SELEBRITI

Five V Dorong Perempuan Berani Jadi Pahlawan




      Kamis, 09 November 2006 19:14
      Kapanlagi.com - Artis cantik dan pesinetron Five V, mengatakan, perempuan harus berani menjadi pahlawan dan bersikap tegas saat diperlakukan tidak adil. "Saya mendorong perempuan untuk berani melawan penindasan dan menjadi pahlawan serta inspirasi bagi perempuan yang lain," katanya perempuan bernama Five Vi Rachmawaty itu, di Jakarta, Kamis (9/11).

      Ibu dari Bilqis Emelisqi itu mengatakan, budaya masyarakat di tanah air yang cenderung patriarkal kerap membuat posisi perempuan rentan kekerasan.

      Sejumlah perlakuan buruk, seperti kekerasan dalam rumah tangga sering dialami kaum perempuan di tanah air. Fenomena itu, sayangnya dianggap 'tidak ada', walaupun padahal merupakan kenyataan riil yang dihadapi perempuan.

      Menurut Five V, wajar bila korbannya terus membisu di dalam benteng yang bernama 'rumah' selama berpuluh tahun, tanpa perlindungan dari siapa pun, khususnya negara.

      Oleh karena itu, Five V meminta semua perempuan di tanah air untuk memaknai hari pahlawan dengan cara berani bertindak tegas saat mengalami kekerasan serta konsisten untuk meneruskan perjuangan para pahlawan terutama perempuan yang berani menobatkan dirinya sebagai pahlawan.

      "Saya berani mengatakan itu karena saya sendiri pernah mengalami kekerasan dalam rumah tangga," katanya.

      Five V mengaku tidak akan berhenti memperjuangkan hak-haknya dan bersikap tegas pada pihak-pihak yang telah berbuat tidak adil kepadanya. Sedangkan jalur yang ditempuh Five V untuk memperjuangkan haknya adalah melalui hukum dan perundangan.

      "Itu wujud saya memaknai nilai-nilai kepahlawanan," katanya.

      Ia mengatakan, sebaiknya perempuan tidak merasa takut bila telah yakin berada di pihak yang benar.

      Konsistensinya dalam memperjuangkan hak dan bertindak tegas menolak kekerasan membuahkan hasil. Sebuah acara 'live show' di stasiun televisi ternama di Indonesia, menobatkan perempuan asal Jawa Timur itu sebagai pahlawan yang menginspirasi kaum perempuan. (*/dar)