SELEBRITI

Setiawan Djody Dicalonkan Pimpin Partai Buruh

Selasa, 30 Mei 2006 19:01 | 

Setiawan Djodi






Kapanlagi.com - Sejumlah Dewan Pimpinan Daerah dan Dewan Pimpinan Cabang Partai Buruh menjagokan pengusaha yang juga penyanyi Setiawan Djody sebagai Ketua Umum partai itu untuk periode 2006-2011 dalam kongres di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa.

Kepada pers Ketua DPD Partai Buruh Sulawesi Selatan Muhammad Rustam, Ketua DPD Jawa Barat Heri Suntoro dan Ketua DPD Jawa Timur Suhari menyatakan, penyanyi yang pernah berduet dengan Iwan Fals itu merupakan salah seorang pendiri Partai Buruh dan merupakan sosok yang paling tepat memimpin partai itu untuk lima tahun mendatang.

"Kami di sini mewakili 24 DPD lainnya. Kami datang dengan semangat perubahan. Kami ingin ada perubahan pimpinan di tingkat pusat. Kami mencalonkan Pak Setiawan Djody, salah seorang pendiri Partai Buruh yang saat ini tidak masuk dalam struktur kepengurusan, sebagai Ketua Umum," kata Rustam.

Menurut Rustam, DPD yang menginginkan perubahan dan mendukung Djody antara lain Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, DI Yogyakarta, dan seluruh DPD di Indonesia Bagian Timur.

Heri Suntoro menambahkan, pihaknya mengajukan Setiawan Djody karena ia merupakan figur yang layak jual, memiliki komitmen pada perjuangan buruh, serta pengusaha yang memiliki rekam jejak yang baik.

"Beliau juga memiliki kemampuan untuk menggali sumber dana bagi partai," katanya.

Rustam, Heri, dan Suhari mengaku telah bertemu dengan Setiawan Djody. Menurut mereka, Djody menyatakan tidak keberatan diajukan sebagai Ketua Umum asal pencalonannya merupakan aspirasi dari bawah. Pada kongres sebelumnya mantan suami bintang model Donna Harun ini pernah dicalonkan, namun akhirnya mengundurkan diri.

Memasuki hari kedua kongres yang dibuka Menko Polhukam Widodo AS pada Senin (29/5), sejumlah nama telah muncul dalam bursa calon Ketua Umum Partai Buruh. Mereka antara lain Muchtar Pakpahan sebagai 'juara bertahan', Setiawan Djody, mantan Komandan Puspom TNI Mayjen (Purn) Syamsu Djalal, dan aktivis buruh Sonny Pudjisasono.

Meski menginginkan jabatan Ketua Umum tidak lagi dipegang Muchtar, kelompok Rustam tersebut tetap menghendaki Muchtar tetap duduk di DPP.

Mereka menilai Muchtar sosok yang tepat untuk mengisi jabatan Ketua Majelis Pertimbangan Pusat. Sementara Syamsu Djalal diproyeksikan mengisi jabatan Wakil Ketua Umum.

Kongres Partai Buruh sebelumnya dijadwalkan akan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono namun batal karena Presiden memilih sementara berkantor di Yogyakarta menyusul gempa yang melanda wilayah itu dan menelan ribuan korban.

Kongres tersebut diikuti sekitar 1.500 peserta yang berasal dari 33 DPD dan 400-an DPC. Pemilihan Ketua Umum dijadwalkan berlangsung Rabu (31/5) malam. (*/dar)


Nama :
Email :
Komentar :
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (0)


Lihat Arsip Selebriti

- - -