INSIGHT-HOLLYWOOD

30 Soundtrack Film Indonesia Paling Racun! [Bagian 2]

Sabtu, 14 April 2012 04:04  | 

Mocca


30 Soundtrack Film Indonesia Paling Racun! [Bagian 2]
Foto: SinemArt




KapanLagi.com - Oleh: Adi Abbas Nugroho

Sebuah film tanpa musik bagai sayur tanpa garam. Tsah.... Ini bukan sekedar perumpamaan lho. But seriously, film tanpa iringan musik memang akan terasa sangat hambar.

Tak heran jika banyak film Indonesia berlomba-lomba membuat soundtrack ekstra ear catchy. Karena selain untuk memperindah film, soundtrack itu juga bisa digunakan sebagai alat bantu promosi. Bahkan banyak dari soundtrack tersebut yang akhirnya menjadi racun ketika didengarkan

Nah, penasaran apa saja mereka? Mari simak 30 soundtrack film Indonesia paling racun pilihan editor KapanLagi.comŽ

20. NYAWA HIDUPKU ~ ADA BAND (2007)

SELAMANYA adalah film produksi MVP Pictuers yang disutradarai oleh Ody C. Harahap. Bercerita tentang seseorang wanita yang terjerat oleh kejamnya obat-obatan terlarang. Soundtrack berjudul Nyawa Hidupku dibawakan oleh Ada Band yang selalu menyanyikan lagu dengan lirik romantis.

19. YA AKU ~ J-ROCKS (2011)


Lagu dengan alunan nada yang ceria ini cocok sekali jadi pengiring film fenomenal dengan plot yang harusnya berbeda. Sayangnya, karena terlalu sering dipakai dalam film-film Indonesia murahan, sosok Poconggg jadi tak terlalu istimewa.

Diadaptasi dari buku POCONG JUGA POCONGGG yang penulisnya sangat hitz di dunia per-twitter-an. Yup, siapa sih yang tak kenal dengan @Poconggg ? Soundtrack dengan lirik narsis ini dibawakan oleh J-Rocks, band yang terinfluence oleh budaya Jepang.

18. TWITTER DUNIA ~ POTENZIO FT. VJ DANIEL (2012)


Film yang menyoal realita generasi maniak twitter kekinian satu ini disutradarai oleh Kuntz Agus. Memasang nama Abimana Aryasatya, Ben Kasyafani dan Laura Basuki sebagai leading role.

Soundtracknya dibawakan dengan sangat ceria oleh band pendatang baru bernama Potenzio. Track berjudul Twitter Dunia tersebut bercerita tentang seorang yang tak bisa lepas dari efek jejaring social dengan logo burung biru tersebut.

17. USIA 17 ~ ARIEL FT.  NURI (2004)

Soundtrack film SEVENTEEN ini dibawakan dengan manis oleh pentolan Peterpan, Ariel, bersama Nuri Shaden yang juga bermain dalam filmnya. Drama produksi Starvision ini bercerita tentang masa remaja yang hancur karena hamil di luar nikah.

16. DIA ~ MALIQ & D'ESSENTIALS (2008)


Soundtrack drama komedi produksi Nation Pictures ini dibawakan oleh grup musik jazz; Maliq & D'Essentials. Liriknya bercerita tentang seseorang yang sedang merasakan indahnya cinta.

Film yang disutradarai oleh Awi Suryadi ini dibintangi oleh Nino Fernandez, Kirana Larasati, Kinaryosih dan Andhika Pratama. CLAUDIA/JASMINE menjadi salah satu romcom asli Indonesia yang sayang untuk dilewatkan.


15. GIE ~ ERROS FT OKTA (2005)


Lagu ciptaan Erros Sheila On 7 ini dibawakan dengan sangat berkarakter oleh Okta. Merupakan soundtrack film GIE yang disutradarai Riri Riza. Diadaptasi dari memoar seorang Soe Hook Gie yang memasang nama Nicholas Saputra sebagai pemeran utama.

14. SELAMANYA CINTA ~ D'CINNAMONS (2007)

CINTAPUCCINO diadaptasi dari novel berjudul sama buah pena Icha Rahmanti. Bercerita tentang seorang wanita yang terjerat dilema antara pria masa lalu yang menghantui cinta masa depannya.

Soundtracknya dibawakan oleh D'Cinnamons yang merecycle ulang lagu Yana Yulio berjudul Selamanya Cinta. Di tangan mereka, lagu tersebut berubah lebih manis dan menusuk.

13. CINTA TERLARANG ~ REN TOBING (2003)



Soundtrack film yang fenomenal pada jamannya ini dibawakan oleh Ren Tobing. Lirik lagu ini bercerita tentang cinta terlarang yang dialami beberapa karakter dalam filmnya.

ARISAN! yang dinahkodai oleh Nia Dinata ini dibintangi oleh Cut Mini, Tora Sudiro, Surya Saputra, Rachel Maryam dan Aida Nurmala. Pada akhir tahun 2011 muncul sekuelnya. Di mana lagu Cinta Terlarang dibawakan kembali oleh Rio Dewanto dengan tempo lambat.

12. YOU ARE MY EVERYTHING ~ GLENN FREDLY (2004)


Lagu dengan lirik berbahasa Inggris ini merupakan soundtrack film CINTA SILVER yang dibintangi oleh Luna Maya, Restu Sinaga dan Catherine Wilson. Dengan tempo medium dan lirik yang lumayan so sweet, track yang dibawakan oleh Glenn Fredly ini akan mudah diingat dan dinyanyikan.

11. HANYA SATU ~ MOCCA (2005)


Single ciptaan Mocca ini dibawakan dengan penuh perasaan. Tak salah jika saat mendengarnya kita akan ikut hanyut dan tersentuh dengan liriknya.

Merupakan soundtrack film UNTUK RENA yang dibintangi oleh Surya Saputra dan debut bagi aktris cantik yang kini beranjak dewasa, Maudy Ayunda.

Demikian soundtrack paling racun di urutan 20 sampai 11. Penasaran apa saja soundtrack selanjutnya? Tunggu rangkuman berikutnya!

Lihat kembali urutan 30-21 di sini! (kpl/abs)