ASIAN-STAR

Kontroversi Kostum 'Nyaris Telanjang' Girlband K-Pop

Kamis, 03 Mei 2012 14:40 | 

Sistar


Kontroversi Kostum 'Nyaris Telanjang' Girlband K-Pop




Kapanlagi.com - Perkembangan musik K-Pop yang semakin mendunia memang saat ini membuat para pelaku industri ini semakin melakukan perubahan demi membawa Hallyu terus populer. Salah satu hal yang mungkin seringkali disoroti adalah pilihan pakaian yang dikenakan oleh girlband K-Pop.

Dilansir soompi.com, seperti yang diketahui, cukup banyak girlband K-Pop yang menggunakan pakaian dengan jenis kain berwarna senada dengan kulit, yang seringkali mengakibatkan ilusi penglihatan sehingga tampak hampir telanjang padahal sebenarnya tidak.

Penggunaan jenis pakaian seperti ini, yakni outfit dengan warna senada dengan kulit, kerap digunakan sebagai dalaman di bagian dada atau area tubuh lainnya. Dan hal ini sudah digunakan selama beberapa dekade di industri musik.


Beberapa girlband K-Pop seperti Soobin Dal Shabet, baru saja mendapat perhatian lantaran t-shirt ketat dengan warna senada dengan kulit yang dia pakai di sebuah event di Mokdong Baseball Stadium. Miss A dan 4minute juga dilaporkan pernah menggunakan pakaian dengan jenis seperti ini dalam penampilan mereka baru-baru ini.

Namun, jenis pakaian ketat berwarna senada dengan kulit ini tidak selamanya bisa diterima. Dalam acara MBC Korean Music Festival 2011 lalu, Sistar yang memakai jenis pakaian ini. Dan meskipun tidak bermaksud menunjukkan bagian tubuh mereka, namun banyak pemirsa mengeluh lantaran tidak sesuai dengan konsumsi penonton anak-anak dan keluarga.

Sementara itu netizens Korea cukup banyak yang mencibir penggunaan pakaian ini lantaran sebagai ilusi optik yang bisa saja memamerkan bagian tubuh seorang perempuan tanpa terang-terangan. Mereka berpendapat, apapun tujuannya, jenis pakaian ini bisa menimbulkan ilusi seksual yang tidak bertanggung jawab. (soo/aia)




Lihat Arsip Asian-star

- - -