FILM INTERNASIONAL

Fakta Unik Golden Globe, Penghargaan Bergengsi Hollywood

Agista Rully  |  Senin, 09 Januari 2017 10:50

Fakta Unik Golden Globe, Penghargaan Bergengsi Hollywood

Kapanlagi.com - Perhelatan Golden Globe merupakan satu hal termewah dan juga paling bergengsi bagi selebriti Hollywood. Penghargaan yang bermula pada tahun 1943 ini awalnya dinamai Hollywood Foreign Correspondents Association. Dulunya penghargaan ini diadakan begitu sederhana dengan makan siang biasa.

Sebelum memiliki belasan kategori penghargaan seperti saat ini, Golden Globe dulu hanya memiliki 5 kategori penghargaan saja yakni: Best Motion Picture, Best Actor and Actress, Best Supporting Actor and Actress. Golden Globe sendiri secara resmi pertama kali menggunakan piala berbentuk Bumi sebagai penghargaan pada tahun 1946. Tak hanya itu, masih banyak lagi fakta menarik tentang Golden Globe. Apa saja sih?

1. Nominasi Pertama Ryan Reynolds dan Lily Collins

Pemeran Deadpool, Ryan Reynolds, mendapatkan nominasi pertamanya sebagai pemeran pria terbaik pada drama musikal atau komedi. Tak hanya itu, Reynolds juga menjadi pemeran Superhero pertama yang masuk ke dalam nominasi penghargaan berkelas Hollywood tersebut!

Lily Collins juga mendapatkan nominasi pertamanya lewat peran dalam film RULES DON'T APPLY. Aktris asal Inggris ini masuk nominasi pemeran aktris terbaik drama musikal atau komedi dan harus bersaing dengan Emma StoneHailee Steinfeld, Annette Bening, dan juga Meryl Streep.

Andrew Garfield dan Ryan Reynolds berciuman saat Ryan Gosling dinyatakan menang © e! OnlineAndrew Garfield dan Ryan Reynolds berciuman saat Ryan Gosling dinyatakan menang © e! Online

2. Ryan Reynolds dan Andrew Garfield berciuman

Pemeran Deadpool satu ini, Ryan Reynolds, memang dikenal sebagai aktor dengan kepribadian unik dan kocak. Ketika dia dikalahkan oleh Ryan Gosling sebagai aktor drama musikal atau komedi terbaik, suami Blake Lively ini malah mencium Andrew Garfield yang kebetulan duduk di sampingnya. Sontak saja aksi kedua aktor pemeran superhero ini membuat orang-orang gagal fokus. Kocak!

Meryl Streep adalah nominee terbanyak Golden Globe © IMDbMeryl Streep adalah nominee terbanyak Golden Globe © IMDb

3. Meryl Streep Adalah Pemilik Nominasi Terbanyak Golden Globe

Aktris berusia 67 tahun, Meryl Streep telah mengantongi nominasi terbanyak Golden Globe. Nama Meryl Streep tertulis dalam 30 nominasi sejak tahun 1979 dan dia telah memenangi 8 penghargaan dari 30 nominasi tersebut. Belum lagi tahun ini aktris THE DEVIL WEARS PRADA tersebut mendapatkan penghargaan khusus atas kontribusinya dalam dunia perfilman Hollywood.

4. Kekalahan Terbesar Golden Globe

Ada dua film yang mendapatkan nominasi terbanyak Golden Globe namun tak memenangi satu pun piala. Dua film tersebut adalah WHO'S AFRAID OF VIRGINIA WOLF (1967) dan THE GODFATHER, PART III (1991). Kedua film ini mendapatkan tujuh nominasi namun tak berhasil membawa pulang satu piala pun.

LA LA LAND memenangkan 7 piala dari 7 nominasi Golden Globe tahun ini © Summit EntertainmentLA LA LAND memenangkan 7 piala dari 7 nominasi Golden Globe tahun ini © Summit Entertainment

5. LA LA LAND Adalah Film Dengan Nominasi Terbanyak Tahun 2017

Damien Chazelle, sutradara sekaligus penulis skenario LA LA LAND wajib
berbangga. Sebab film besutannya yang dibintangi oleh Emma Stone dan Ryan Gosling tersebut masuk dalam 7 nominasi. Menariknya lagi, LA LA LAND berhasil memenangi 7 kategori nominasinya, Wow! (kpl/agt)

Rekomendasi Pilihan





Lihat Arsip Film Internasional

- - -