Bandara Tunggul Wulung Cilacap Siap Layani Pemudik


Bandara Tunggul Wulung Cilacap Siap Layani Pemudik
Sumber: id.wikipedia.com

Rabu, 27 Juli 2011 09:18 | Tag: Ramadhan 2011
Kapanlagi.com - Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap, Jawa Tengah, siap melayani pemudik Lebaran 2011 dari Jakarta tujuan Cilacap dan sekitarnya yang menggunakan jasa penerbangan.

"Kami siap melayani pemudik meskipun tidak ada program khusus menjelang Lebaran," kata Kepala Bandara Tunggul Wulung Cilacap, Banggas Silitonga, di Cilacap, Rabu.

Ia mengatakan, saat ini penerbangan Cilacap-Jakarta Halim Perdanakusuma dan sebaliknya dilakukan setiap hari yang dilayani maskapai Susi Air dengan pesawat tipe "Grand Caravan" yang berkapasitas 12 orang.

Bahkan, katanya, khusus Rabu hingga Jumat terdapat dua kali penerbangan yakni pagi dan sore hari. Terkait kondisi tersebut, dia mengatakan, pihaknya dalam beberapa hari ke depan akan memantau perkembangan jumlah penumpang baik datang maupun berangkat.

"Jika dalam beberapa hari ke depan jumlah penumpangnya cenderung meningkat, tidak menutup kemungkinan kami akan meminta maskapai untuk menambah jadwal penerbangan," katanya.

Ia mengatakan, penambahan jadwal tersebut tergantung dari permintaan masyarakat pengguna jasa penerbangan. Disinggung mengenai kemungkinan adanya maskapai lain yang melayani penerbangan Jakarta-Cilacap, dia mengatakan, pihaknya telah menawarkan hal itu kepada sejumlah maskapai seperti Merpati, Trigana, dan Wing Air.

"Akan tetapi hingga saat ini maskapai tersebut masih menjajaki penawaran kami," katanya.

Berdasarkan catatan ANTARA, Banggas Silitonga pernah menawarkan rute Jakarta-Cilacap-Surabaya kepada sejumlah maskapai karena berdasarkan pengamatannya, banyak warga Cilacap yang bekerja di wilayah Indonesia timur sehingga dapat menggunakan jasa pesawat terbang untuk transit di Surabaya.

"Namun tawaran tersebut belum terealisasi karena Trigana masih kekurangan armada sedangkan Wing Air yang pernah melayani penerbangan di Cilacap masih mempelajarinya. Kami berharap mereka bisa mengoperasikan pesawat jenis ATR-70 yang berkapasitas 70 orang," katanya.

Dengan adanya pesawat yang berukuran lebih besar, katanya, diharapkan harga tiket dapat diturunkan karena saat ini Cilacap-Jakarta dan sebaliknya masih Rp580 ribu per orang. Selain itu, katanya, dengan semakin banyaknya operator yang melayani penerbangan di Cilacap diharapkan juga akan berdampak kepada penurunan harga tiket.

"Kalau semakin banyak operator penerbangan, mereka tentunya akan bersaing untuk memberikan harga tiket murah sehingga tidak ada monopoli," katanya.

Ia mengharapkan, peran serta Pemerintah Kabupaten Cilacap dalam mengembangkan Bandara Tunggul Wulung sehingga kelak dapat didatangi pesawat berbadan besar sejenis Boeing. Saat ini Bandara Tunggul Wulung Cilacap hanya memiliki landasan pacu sepanjang 1.400 meter sehingga hanya dapat dilandasi oleh pesawat berukuran kecil.

Landasan pacu Bandara Tunggul Wulung Cilacap, katanya, sebenarnya dapat diperpanjang lagi hingga mencapai 2.000 meter sehingga dapat digunakan untuk pendaratan pesawat berbadan besar.

"Jika bandara ini hidup, tentunya dapat mendukung berkembangnya sektor pariwisata maupun perekonomian di Cilacap maupun kabupaten di sekitarnya," kata Banggas. (ant/aik)



Nama :
Email :
Komentar :
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (5)

  • Erierwanto (Rabu, 27 Februari 2013 22:48)
    bpk/ibu yg saya hormati,ada ga yah penerbangan dr cilacap ke surabaya dan sebaliknya.....

  • Eko (Minggu, 01 Juli 2012 17:09)
    rute cilacap jogja ada tidak ya? Mohon informasinya.

  • Furiasih (Senin, 11 Juni 2012 21:09)
    penerbangan cilacap surabaya ada ga ya pak, minta informasinya dan harga tiketnya

  • Sudirdaewo (Senin, 19 Desember 2011 19:04)
    harga tiket di luar hari lebaran jakarta-cilacap berapa ya pak?

  • Nofi (Senin, 10 Oktober 2011 12:58)
    wahhh ditunggu nh kabar baiknya...sudah lama sy menunggu2 kabar perbangan Jakarta-Cilacap...walaupun lebih mahal tp lebih hemat waktu.


Di Pakistan, Almond digunakan sebagai salah satu bahan dasar membuat kare