LIFESTYLE

Sekilas Kamera DSLR: Canon EOS 500D

Selasa, 02 Juni 2009 10:13






KapanLagi.com - Canon EOS 500D ini memang bukan kamera DSLR kelas entry level tapi buat mereka yang ingin beralih dari kamera compact mungkin ini adalah pilihan yang tepat. Selain menjanjikan kualitas gambar yang bagus, kamera ini juga memungkinkan merekam video sekaligus masih menyediakan pengaturan otomatis yang tak merepotkan pengguna.

Dalam bodi yang ringkas ini tertanam sensor 15 megapixel dengan pemroses gambar DIGIC 4 lengkap dengan fasilitas Live View. Sebagai bonus, Anda masih mendapatkan lampu flash meski hot shoe untuk lampu flash eksternal juga disediakan. Paling tidak bila kebetulan kondisi cahaya redup dan tak ada lampu flash Anda masih bisa menggunakan fitur flash yang disediakan.

Soal kualitas hasil bidikan, Canon EOS 500D ini sama sekali tak mengecewakan. Gambar terlihat jernih dengan reproduksi warna yang terlihat alami. Tak ada gejala penyimpangan warna atau noise bahkan pada saat kondisi pencahayaan mulai meredup sekalipun. Setidaknya sampai ISO 3200 gambar masih terlihat bersih kecuali jika Anda melihatnya dalam ukuran maksimal dan benar-benar memperhatikan secara detail.

Dalam mode video, Canon EOS 500D ini juga tak mengecewakan. Rekaman terlihat jernih dan tajam sementara gerakan objek dalam video juga terlihat mulus. Yang jadi masalah justru adalah microphone-nya. Mic yang terpasang cukup peka dan mampu menangkap suara dengan baik namun kendalanya adalah suara mekanik saat melakukan zoom juga ikut tertangkap. Parahnya lagi Canon tak menyediakan jack buat mic eksternal pada kamera ini.

Fitur Live View-nya cukup bagus meski pada kasus autofocus agak sedikit lambat. Kekurangan lain mungkin adalah tidak disediakannya mekanisme yang membuat layar LCD ini bisa digerakkan ke berbagai arah sehingga tak ada kemungkinan untuk mengambil gambar dari sudut-sudut 'kreatif' atau malah untuk mengambil foto diri sendiri misalnya. Untung kualitas LCD yang terpasang sangat bagus sehingga untuk melihat apakah objek sudah fokus tak terlalu sulit.

Buat Anda yang tak punya pengalaman menggunakan kamera DSLR, Canon EOS 500D ini masih menyediakan fasilitas full auto mode yang memungkinkan kamera ini mengatur sendiri setting yang tepat untuk kondisi tertentu. Layak jika Good Gear Guide berani memberikan empat bintang buat kamera yang dijual dengan harga US$900 atau sekitar Rp9 jutaan ini.
(ggg/roc)

SPESIFIKASI:
Sensor:22.3 x 14.9mm CMOS (15.1 megapixel)
Lensa:EF/EF-S Lens Mount
Zoom:-
Viewfinder:Optical
LCD Monitor:3.0 in TFT, approx. 920K dots
Maximum Aperture:-
Shutter Speed:30-1/4000 sec
White Balance:Custom, Auto, Cloudy, Daylight, Flash, Fluorescent, Shade, Tungsten
Flash:Built in + hot shoe
Shooting Modes:Auto, Portrait, Landscape, Close-up, Sports, Night Portrait, No Flash, Movie, Program AE , Shutter priority AE, Aperture priority AE, Manual, A-DEP
Photo Effects:-
Storage Media:SD card, SDHC card
File Format:RAW, JPEG
Interfaces:HDMI Output, USB 2.0
Dimensi:128.8 x 97.5 x 61.9 mm
Situs Resmi:www.canon.co.uk

Lihat Galeri Foto:
Canon EOS 500DCanon EOS 500D
Canon EOS 500DCanon EOS 500D
Canon EOS 500DCanon EOS 500D

Lihat produk lain sejenis:

Nikon D90Nikon D90
Canon EOS 50DCanon EOS 50D
Olympus EVOLT E-520Olympus EVOLT E-520