INSIGHT-HOLLYWOOD

30 Soundtrack Film Indonesia Paling Racun! [Bagian 1]

Rabu, 11 April 2012 18:40  | 

Melly Goeslaw


30 Soundtrack Film Indonesia Paling Racun! [Bagian 1]
Foto: Maximapictures.com





KapanLagi.com - Oleh: Adi Abbas Nugroho

Sebuah film tanpa musik bagai sayur tanpa garam. Tsah.... Ini bukan sekedar perumpamaan lho. But seriously, film tanpa iringan musik memang akan terasa sangat hambar.

Tak heran jika banyak film Indonesia berlomba-lomba membuat soundtrack ekstra ear catchy. Karena selain untuk memperindah film, soundtrack itu juga bisa digunakan sebagai alat bantu promosi. Bahkan banyak dari soundtrack tersebut yang akhirnya menjadi racun ketika didengarkan

Nah, penasaran apa saja mereka? Mari simak 30 soundtrack film Indonesia paling racun pilihan editor KapanLagi.comŽ

30. AYAT-AYAT CINTA ~ ROSSA (2008)


Foto: MD Pictures

Lagu yang menduduki peringkat paling buncit ini dihuni oleh soundtrack AYAT-AYAT CINTA. Sebuah drama percintaan dengan nuansa Islami yang kental. Disutradarai oleh Hanung Bramantyo yang memasang nama Fedi Nuril, Carissa Putri dan Rianti Cartwrigt sebagai karakter sentral yang terlibat kompleksnya cinta segitiga.

AYAT-AYAT CINTA diangkat dari novel best seller buah pena Habiburrahman El Shirazy. Tak heran jika film produksi MD Pictures ini bisa sesukses novelnya. Bahkan saking suksesnya, copy film tersebut bocor di internet saat filmnya tengah ramai diperbincangkan banyak orang.

Soundtrack filmnya sendiri dinyanyikan Rossa, solois mungil bersuara emas. Lagu yang berjudul sama dengan filmnya tersebut diciptakan oleh the mother of soundtrack, Melly Goeslaw.

29. JAGOAN ~ SHERINA (1999)


Foto: Miles Productions

PETUALANGAN SHERINA adalah film musikal keluarga yang rilis di saat perfilman tanah air sedang mati suri. Beruntungnya film yang dibintangi oleh Sherina Munaf dan Derby Romero ini sukses dan mendapat banyak kritikan positif. Kesuksesan PETUALANGAN SHERINA membuka jalan bagi film Indonesia lainnya untuk unjuk gigi dan mendapatkan tempat di hati penonton dalam negeri.

Seluruh lagu dalam album soundtrack film ini dibawakan oleh Sherina. Namun lagu yang menurut editor paling racun tentu saja track berjudul Jagoan ciptaan almarhum Elfa Secioria.

28. AKU PERAWAN ~ IKA PUTRI (2004)


Foto: Starvision

Film dengan tagline "Ketika Keperawanan Dipertanyakan" ini sempat menuai kontroversi meski tak jadi ditarik dalam peredarannya. Disutradarai oleh Hanny R. Saputra dan melejitkan nama tiga pemeran utamanya seperti Laudya Chintya Bella, Ardina Rasti dan Anggie.

Soundtrack film yang akhirnya menjadi trilogi ini dibawakan oleh Ika Putri. Pengulangan lirik "Aku Perawan" membuat single tersebut mudah diingat dan menjadi racun bahkan dalam sekali mendengarkan.

27. YOU ~ TEN 2 FIVE (2005)


Foto: Starvision

Lagu yang dibawakan oleh Ten 2 Five ini bercerita tentang luapan hati seseorang yang merasa diombang-ambingkan perasaannya oleh sosok yang dia cintai. Dengan lirik berbahasa Inggris, ditambah suara Imel, sang vokalis, yang menyayat membuat lagu ini pas didengarkan saat kita sedang dilanda galau maksimal.

Soundtrack dari film ME VS HIGH HEELS ini diadaptasi dari novel teenlit best seller karya Maria Ardelia. Dibintangi oleh Ayushita, Nuri Maulida dan Raffi Ahmad.

26. BIARKAN BINTANG MENARI ~ DEA MIRELLA FT. ARYO WAHAB (2003)


Foto: Transinema

Drama musikal produksi Transinema ini dibintangi oleh Ladya Cherryl dan Aryo Wahab. Berkisah tentang dua orang sahabat yang tumbuh dengan harapan bisa bahagia seperti kisah tuan putri dan pangeran dalam dongeng.

Soundtracknya sendiri dibawakan oleh Dea Mirella dan Aryo Wahab. Dari lirik lagu tersebut bisa kita rasakan lugunya sebuah mimpi yang terkadang bisa menjadi obsesi.

25. ADA APA DENGAN CINTA? ~ MELLY GOESLAW FT. ERIC (2001)


Foto: Miles Productions

Film arahan Rudi Soedjarwo ini bisa dibilang salah satu penggerak roda perfilman Indonesia setelah sekian tahun mati suri. Lewat film ini, karakter Rangga dan Cinta yang diperankan oleh Dian Sastro dan Nicholas Saputra menjadi tokoh ikonik yang tak akan lekang dimakan jaman.

Soundtrack film produksi Miles Pictures tersebut menjadi album soundtrack terlaris saat itu. Track berjudul Ada Apa Dengan Cinta? yang dinyanyikan oleh Melly Goeslaw featuring Eric digunakan sebagai single andalan.

24. BUKAN CINTA BIASA ~ BBB (2007)


Foto: Maxima Pictures

BBB adalah grup vokal yang diisi oleh 5 aktris muda papan atas seperti Raffi Ahmad, Laudya Chintya Bella, Ayushita, Chelsea Olivia dan Dimas Beck. Mereka terbentuk dari skrip film ambisius musisi Melly Goeslaw.

Track berjudul sama dengan filmnya dijadikan single jagoan untuk teknik promosi. Sayangnya meski sudah gencar berpromosi, film BUKAN BINTANG BIASA bisa dibilang adalah proyek yang merugi.

23. PUPUS ~ DONITA (2011)


Foto: Maxima Pictures

PUPUS adalah sebuah film produksi Maxima Pictures yang dibintangi oleh Donita dan Marcell Chandarawinata. Soundtracknya di cover oleh Donita dari tembang lawas milik Dewa berjudul Pupus. Selain Donita, Ahmad Dhani juga kembali menyanyikan lagu ini dengan versi yang lebih menyayat.

22. SATU JAM SAJA ~ LALA KARMELA (2010)


Foto: Karnos Film

Cerita film ini dikembangkan dari lirik lagu SATU JAM SAJA which is menjadi lagu favorit Rano Karno selaku produser. Film yang disutradarai oleh Ario Rubbik ini dibintangi oleh Revalina S. Temat, Vino Bastian dan Andhika Pratama.

Dalam film ini, tembang lawas tersebut di recycle oleh musisi cantik bernama Lala Karmela. Suara Lala yang jernih dan enak didengar, menjadikan soundtrack satu ini menjadi racun ketika didengar.

21. MERPATI PUTIH ~ ASTRID (2007)


Foto: Astral Pictures

BADAI PASTI BERLALU adalah sebuah film yang hitz di jamannya. Drama percintaan tersebut diadaptasi dari novel berjudul sama karya Marga T. yang diremake ulang pada tahun 2007 oleh Teddy Soeriaatmadja.

Jika filmnya melakukan pembaruan, soundtracknya pun berjalan begitu. Album kompilasi versi 2007 kembali dinyanyikan oleh penyanyi seperti Ari Lasso, Nindy, Marshanda, Ello dan Astrid.

Single milik Astrid menjadi track paling touching dalam album soundtrack ini. Lagu cover dari Chrisye tersebut dibawakan dengan sangat khas oleh Astrid. Sehingga akan memiliki feel yang berbeda jika dinyanyikan oleh orang lain.

Demikian soundtrack paling racun di urutan 30 sampai 21. Penasaran apa saja soundtrack selanjutnya? Tunggu rangkuman berikutnya!

(kpl/abs)