LIFESTYLE

Panasonic Lumix DMC-LX3, Handal Bak Kamera DSLR

Senin, 17 November 2008 22:13






KapanLagi.com - Dari sekian banyak produk kamera digital yang beredar, tak banyak yang menawarkan harga yang terjangkau namun sekaligus memberikan performa, fitur dan kenyamanan penggunaan. Satu yang cukup menarik mungkin adalah kamera compact keluaran Panasonic ini. Meski bentuknya standar, namun Panasonic Lumix DMC-LX3 ini memberikan kualitas yang sangat tinggi.

Panasonic Lumix DMC-LX3 dibuat untuk konsumsi mereka yang sedang menekuni fotografi atau bagi mereka yang ingin berbuat banyak tanpa harus kesulitan membawa kamera DSLR yang relatif berukuran lebih besar. Karena ditargetkan untuk pasar semi profesional, maka kamera ini juga memberikan kemampuan yang lebih bila dibanding dengan kebanyakan kamera saku, misalnya saja kemampuan untuk menyimpan hasil bidikan dalam format RAW.

Tampilan depan kamera ini sebenarnya cukup standar. Di bagian kiri ada grip yang berfungsi untuk memberikan pegangan agar kamera ini tak gampang tergelincir saat dioperasikan. Meski tak seekstrim ukuran grip kamera DSLR, namun tonjolan kecil ini sudah mampu memberikan pegangan yang mantap. Ini didukung dengan thumb grip di bagian belakang yang berbentuk tekstur kasar tepat di ujung kanan atas dari bagian belakang ini.

Di bagian belakang kamera ini ada layar LCD seluas 3 inci dengan tampilan warna yang cemerlang dan tajam. Di bagian kanan layar ini ada sederet tombol kendali yang ditata rapi sehingga tetap mudah dioperasikan meski ruang yang tersedia untuk kumpulan tombol ini cukup sempit. Pengoperasian pun jadi mudah lantaran masing-masing tombol ini dilengkapi dengan icon atau label yang jelas dan mudah dimengerti.

Dari sisi performa, kamera ini juga sangat memuaskan. Waktu start-up yang diperlukan kamera ini hanya sekitar dua detik saja. Fitur autofocus-nya juga cukup mengagumkan baik dari kemampuannya bekerja pada kondisi cahaya redup maupun kecepatan kerjanya. Bahkan lampu flash-nya pun bekerja cukup mengagumkan. Saat digunakan untuk pada kondisi cahaya yang cukup terang, lampu flash ini tak membuat bagian yang terkena cahaya jadi overburn.

Secara keseluruhan baik desain maupun performa kamera ini memang sangat memuaskan. Bahkan lensa Leica yang digunakan juga tak menunjukkan adanya gejala distorsi maupun penyimpangan warna. Layak jika Trusted Reviews memberikan nilai sempurna, 10 untuk produk yang dijual dengan harga 300 Poundsterling atau sekitar Rp 5.400.000 ini.

Spesifikasi:

Sensor:1/1.63" CCD 10.1 Mega pixels
Lensa:Leica DC Vario-Summicron 8 elements in 6 groups
Zoom:2.5x optical, 4x digital
Viewfinder:N/A
LCD Monitor:3.0", 3:2 Polycrystalline TFT LCD Display
Maximum Aperture:Wide: F2.0 - F8.0 Tele: F2.8 - F8
Shutter Speed:60 - 1/2000th
White Balance:Auto/ Daylight/ Cloudy/ Shade/ Flash/ Halogen/ Color Temperature/ White Set 1/ White Set 2
Flash:Built-in dengan red-eye reduction
Shooting Modes:Portrait, Soft Skin, Self-Portrait, Scenery, Sports, Night Portrait, Night Scenery, Food, Party, Candle Light, Baby1, Baby2, Pet, Sunset, High sensitivity, Starry Sky, Fireworks, Beach, Snow, Aerial photo, Hi-Speed Burst, Flash-Burst, Film Grain, Pin Hole
Efek Foto:Standard, Dynamic, Natural, Smooth, Vibrant, Nostalgic, WB/Standard, WB/Dynamic, WB/Smooth, My Film1, MyFilm2, Multi Film
Media Penyimpanan:50MB/ SD Memory Card, SDHC Memory Card, MultiMediaCard slot
Format File:JPEG, RAW, DPOF, QuickTime
Interfaces:DC Input, AV Output (NTSC/PAL), HD AV Output (Component), USB2.0 High speed
Dimensi:108.7 x 59.5 x 27.1 mm
Situs Resmi: www.panasonic.co.uk
(trv/roc)

Lihat Galeri Foto:

Panasonic Lumix DMC-LX3Panasonic Lumix DMC-LX3
Panasonic Lumix DMC-LX3Panasonic Lumix DMC-LX3
Panasonic Lumix DMC-LX3Panasonic Lumix DMC-LX3

Lihat produk lain sejenis:

Nikon CoolPix S560Nikon CoolPix S560
Sony Cyber-shot DSC-H50Sony Cyber-shot DSC-H50
Pentax Optio W60Pentax Optio W60