INSIGHT-HOLLYWOOD

Aktor - Aktris Non Amerika Pemenang Oscar

Rabu, 21 Maret 2012 21:01  | 

Jean Dujardin


Aktor - Aktris Non Amerika Pemenang Oscar
Jean Dujardin.©collider.com




KapanLagi.com -
Oleh: Mahardi Eka

Sejak kali pertama penyelenggaraannya pada tahun 1929, Academy Award telah menghadiahkan seratus enam puluh lebih piala emas untuk aktor dan aktris terbaik dari tiap masanya. Dua piala terakhir diberikan kepada Jean Dujardin dan Meryl Streep, tepatnya pada perhelatan Oscar yang ke-84, 26 Februari 2012, di Hollywood and Highland Center. Di antara puluhan aktor dan aktris dalam puluhan judul film tahun lalu, keduanyalah yang pantas dianugerahi piala atas akting mereka yang paling kuat di antara yang lain.

Streep memang pengecualian, selain karena aktingnya dalam THE IRON LADY sangat bagus, kemenangan ini tak menjadi kejutan besar melihat perjalanan karirnya yang sukses membuahkan 14 nominasi Best Actress, 3 nominasi Best Supporting Actress, dan 3 piala berhasil ia bawa pulang. Namun lain halnya dengan Jean Dujardin, ia baru dikenal publik secara luas lewat aktingnya dalam THE ARTIST. Peran komikalnya yang diganjar Oscar tersebut sukses mendongkrak pula popularitasnya di mata dunia. Yang menarik dari kemenangan Jean apalagi kalau bukan fakta bahwa ia adalah aktor Perancis pertama yang berhasil meraih Oscar, ajang yang notabene didominasi oleh sineas dari Amerika Serikat dan Inggris.

Academy Awards atau yang akrab di telinga kita dengan sebutan Oscar, secara tak langsung ditasbihkan menjadi ajang penghargaan perfilman paling prestisius oleh dunia. Oleh karenanya, siapa saja yang pulang membawa piala secara otomatis naik kasta di mata dunia perfilman internasional. Sayangnya, Oscar masih berpusat di industri film Hollywoodnya. Namun hal tersebut tak menjadi halangan bagi beberapa sineas dari negara lain untuk memberi warna pada penyelenggaraan Oscar dengan menjadi pemenang.

Berbeda dengan film yang memang sudah 'dipagari' terlebih dahulu oleh Academy, dengan adanya kategori Best Foreign Language Picture, kategori akting terasa lebih adil dalam berbagi penghargaan. Berikut beberapa aktor dan aktris internasional yang sukses meraih piala tertinggi bidang akting dalam Oscar:

BEST ACTRESS

  • 1. Audrey Hepburn-Belanda


  • Audrey Hepburn

    Audrey punya dua kewarganegaraan lantaran lahir dari pasangan Belanda - Inggris, Joseph Victor Anthony Ruston dan Ella van Heemstra. Dari lima nominasi yang didapatnya sepanjang karir, ia memperoleh piala Oscar untuk perannya sebagai Ann, putri sebuah negara di Eropa dalam film ROMAN HOLIDAY (1954). Sebuah keberuntungan baginya, sebab mulanya peran ini diperuntukkan untuk Elizabeth Taylor.

  • 2. Charlize Theron-Afrika Selatan


  • Charlize Theron

    Aktris cantik kelahiran 7 Agustus 1975, Benoni, Provinsi Transvaal, Afrika Selatan ini sukses memenangkan Oscar atas perannya sebagai Aileen Wuornos, seorang pembunuh berantai dalam film MONSTER (2003). Tak sia-sia perjuangannya memermak wajahnya punya kecantikan eksotis ini menjadi buruk rupa. Kemenangannya itu mendongkraknya menjadi salah satu aktris Hollywood dengan bayaran tertinggi di tahun 2006 versi The Hollywood Reporter.

  • 3. Marion Cotillard-Perancis


  • Marion Cotillard

    Aktris yang punya kecantikan khas Perancis ini merasakan gempita dan kemewahan Oscar atas keberhasilannya memerankan sosok Édith Piaf, penyanyi Perancis dalam film LA VIEN EN ROSE. Marion memukau juri Oscar atas totalitas aktingnya berperan sebagai Edith muda dan beranjak tua. Kemenangannya ini langsung membuka jalan bagi karirnya di dunia perfilman Hollywood.

  • 4. Natalie Portman- Israel


  • Natalie Portman

    Perannya sebagai pebalet yang kuper dan tertekan dalam thriller psikologis BLACK SWAN (2010) mendapat kritik sangat bagus dan sudah banyak diprediksi sebelumnya bahwa ia bakal keluar sebagai pemenang dalam ajang Oscar.

  • 5. Nicole Kidman-Australia


  • Nicole Kidman

    Dari 3 nominasi Best Actress yang pernah ia dapat hingga kini, Nicole Kidman mendapat piala atas perannya sebagai penulis Virginia Woolf dalam THE HOURS (2002). Selain aktingnya yang apik memerankan sosok penulis yang menderita depresi, Kidman sukses membuat wajahnya hampir tak bisa dikenali, terutama di bagian hidungnya.

BEST ACTOR

  • 1.Jean Dujardin-Perancis


  • Jean Dujardin

    Perannya yang komikal sebagai George Valentine dalam film bisu, THE ARTIST (2011) langsung diganjar piala Best Actor. Ia sukses memikat para juri Oscar bukan lewat dialog, namun gesture yang sungguh luwes.

  • 2. Russell Crowe-New Zealand


  • Russell Crowe

    Penokohan Maximus Decimus Meridius dalam GLADIATOR (2000) terasa pas untuk dirinya yang punya postur tubuh atletis dan juga ekpresi wajahnya yang dingin. Tak pelak perannya tersebut berhasil memberinya piala Oscar. Peran yang lebih bagus ditunjukkannya dalam film BEAUTIFUL MIND (2001), sayang ia hanya masuk nominasi saja tanpa pulang membawa piala.

  • 3. Roberto Benigni-Italia


  • Roberto Benigni

    Aktor, sutradara, dan penulis berkebangsaan Italia ini mendapat piala Oscar atas perannya sebagai Guido Orefice dalam LIFE IS BEAUTIFUL (1997). Perannya sebagai seorang ayah yang berusaha membuat hidup anak dan istrinya tetap indah meski sejatinya mereka berada di tengah kamp konsentrasi NAZI.

  • 4. Daniel Day Lewis- Irlandia


  • Daniel Day Lewis

    Dari 4 nominasi yang didapatnya sepanjang karir, Daniel Day Lewis memenangkan 2 piala dalam film MY LEFT FOOT (1987) dan THERE WILL BE BLOOD(2007). Daniel jarang bermain dalam film box office, tapi bisa dipastikan film yang ia bintangi selalu menarik perhatian para juri Oscar. Apalagi kalau bukan karena akting yang ia tunjukkan.

  • 5. Sidney Poitier-Bahama


  • Sidney Poitier

Aktor, sutradara, penulis, merangkap diplomat asal Bahama bernama lengkap, Sir Sidney Poitier ini adalah aktor berkulit hitam pertama yang memenangkan Oscar. Piala tersebut ia dapat lewat film LILIES OF THE FIELD(1963). Dan di tahun 2002, ia kembali mendapat penghargaan dari Academy, Honorary Awards. Penghargaan tersebut tepat diberikan di tahun ke-38 setelah piala Oscar pertamanya. (kpl/dka)