INSIGHT-HOLLYWOOD

30 Soundtrack Film Indonesia Paling Racun! [Bagian 3]

Rabu, 18 April 2012 18:10  | 

Bunga Citra Lestari






KapanLagi.com - Oleh: Adi Abbas Nugroho

Sebuah film tanpa musik bagai sayur tanpa garam. Ini bukan sekedar perumpamaan lho. But seriously, film tanpa iringan musik memang akan terasa sangat hambar.

Tak heran jika banyak film Indonesia berlomba-lomba membuat soundtrack ekstra ear catchy. Karena selain untuk memperindah film, soundtrack itu juga bisa digunakan sebagai alat bantu promosi. Bahkan banyak dari soundtrack tersebut yang akhirnya menjadi racun ketika didengarkan

Nah, penasaran apa saja mereka? Mari simak 30 soundtrack film Indonesia paling racun pilihan editor KapanLagi.comŽ

10. KESEMPATAN KEDUA ~ TANGGA (2008)



Lagu berjudul Kesempatan Kedua ini dinyanyikan oleh Tangga. Merupakan soundtrack dari sekuel film box office EIFFEL I'M IN LOVE yang melambungkan nama Samuel Rizal dan Shandy Aulia.

Romcom berseting kota Paris tersebut dibintangi Pevita Pearce, Arifin Putra dan Richard Kevin. Filmnya sendiri dinahkodai oleh novelis Rachmania Arunita yang menduduki bangku sutradara, penulis skenario sekaligus penulis novel bertajuk LOST IN LOVE yang rilis tahun 2008

09. TAK BISAKAH ~ PETERPAN (2005)



Pada tahun 2005 Peterpan merilis album soundtrack film ALEXANDRIA. Penggunaan jasa Peterpan dan lagu-lagu ciptaan Ariel rupanya mampu mendongkrak penjualan tiket filmnya. Sebut saja track Menunggumu yang booming di jamannya serta Tak Bisakah yang telah di recycle oleh musisi india untuk soundtrack salah satu film.

08. SEMPURNA ~ GITA GUTAWA (2008)



Lagu Sempurna awalnya dibawakan oleh grup band Andra And The Backbone. Namun  dalam film LOVE, Gita Gutawa didapuk untuk menyanyikan ulang lagu tersebut dengan gaya Gita yang sangat berciri.

LOVE merupakan remake dari film Malaysia berjudul CINTA. Dibintangi sederet nama terkenal seperti Luna Maya, Acha Septriasa, Laudya Chintya Bella dan Irwansyah.


07. BUKAN CINTA BIASA ~ AFGAN (2009)



Film yang menjadi debut Olivia Jensen ini terangkat pamornya berkat nama solois Afgan yang saat itu sedang digilai banyak remaja wanita. Selain menyanyikan soundtrack ciptaan Bebi Romeo tersebut, Afgan juga turut tampil sebagai cameo untuk memerankan dirinya sendiri.


06. LASKAR PELANGI ~ NIDJI (2008)


Film Riri Riza ini diadaptasi dari novel fenomenal berjudul LASKAR PELANGI karya Andrea Hirata. Kesuksesan seri pertama dari novel tetralogi tersebut membuat filmnya menjadi box office dan perbincangan di mana-mana.

Lagu ciptaan Nidji berjudul Laskar Pelangi menjadi track andalan dalam album kompilasi yang dirilis. Selain Nidji, terdapat nama Sherina dan Gita Gutawa dalam album soundtrack tersebut.


05. BENDERA ~ COKELAT (2002)



Lagu ciptaan Eros Candra ini adalah lagu yang sangat racun dan fenomenal. Akibat lirik  nasionalis dan penuh semangat, soundtrack BENDERA yang dinyanyikan Cokelat  menjadi salah satu lagu yang wajib dinyanyikan ketika Indonesia merayakan ulang tahun. Serunya lagi, hal tersebut sudah diakui oleh Presiden RI.


04. CINTA PERTAMA (SUNNY) ~ BUNGA CITRA LESTARI (2007)


Racun di urutan nomer empat diisi oleh single perdana dari album pertama Bunga Citra Lestari. Merupakan soundtrack film CINTA PERTAMA produksi Maxima Pictures which is gara-gara terdapat lirik Sunny yang terus diulang-ulang, pihak Maxima mengubah sedikit skenarionya agar pas dengan lagu ciptaan Dewiq tersebut.


03. DEALOVA ~ ONCE (2005)



DEALOVA diangkat dari novel Teenlit best seller buah karya Dyan Nuranindya. Unfortunately, yang menjual dari film ini justru album soundtracknya. Karena menurut beberapa pihak, adaptasi layar lebar berjalan sangat mengecewakan.

Track racun dalam album kompilasi itu adalah lagu berjudul Dealova yang dibawakan oleh Once dengan sangat indah. Lagu tersebut merupakan ciptaan Opick, mantan rocker yang berubah haluan menjadi penyanyi lagu bernuansa religi.

Selain Once, album ini juga menelurkan hits lainnya seperti track Saat Kau Pergi dari Bunga Citra Lestari, Cemburu dari Shandy Canester dan sederet lagu dari musisi beken lainnya.


02. MY HEART ~ ACHA SEPTRIASA FT. IRWANSYAH (2006)


HEART adalah salah satu film terlaris tahun 2006. Soundtrack yang sangat racun dinyanyikan oleh duet Acha Septriasa dan Irwansyah. Lagu berjudul My Heart tersebut diciptakan oleh Melly.

HEART merupakan awal dari trilogi cinta produksi Starvision. Setelah HEART, muncul judul LOVE IS CINTA dan LOVE STORY yang ketiganya disutradarai oleh Hanny R. Saputra.

01. GARUDA DI DADAKU ~ NETRAL (2009)



Racun diurutan pertama diisi oleh soundtrack dari film GARUDA DI DADAKU. Rasanya tak ada pecinta sepak bola Indonesia yang tak tahu bagaimana efek dahsyat lagu dari band Netral ini. Lihat saja saat dikumandangkan untuk memberi suntikan semangat tim kesebelasan yang sedang berlaga, bulu kuduk pasti akan merinding. Terutama ketika pertandingan tersebut membawa nama negara.

Demikian 30 soundtrack paling racun menurut editor KapanLagi.comŽ. Apa soundtrack paling racun pilihanmu?

Simak urutan 30-21 disini!

Simak urutan 20-11 disini! (kpl/abs)