SELEBRITI

Iwan Fals: Saya Ayah Yang Gagal

Rabu, 22 Juli 2009 13:10 | 

Iwan Fals


Iwan Fals: Saya Ayah Yang Gagal

Kapanlagi.com - Pernah kehilangan putra tercintanya, Galang Rambu Anarki, membuat Iwan Fals merasa gagal menjadi seorang ayah. Ia mengaku saat itu ia terlalu menggantungkan anak-anaknya terhadap orang lain. Namun, inilah pemicu bagi Iwan untuk bisa sadar dan lebih mengerti, yang akhirnya membawa dia sangat peduli terhadap anak-anak, bukan hanya anak kandungnya.

"Saya termasuk ayah yang gagal lah. Saya merasa gagal dalam mendidik anak terutama yang almarhum ya, Galang. Kesulitan untuk memberikan pendidikan yang baik mempengaruhi lingkungan untuk sehat. Begitu di luar rumah, saya tidak bisa menjaga dia," tutur pelantun Galang Rambu Anarki ini.

Ditemui di acara aksi sosial Homeschooling Untuk Anak Jalanan bersama Kak Seto dan Yayasan Berkat Alfa Omega Indonesia, Iwan menuturkan banyak hal yang membuatnya peduli dengan anak.

"Ya, saya juga pernah jadi anak-anak. Bahwa nanti kala saya tua terus anak-anak nggak benar, yang ngurus saya siapa? Yang merawat saya siapa? Saya bersandar sama dia juga. Kadang-kadang kalau mau kerja cari pembelaan diri, cari duit buat anak," jelasnya sambil menambahkan bahwa anak adalah satu energi yang tak ada habisnya.

Lalu, apakah yang menjadi pemicu kegagalan itu sendiri? "Saya tergantung sama lembaga-lembaga yang ada, tapi lembaga yang ada sibuk sama dirinya sendiri. Kayaknya sibuk politik lah, sibuk apa lah. Perhatian terhadap anak berkurang. Saya nggak percaya. Saya hanya punya dua tangan, dua kaki, nggak bisa menjaga anak saya di sekolahan, nggak bisa menjaga anak saya di permainannya," kata Iwan.

Ia juga mengaku terlalu bergantung dengan orang dewasa lainnya. Tapi akibatnya, malah berdampak buruk bagi keluarga sendiri. Pun begitu Iwan tetap bersyukur pernah mendapat kisah itu dalam hidupnya.

"Karena banyak anak yang jauh lebih sulit dibandingin anak saya. Itu yang patut mendapat perhatian. Untung ada Kak Seto ya," ujarnya saat ditemui di kediamannya, di Leuwinanggung, Cimanggis, Depok, Selasa (21/7).    (kpl/gum/boo)

Nama :
Email :
Komentar :
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (3)

  • Berlin (Kamis, 23 Juli 2009 08:59)
    bang manusia tuh ga da yang smprna llo ga usah nyalahin diri llo sendiri mungkin ini mang ud jalan hidup llo kya gni

  • Rieqa (Rabu, 22 Juli 2009 16:21)
    masa lalu biarin berlalu lah Om Iwan,,,yang penting skrg harus lebih peduli terhadap nasib anak anak penerus bangsa

  • Candra (Rabu, 22 Juli 2009 15:11)
    q yakin kalo anda bukan ayah yang gagal, hanya pengaruh luar yg lebih besar, dan jiwa galang sendiri lebih dominan

Lihat Arsip Selebriti

- - -