TELEVISI

Sukma Ayu Koma, 'KECIL-KECIL JADI MANTEN' Ditamatkan

Selasa, 18 Mei 2004 16:36 | 

Sukma Ayu






Kapanlagi.com - Setelah berupaya untuk tetap menayangkan sinetron serial Kecil-Kecil Jadi Manten (KKJM) kendati pemeran utamanya Sukma Ayu masih terbaring koma di RS. Medistra, kini Multivision Plus memutuskan untuk menamatkannya saja. Sebagai gantinya Raam Punjabi telah menyiapkan sebuah sinetron drama terbaru yang menghadirkan duet sepasang kekasih Pimus Yustisio-Jihan Fahira dengan tajuk Kepala Keluarga.

Sejak Sukma dikamarkan koma, tentu tak hanya keluarga besar Misbach Yusa Biran-Nani Wijaya saja yang berduka. Semua kru pendukung KKJM juga ikut berduka lantaran Sukma adalah tokoh sentral dalam cerita tersebut. Bahkan bisa dibilang ia adalah maskot sinetron tersebut dengan segala cerita yang memang lebih mengarah pada tingkahnya.

Sejak ditayangkan pada akhir tahun 2002 lalu, dan juga sensasi Sukma yang menggunduli rambutnya mengikuti Ronaldo, pemain sepak bola Brazil, serial ini sempat masuk urutan 10 Besar sebagai sinetron yang paling banyak diminati pemirsa.

Itu sebabnya, sutradara Yazman Yazid yang sebelumnya pernah menegaskan pada disctarra.com, hanya akan membuatnya sepanjang 13 episode kemudian memperpanjangnya dua kali lipat (26), bahkan empat kali lipat (52), dan masih terus. Kalau bisa rencananya sih sampai 104 episode! Namun kemudian terjadi banyak hal yang membuat ratingnya anjlok. Pertama masalah dengan Jimmy Gideon, pemeran Bang Rojali, ayah Rohaye, yang menjadi juragan ojek motor pertama berlisensi di Indonesia. Pertengkaran Jimmy dengan astrada berbuntut didepaknya pelawak itu dari serial ini.

Absennya Jimmy Gideon membuat Yazman mesti merombak cerita sedemikian rupa. Banyak unsur penarik yang kemudian dihilangkan begitu saja, sebaliknya dimasukkan tokoh-tokoh baru seperti misalnya Edwin.

Menurunnya rating membuat serial ini dialihkan dari prime time di prime night, malam Minggu, ke Senin malam!

Menyusul musibah yang menimpa Sukma hingga membuatnya terbaring koma di ruang ICU Rumah Sakit Medistra, Jakarta Selatan, selama 40 hari lebih belum menunjukkan kemajuan berarti. Maka rating sinetronnya terus menukik, karena alur ceritanya semakin tak menentu. Kalau dulu di awalnya, ratingnya mencapai 11,76, malah sempat sampai 14,2, maka minggu lalu, ratingnya hanya tersisa 4,3.

Pihak Multivision Plus mencoba mengakali dengan menempelkan adegan-adegan Rohaye. Misalnya saja bagaimana si Onky (Farid) atau ibunya, Mumun (Cut Keke), merindukan Sukma dengan mengenangnya atau membayangkan kebersamaan mereka dulu. Segala kelucuan yang bertumpu pada masalah Alimin (Sahrul Gunawan) dengan Siti Cengcereme (anak Rohaye), atau Koh Amen (Robby Tumewu) dengan isterinya (Nenny Triana), tak mampu menarik minat pemirsa lagi!

Apa pun upaya yang sudah dilakukan tak menolong banyak, maka pihak RCTI dan Multivision Plus sepakat menamatkan serial ini pada episode ke-76 yang ditayangkan pada Senin malam, 31 Mei 2004. (dst/erl)


Nama :
Email :
Komentar :
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (0)


Lihat Arsip Televisi

- - -