TELEVISI

Inilah Tayangan Ramadan Dapat Pujian MUI

Selasa, 07 Agustus 2012 09:45

Inilah Tayangan Ramadan Dapat Pujian MUI

Kapanlagi.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) memantau seluruh siaran televisi dalam menyambut, menyemarakkan dan memberi warna Ramadan melalui program-program mereka. Sejumlah program mendapat apresiasi dan dinilai dapat memberikan hiburan juga tuntunan.

Film serial Omar: Umar bin Khattab yang tayang di MNC TV tiap pukul 04.00 WIB mendapat apresiasi. Film dari televisi Qatar ini menampilkan sejarah Nabi Muhammad dilihat dari sudut pandang Umar bin Khattab.

"Jarang sekali televisi kita menyiarkan film serial seperti ini. Lebih menarik lagi, serial sejarah Omar dibiarkan dengan dialog asli dalam bahasa Arab, sehingga nuansa Timur Tengahnya lebih bisa dinikmati," kata Sinansari Ecip, Ketua MUI BIdang Informasi dan komunikasi dalam Preskon Hasil Pantauan Konten Media Paruh Pertama Ramadhan 1433 H.

Program dokumenter berdurasi 30 menit ini, Musafir yang tayang setiap hari pukul 04.30 WIB Trans 7 juga mendapat apresiasi positif. Program ini, memperkenalkan negara-negara yang menjadi pusat penyebaran Islam dunia pada awal kelahirannya.

Selain Musafir, acara Jazirah yang tayang setiap hari pukul 05.00 WIB juga mendapatkan pujian. Program berdurasi 30 menit ini menggambarkan komunitas muslim lokal di Negara minoritas muslim seperti Amerika Serikat, Republik Rakyat China, Thailand, Inggris, Belanda dan Prancis.

Catatan Harian Santri (Indosiar) yang hadir tiap pukul 04.30 WIB dinilai menarik sebagai acara yang patut dikembangkan. Acara ini menghadirkan pesantren dengan mengambil sudut pandang berbeda, yakni catatan para santri. Ada santri asal Afrika Selatan, santri di Malaysia, hingga santri di Thailand.

MUI juga memberikan apresiasi pada program Ceria Bersama Mamah, yang dianggap kreatif mengemas ceramah Mama Dedeh agar tidak monoton. Acara ini mengetengahkan sosok-sosok pekerja keras yang bisa memberikan inspirasi pada penontonnya, seperti seorang nenek penjual sapu dengan keterbatasan fisik hanya memiliki satu tangan, TKW yang sukses menjadi sutradara, perempuan pengemudi bus antar kota, dan sebagainya.

Selain itu, acara Xtraligi: Ngaji Seni Bareng Slank yang tayang di Indosiar Rabu, 1 Agustus pukul 11.33 WIB juga dinilai MUI sebagai acara yang menarik.

TVOne yang dikenal sebagai televisi news juga mendapatkan apresiasi dari MUI. Program Radio Show Sahur yang dipandu oleh Ali Muchtar Ngaabalin dinilai sebagai acara yang menarik untuk disimak.

Begitupun Metro TV juga dianggap memiliki serangkaian acara bermutu yang patut diikuti, seperti Tafsir Al Misbah bersama M. Quraisy Shihab,  Sukses Syariah, Inspirasi Ramadhan, Ensiklopedia Islam, Oase Ramadhan, hingga Cahaya Hati.

MUI juga memuji program sinetron berkualitas seperti Tukang Bubur Naik Haji (RCTI) yang dinilai mengandung muatan dakwah, edukasi, sekaligus hiburan yang berarti, Para Pencari Tuhan (SCTV), Insya Allah Ada Jalan (SCTV).

"Program Smash Ngabuburit, Mutiara Hati dan Sabarrr memenuhi kualifikasi tontonan sekaligus tuntunan. Ini baik untuk masyarakat," tegasnya.

  (kpl/uji/dar)


KOMENTAR

Lihat Arsip Televisi

- - -