INSIGHT-HOLLYWOOD

'ALCATRAZ'

Sabtu, 16 Juni 2012 12:13

'ALCATRAZ'
Alcatraz





KapanLagi.com - Cinemags
CinemagsCinemags
 

302 Vanished. 3 Must Find Them.

Originally on: Fox | Status: Season 1 | Premiere: January 16, 2012 | Created by: Elizabeth Sarnoff, Steven Lilien, Bryan Wynbrandt | Genre: Science fiction, Thriller, Drama | Starring: Sarah Jones - Rebecca Madsen, Jorge Garcia - Doctor Diego "Doc" Soto, Sam Neill - Emerson Hauser, Parminder Nagra - Dr. Lucille "Lucy" Banerjee/Dr. Lucille Sengupta, Jason Butler Harner - Elijah Bailey "E.B." Tiller

Amerika seakan tidak pernah habis ide dalam menggali tema untuk diangkat menjadi sebuah drama televisi, mulai dari kelompok paduan suara sekolah, panggung Broadway, kehidupan ibu-ibu rumah tangga, hingga penjara. Penjara? Ya, tema inilah yang menjadi kisah utama dalam serial terbaru Fox berjudul ALCATRAZ produksi Bad Robot Productions ini.

Pada 21 Maret 1963, pemerintah menutup penjara Alcatraz karena dianggap berada dalam kondisi yang kurang baik dan para tahanan pun dipindahkan. Namun, seorang opsir penjaga muda bernama Emerson Hauser (Neill) menemukan fakta di balik kejadian penutupan pulau tersebut. Lebih dari 300 tahanan dan 40 penjaga lenyap tanpa bisa dijelaskan penyebabnya atau ke mana mereka menghilang.

Berpuluh tahun kemudian, tepatnya San Fransisco di masa sekarang, para "63s" (sebutan untuk tahanan dan penjaga Alcatraz yang menghilang) kembali muncul satu per satu. Namun, mereka sama sekali tidak menua, bahkan lupa dengan apa yang terjadi selama menghilang. Pemerintah sendiri nampaknya sudah menduga bahwa hal ini akan terjadi sehingga membentuk unit khusus dengan Hauser sebagai pimpinannya guna melacak keberadaan para tahanan dan penjaga. Pria tegas ini tentu saja tidak sendirian karena ia dibantu oleh detektif Rebecca Madsen (Jones) dan Dr. Diego Soto (Garcia) menemukan para "63s" sekaligus mengetahui apa yang terjadi pada mereka kala menghilang di tahun 1963.

ALCATRAZ sendiri awalnya hanya direncanakan sebagai mid-season replacement. Namun, sambutan yang diberikan kala episode perdananya diputar ternyata cukup menggembirakan, bahkan termasuk ke dalam Most Exciting New Series dalam ajang 1st Critic's Choice Television Awards.

Akan tetapi, kelanjutan nasib ALCATRAZ mulai dipertanyakan setelah melewati episode keenam. Pasalnya, dari penayangan episode pilot yang berhasil meraup 10 juta pasang mata, episode tujuhnya mengalami penurunan karena hanya sanggup menarik perhatian 5,98 juta penonton saja.(Cinemags/roc)

It was one of those things where I heard Alcatraz, and I thought, "What the hell. How could there never have been a show about this before?" It immediately made me lean forward. And then, when we heard the premise, we wanted to keep working on it and keep developing it. - J.J. Abrams

Source: Cinemags, Mei 2012, halaman 116