play) | OS: Windows 7 Ultimate 64-bit SP1 Nvidia 3D Vision glasses

Verdict

PlusPlus
:
  • Dual Blu-ray drive
  • Derforma grafis dan CPU tinggi
  • Tidak terlalu panas
MinusMinus
:
  • 3D membutuhkan ruangan yang minim cahaya
  • Minim bonus selain kacamata
  • Baterai boros pada mode gaming
ASUS G74SASUS G74S

Sebuah laptop gaming sejati, itulah yang kami simpulkan setelah mengadakan pengujian terhadap laptop Asus G74S. Performa mengesankan yang didukung oleh spesifikasi yang tinggi memang menjadi faktor utama yang menjadikannya unggul dalam perkara bermain game. Selain itu, fitur dual Blu-ray drive serta dukungan untuk tampilan 3D merupakan sebuah nilai tambah tersendiri.

Source: Gadget+, Februari 2012, halaman 52




Komentar