SELEBRITI

Mathias Muchus Tak Ingin Menggurui Masyarakat

Selasa, 08 Februari 2011 21:50 | 

Mathias Muchus


Mathias Muchus Tak Ingin Menggurui Masyarakat




Kapanlagi.com - Selain menjadi seorang aktor, kali ini Mathias Muchus mulai menyutradarai film garapannya sendiri. Film berjudul RINDU PURNAMA ini merupakan film keluarga yang diangkat dari realita yang ada. Dalam film ini sendiri, aktor senior ini tidaklah mau menggurui masyarakat.

"Bagaimana membuat film itu bunyi, nyambung dan tidak menggurui masyarakat. Sesuatu yang komersial itu tidak buruk. Ini bukan film idealis, ini film realistis, ini film keluarga. Saya berharap bisa diterima kalangan, jadi tidak ekslusif," ucap Mathias Muchus ketika ditemui di FX, Jakarta Selatan, Selasa (08/02).

Dalam film ini ia tidak hanya mengandalkan dialog yang menarik, namun juga menghadirkan simbolisasi-simbolisasi melalui gambar-gambar yang ditampilkan. Tidak ada kata-kata yang mendoktrin, serta sebagai sutradara ia membiarkan penonton berimajinasi untuk menelaah pesan yang disampaikan dari banyak sisi.

"Saya tidak mau mendoktrin penonton dengan kata-kata. Itu otoriter. Menurut saya enggak bener. Saya membebaskan penonton menelaah dari berbagai sisi. Gambar-gambar ini punya kekuatan. Saya pikir, hakikat film semacam itu. Film itu editing, penyatuan gambar per gambar. Dialog masuk ketika gambar tidak bisa mengungkapkan isi gambar atau memperkuat gambar tersebut. Banyak sekali bahasa simbolik lewat gambar di film ini," ucapnya.

Pembuatan film yang ia garap sendiri memakan waktu yang cukup lumayan. "Shooting 37 hari. Film dikerjakan selama satu tahun. Dari februari 2010 ke februari 2011, cukup panjang," tutupnya.  (kpl/gum/sjw)


Nama :
Email :
Komentar :
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (0)


Lihat Arsip Selebriti

- - -