FILM INDONESIA

'PRISON AND PARADISE', Dokumenter Keluarga Teroris

Sabtu, 05 November 2011 10:45 | 

Daniel Rudi


'PRISON AND PARADISE', Dokumenter Keluarga Teroris




Kapanlagi.com - Banyaknya film yang hanya memfokuskan penderitaan keluarga korban terorisme membuat Daniel Rudi Haryanto ingin membuat film yang berbeda. Lewat film dokumenter PRISON AND PARADISE, Rudi menggambarkan kisah keluarga pelaku terorisme.

Lewat film dokumenter ini, Rudi ingin memberi pesan kedamaian karena kebanyakan film bertemakan terorisme hanya berfokus kepada korban saja. Masyarakat banyak yang lupa mengenai keluarga pelaku yang harus terus dipandang sebagai keluarga teroris di masyarakat.

Dalam film dokumenter yang penggarapannya memakan waktu tujuh tahun ini, Rudi mengungkapkan mengenai sulitnya kehidupan keluarga dan anak-anak pelaku terorisme. Di film ini juga diperlihatkan bagaimana anak-anak pelaku terorisme harus berjuang untuk melanjutkan hidup dalam pandangan masyarakat.

"Tahun-tahun awal paska pengeboman adalah tahun terberat. Anak-anaknya jadi yatim juga. Seiring berjalan waktu mereka mencoba bergaul dengan pandangan masyarakat yang asing. Karena itulah butuh waktu panjang untuk membuat film ini, karena saya mendokumentasikan bagaimana mereka bisa bertahan dan melanjutkan hidup," papar pria kelahiran Semarang, 17 April 1978 itu

Lewat kerja kerasnya di film PRISON AND PARADISE ini dia mendapatkan penghargaan Director Guild of Japan Award pada festival film Yamagata. Dia sangat bersyukur menjadi salah satu pemenang karena ada lebih dari tujuh ratus film yang bersaing.  (kpl/uji/nic)


Nama :
Email :
Komentar :
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (0)


Lihat Arsip Film Indonesia

- - -