LIFESTYLE

Sekilas Smartphone: Nokia N8

Kamis, 29 April 2010 10:13






KapanLagi.com - April ini Nokia kembali menawarkan satu produk smartphone yang cukup menarik. Dilepas dengan nama Nokia N8, smartphone dengan sistem operasi Symbian ini dijagokan menjadi ponsel cerdas andalan mereka yang membutuhkan pengalaman multimedia sekaligus ingin selalu terhubung lewat situs jejaring sosial seperti Facebook. Dari beberapa fitur yang disajikan plus data spesifikasi yang beredar, sepertinya Nokia N8 ini memang layak ditunggu kehadirannya.

Salah satu fitur yang diandalkan Nokia kali ini adalah kameranya yang berukuran 12 megapixel. Konon, kamera dengan lensa Carl Zeiss dan lampu flash Xenon ini adalah yang kamera terbesar yang terpasang pada ponsel sampai saat ini. Bukan hanya itu, ukuran sensor yang dipasang pun kabarnya lebih besar dari para pesaingnya, yang artinya kualitas bidikan kamera integrated ini cukup menjanjikan. Selain mampu membidik gambar diam, kamera yang terpasang pada N8 ini juga mampu mereka video dalam kualitas HD. Setelah merekam, Anda bisa menyunting hasilnya langsung dari smartphone ini dan hasilnya bisa Anda tonton lewat layar televisi karena N8 ini juga sudah mampu terhubung lewat konektor HDMI.

Dari sisi hardware, Nokia menjanjikan kemampuan yang andal karena N8 ini kabarnya menggunakan prosesor ARM 11 680 MHz lengkap dengan 3D Graphics HW accelerator yang artinya pengalaman gaming pun akan ikut terdongkrak. Selain itu, dukungan RAM sebesar 256MB dengan ROM sebesar 512MB rasanya juga sudah lebih dari sekedar cukup. Untuk kapasitas simpan, Nokia menyediakan ruang sebesar 16GB yang bisa ditingkatkan lagi dengan menggunakan kartu memori microSD sampai 32GB.

Untuk konektivitas, Nokia N8 ini juga tak bisa diremehkan. Selain USB dan Bluetooth, N8 ini juga sudah dilengkapi dengan kemampuan mengakses jaringan lewat Wi-Fi 802.11 b/g/n. Bekerja di jaringan GSM 850/900/1800/1900 ponsel cerdas ini juga menawarkan kemampuan terkoneksi jaringan HSDPA 10.2 Mbps dan HSUPA 2.0 Mbps. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tak bisa terhubung dengan internet kan?

Dalam press release-nya juga disebutkan kalau Nokia N8 ini menawarkan fitur Web TV dari berbagai saluran termasuk CNN, E! Entertainment, Paramount dan National Geographic sementara konten TV lokal bisa didapatkan dari Ovi Store. Bosan dengan acara televisi dan ingin menjelajah alam? Jangan khawatir! Nokia N8 ini juga punya fitur GPS dan A-GPS dan Anda bisa mengakses peta dari 70 lebih negara lewat Ovi Maps.

Fitur lain yang juga tak kalah menariknya adalah penggunaan sistem operasi Symbian^3 yang kabarnya telah mendapat banyak perbaikan dari versi sebelumnya. Kini dengan ponsel Symbian Anda bisa melakukan berbagai trik seperti multi-touch, flick scrolling, dan pinch zoom termasuk dukungan lebih dari satu home screen. Kabarnya, Symbian juga telah mengalami modifikasi sehingga kinerjanya jauh lebih baik dari generasi sebelumnya. Dipadu dengan hardware Nokia N8 yang sudah mumpuni, jelas kinerja smartphone ini tak akan mengecewakan.

Selain fitur-fitur buat end user di atas, Nokia kali ini juga menyediakan fitur menarik buat pengembang software. Dilengkapi dengan Qt atau lingkungan pengembangan peranti lunak, proses pembuatan aplikasi jadi lebih sederhana dan memungkinkan aplikasi tersebut digunakan pada platform lain tanpa kesulitan yang berarti. Dengan semua keunggulan yang ditawarkan ini, Nokia kabarnya hanya memasang label harga sebesar 370 Euro atau kurang lebih setara dengan Rp4,4 jutaan.(kpl/roc)

SPESIFIKASI
Network:GSM/EDGE 850/900/1800/1900, WCDMA 850/900/1700/1900/2100
Data:GPRS/EDGE class B, HSDPA Cat9, HSUPA Cat5
Operating System:Symbian^3
Screen:3.5" 16.7 million colours capacitive touch screen
Camera:12 megapixel, Xenon flash, Face recognition, Autofocus
Multimedia:MP3, WMA, AAC, eAAC, eAAC+, AMR-NB, AMR-WB, H.264, MPEG-4, VC-1, Sorenson Spark VGA 15fps, Real video 10 QVGA 30fps
Memory:16 GB + MicroSD slot
Connectivity:USB 2.0, Bluetooth 2.1 with EDR, WLAN IEEE802.11 b/g/n
Dimension:113.5 x 59 x 12.9 mm
Other Features:Proximity sensor, Accelerometer, 3.5 mm audio jack, Stereo FM radio, FM transmitter, A-GPS, GPS, HDMI, Digital compass
Release Date:2010, 3Q
Official Site:europe.nokia.com

Lihat Galeri Foto:

Nokia N8Nokia N8
Nokia N8Nokia N8
Nokia N8Nokia N8

Lihat produk lain sejenis:

Motorola DevourMotorola Devour
HTC LegendHTC Legend
HTC Touch2HTC Touch2
Motorola Devour
HTC Legend
HTC Touch2