INSIGHT-HOLLYWOOD

Alexandra Byrne, Costume Designer for Superhero

Senin, 18 Juni 2012 12:13

Alexandra Byrne, Costume Designer for Superhero
Alexandra Byrne





KapanLagi.com - Cinemags
CinemagsCinemags
 

Selain cerita, banyak unsur lain yang juga menentukan bagus atau tidaknya sebuah film, salah satunya adalah kostum. Bayangkan, seandainya Anda menonton kisah mengenai kerajaan Inggris jaman dulu, namun para pemerannya mengenakan kaos dan jins, tentu saja terasa aneh bukan? Bagian inilah yang menjadi tanggung jawab Alexandra Byrne dalam menciptakan atmosfer film melalui kostum yang dibuatnya.

Perempuan berkacamata ini mengenyam pendidikannya di Motley Theatre Design Course di bawah bimbingan Margaret Harris guna memperdalam kemampuannya dalam mendesain pakaian. Karirnya di dunia hiburan dimulai kala dirinya dipercaya memegang bagian kostum untuk sebuah miniseri televisi berjudul THE BUDDHA OF SUBURBIA pada tahun 1993. Namun, terobosan terbesarnya adalah saat ia menangani HAMLET (1996) yang kemudian membuka jalannya untuk menangani beberapa film berkualitas lain, di antaranya ELIZABETH (1998), CAPTAIN CORELLI'S MANDOLIN (2001), FINDING NEVERLAND (2004), dan THE PHANTOM OF THE OPERA (2004).

I am the costume designer, I am responsible for everybody's clothes that you ever see

Khusus untuk THE PHANTOM OF THE OPERA, sang sineas, Joel Schumacher, sendirilah yang memilih Byrne untuk menangani bagian kostum. Dari 'bengkel kerjanya' di Pinewood Studios dan London, Byrne dan timnya menjahit 300 kostum dan memodifikasi 2000 pakaian lainnya berdasarkan pengamatan yang dilakukannya di beberapa butik di Eropa. Dengan visi yang diinginkan Schumacher terwujud untuk film ini, Byrne pun melakukan perjalanan ke Paris guna meriset dunia Opera Garnier yang nantinya diadaptasi menjadi pertunjukan Opera Populaire dalam THE PHANTOM OF THE OPERA.

Pasca THE PHANTOM OF THE OPERA, perempuan yang menikah dengan aktor Simon Sheperd ini kembali menangani kostum untuk sekuel ELIZABETH, ELIZABETH: THE GOLDEN AGE (2007). Dan, melalui film inilah, kerja kerasnya selama bertahun-tahun menangani bagian kostum terbayar kala ibu empat anak ini berhasil meraih penghargaan Academy Award untuk kategori Best Costume Design.

Kini, setelah ELIZABETH: THE GOLDEN AGE, Byrne mencoba untuk 'istirahat' sejenak dari mendesain kostum kuno dengan gaun-gaun lebar serta renda-renda dan memutuskan untuk mencoba sesuatu yang lebih modern. Pasca merancang kostum untuk THOR, kini di 2012, kita siap menyaksikan rancangan kostum yang lebih terkesan futuristik dalam mega proyek keluaran Marvel THE AVENGERS yang akan rilis secara worldwide pada 4 Mei 2012 mendatang. (Cinemags/roc)

Source: Cinemags, Mei 2012, halaman 63