INSIGHT-HOLLYWOOD

8 Skandal Tak Terlupakan Michael Jackson

Senin, 29 Juni 2009 16:16  | 

Michael Jackson






KapanLagi.com - Kematian Michael Jackson memang menyisakan kesedihan bagi semua penggemarnya di dunia. Namun bakat dan karyanya selama malang melintang di panggung musik akan selalu dikenang sepanjang masa. Mari kita lihat delapan saat paling aneh yang dialami raja pop ini sepanjang karir musiknya.

Menggerayangi Selangkangan

Dalam video musik lagu Bad yang berdurasi 18 menit karya Martin Scorsese, Jackson mulai menggunakan imajinasi seksual dalam koreografinya. Dia Membuat gerakan meraba atau menyentuh dada, pinggang dan selangkangannya. Meski dia menyebut ini hanya bagian dari koreografi, berbagai penerimaan dan kritik ditujukan untuk gerakan ini. Gerakan memegang selangkangan ini jadi trademark Jackson.

Operasi Kosmetik

Di tahun 1979, Jackson mengalami patah hidung saat melakukan gerakan tarinya. Dia menjalani operasi rhinoplasty yang ternyata tidak berjalan sukses. Dia mengeluhkan gangguan pernafasan yang membuatnya khawatir akan mengganggu karir. Dia akhirnya direferensi pada Dr. Steven Hoefflin, yang melakukan operasi hidung berikutnya padanya. Banyak orang beranggapan kalau sakit ini dijadikan alasan untuk melakukan operasi hidung. Di tahun 1993, bintang pop ini melakukan dua operasi plastik lainnya - di hidung dan pipi - seperti sebelumnya dengan alasan medis. Namun perubahan fisik itu terus berlanjut lebih dari dua kali itu.

Pembatalan Konser

Setelah membatalkan sejumlah konser di tahun 1999, EO di Munich dan teman Jackson mendakwa dengan pelanggaran kontrak terhadap penyanyi ini. Jackson mengajukan tuntutan yang sama terhadap Avram. Setelah proses persidangan di penagdilan kedua teman lama ini akhirnya mencapai kesepakatan.

Bencana Katrina

Saat badai Katrina menyapu New Orleans, Jackson menjanjikan merekam sebuah lagu khusus untuk amal bagi korban bencana ini. Dia mengerjakan proyek ini bersama beberapa seniman dari London hingga Los Angeles, menurut jadwal rekaman akan dilakukan pada musim gugur tahun 2005. Tapi pada kenyataanya tak ada satu single pun yang keluar.

Timbunan Utang

Penyanyi ini mengalami ketimpangan keuangan. Setelah mengeluarkan uang dalam beberapa kasus yang dihadapi selama beberapa tahun, di tahun 2006 Jackson mengalami masalah keuangan. Kebangkrutannya ini membuat pengeluaran rumah tangganya di Neverland Ranch dikurangi dalam jumlah banyak. Penyanyi ini berhutang sekitar US$270 juta pada pemegang hak publishing musiknya. Setelah mendapat penundaan pembayaran utan, dia mendapat paket penggantian struktur keuangan dari Bank of America untuk spesialist utang Fortress Investments. Di tahun 1990-an, Jackson disebut-sebut sebagai bintang pop paling kaya dengan kekayaan ribuan juta dollar.

Neverland

Istana Jackson yang diberi nama Neverland ini dilengkapi dengan kebun binatang. theme park dan segala permainan anak seperti yang ada di Disney. Nama ranch ini diambil dari kisah fantasi Peter Pan, di mana seorang anak tidak ingin tumbuh jadi dewasa. Pada 25 Februari 2008, Jackson menerima surat teguran dari Financial Title Company, kalau tidak membayar US$24,525,906.61 hingga 19 Maret tahun yang sama, akan dilakukan lelang umum untuk lahan, bangunan dan barang-barang lain di dalam istana itu. Pada 12 Mei 2008, rencana lelang itu dibatalkan lantaran sebuah perusahaan investasi, Capital LLC, membeli pinjamannya. Jackson mengabaikan kepemilikan atas istana megahnya itu. Dalam sebuah press release penyanyi ini mengatakan, "Aku merasa senang dengan pengembangan yang melibatkan Neverland Ranch dan aku mendiskusikan dengan Colony dan Tom Barrcak berkenaan dengan Ranch itu dan segala masalahnya, yang memberiku waktu untuk lebih fokus pada masa depan."

Skandal Bayi di Balkon

Di tahun 2002, Jackson membawa bayinya yang baru lahir, Prince Michael Jackson II di balkon hotel tempatnya menginap di Berlin. Dia memegangi anaknya dengan tangan kanan, dengan tangan kirinya memegang saputangan yang menutupi wajah bayinya, Jackson lalu mengayunkan bayinya di atas pembatas di balkon. Balkon itu sendiri berada empat tingkat dari atas tanah. Gambar-gambar itu membuat kritikan media mengalir deras padanya. Setelah itu penyanyi ini meminta maag mengatakan apa yang dilakukannya sebagai 'kesalahan yang mengerikan.'

Kasus Pelecehan Anak

Tak diragukan lagi ini skandal paling kontroversial yang pernah dialami oleh seorang Michael Jackson. Di tahun 2003, penyanyi ini didakwa dengan tujuh tuduhan pelecehan terhadap anak dan dua dakwaan lain dengan indikasi percobaan pelecehan seksual terhadap anak berusia 13 tahun, Gavin Arvizo. Kisah ini berawal dari acara TV, Granada Television bertajuk Living with Michael Jackson. Ada adegan yang mempertontonkan bintang pop ini berpegangan tangan dan membicarakan pengaturan tidur dengan Arvizo. Jackson membantah tuduhan ini, mengatakan kalau tak ada hubungannya dengan kegiatan seksual. Pada akhirnya bintang ini dinyatakan tidak bersalah. Namun meski demikian kasus ini membuat karir musiknya berakhir. (kpl/erl)