Lee Hyori adalah seorang artis R&B sekaligus aktris yang berasal dari Korea Selatan. Hyori terkenal di Korea karena kecantikan dan penampilannya. Hyori adalah anak paling muda dikeluarganya, lahir pada 10 Mei 1979 di Korea Selatan. Karir Hyori dimulai saat ia berada dibawah naungan Daesung entertainment. Ia menjadi anggota grup vocal wanita bernama Fin K.L yang memulai debut pertama mereka pada 22 Mei 1998. Fin K.L kepanjangan dari Fine Killing Liberty; mereka meluncurkan dua album ynag sangat sukses dipasar Korea. Setelah Fin K.L bubar, Hyori memulai karirnya sebagia artis solo.

Setahun setelah album keempat Fin K.L dirilis, album pertama Hyori sebagai artis solo juga dirilis pada akhir 2003 dengan judul STYLISH ….E. album ini berhsil membuat Hyori menyabet hampir semua penghargaan Daesang Award 2003 dengan berhasil membawa tujuh penghargaan. Selain bernyanyi, Hyori juga muncul dalam drama seri THREE LEAF CLOVER selama 16 episode. Februari 2006, ia meluncurkan album keduanya dengan judul DARK ANGEL dengan lagu pertama berjudul Get Ya. Dalam lagu tersebut, ia dituduh meniru lagu dari Britney Spears, Do Somethin’.

November 2006, Hyori menerima kontrak dengan M-Net Entertainment dan menjadi artis wanita dengan gaji paling tinggi di Korea. Hyori meluncurkan album digital dengan judul IF IN LOVE LIKE THEM pada 6 Maret 2007. Walaupun lagu-lagunya sangat sukses, namun hal tersebut tidak sejalan dengan drama yang dibintanginya. Drama berjudul IF IN LOVE LIKE THEM tersebut dilarang tayang menurut komite penyiaran Korea dan stasiun televisi tersebut harus meminta maaf kepada penontonnya.

Selain di Korea, Hyori juga melebarkan karirnya ke Jepang dengan ditayangkannya IF IN LOVE LIKE THEM di salah satu stasiun televisi di Jepang. Ia juga diundang ke Jepang untuk mempromosikan drama tersebut. Selama vakum bernanyi, Hyori menjadi pembawa acara untuk beberapa acara televisi TIME MACHINE dan HAPPY TOGETHER. Ia juga menjadi anggota untuk satu musim reality show berjudul FAMILY OUTING.

Album ketiganya berjudul IT’S HYORISH diluncurkan pada 16 Juli 2008. Setelah hampir dua tahun dengan album sebelumnya, Hyori kembali lagi dengan album ke empat H-LOGIC pada 13 April 2010. Tujuh dari lagu dalam album tersebut dituduh sebagai penjiplakan. Pada 21 Juni 2010, penjiplakan tersebut telah dibuktikan dan Hyori harus berhenti untuk sementara waktu dari bernyanyi dan penampilannya di televisi harus ditunda juga.
Selain bernyanyi, berakting dan menjadi presenter, Hyori juga menjadi model untuk beberapa iklan seperi Samsung, Calvin Klein, dan Adidas. Bahkan pada tahun 2007, ia menjadi bintang untuk perusahaan kosmetik Isa Knox bersama Jessica Alba.

Discography:
2003 : Stylish….E
2006 : Dark Angel
2008 : It’s Hyorish
2010 : H.Logic

Oleh: Ratih Qorry Maulana

Baca Profil Lengkap Lee Hyori ▼



Show More ▼