INSIGHT-HOLLYWOOD

Amanda Seyfried, More Than Meets The Eye

Kamis, 28 April 2011 12:13  | 

Amanda Seyfried


Amanda Seyfried, More Than Meets The Eye
Amanda Seyfried





KapanLagi.com - Cinemags

CinemagsCinemags

"I just love to act and be on the set. I want to make acting my life and get really good roles."

Kala pertama kali menyaksikan performanya sebagai anggota geng Plastic; sebagai pemeran gadis yang paling bodoh sekaligus paling kaya dalam film chick teenflick MEAN GIRLS, bersanding peran dengan Lindsay Lohan, Rachel McAdams, Lacey Chabert dan Lizzy Caplan, mungkin tidak ada yang bakal mengira kalau Amanda Michelle Seyfried bakal menjadi aktris yang justru paling mengkilap prestasinya dibanding lawan main yang sebaya dengannya.

Akan tetapi itulah yang terjadi, meski dalam film besutan Tina Fey ini, Seyfried hanya sekedar memegang karakter sentral keempat (setelah Lohan, McAdams, dan Chabert), talenta akting miliknya yang berpadu dengan peruntungannya, membuat namanya kini melejit sebagai salah satu aktris muda yang paling berprospek di Hollywood.

Amanda SeyfriedAmanda Seyfried

Gadis berambut pirang yang dilahirkan di Allentown, Lehigh County, Pennsylvania pada 3 Desember, 25 tahun silam ini sudah merintis nama di panggung hiburan sejak ia masih berusia 11 tahun di mana ia berkiprah sebagai model yang tergabung dalam agensi Wilhelmina Models. Dalam karir modelingnya itu, parasnya sempat menghiasi sampul tiga buku karya Francine Pascal.

Sebelum berkecimpung di dunia akting layar lebar, di sela-sela kesibukannya di dunia model pada waktu yang sama, si empunya mata bulat ini juga menyelami dunia panggung teater, di mana ia sempat terlibat dalam pagelaran teater musikal GREASE, WIND IN THE WILLOWS dan A CHRISTMAS CAROL, serta membintangi iklan the Lifetime Channel dan Sony.

Saat berusia 17 tahun, Seyfried memutuskan untuk berhenti menjadi model. Sebagai gantinya ia mengambil berbagai hal yang menunjang karir aktingnya kelak seperti olah vokal, belajar mengenai opera, serta turut berlatih dengan para pelakon di panggung Broadway.

Menimba pengalaman melalui berbagai peran kecil dalam berbagai serial drama dan program acara televisi, pada tahun 2003, Seyfried memutuskan ikut tahapan audisi gadis populer namun keji; Regina George dalam MEAN GIRLS. Walaupun ia gagal mendapatkan peran yang kemudian jatuh ke tangan Rachel McAdams, mata produser yang jeli membuat aktris yang tadinya sempat dipertimbangkan untuk peran Cady Herron (akhirnya dimainkan Lindsay Lohan), memutuskan Seyfried memainkan peran Karen Smith; anggota Plastic berotak dungu salah satu bawahan Regina.

MEAN GIRLS sukses besar, dan debut layar lebar Seyfried berakhir gemilang, di mana selain ia mendapat pujian berkat penampilannya di sana, bersama Lohan dan McAdams, ia berhasil mendapat ganjaran MTV Movie Award untuk kategori Best On Screen Team.

Setahun berikutnya, bersama Sissy Spacek, Robin Wright-Penn, Glenn Close, dan Holly Hunter, Seyfried terpilih masuk sebagai salah satu pemeran dalam film yang kisahnya berpusat pada sembilan tokoh wanita; NINE LIVES. Sedangkan di dunia pertelevisian wajahnya akrab di mata pemirsa sebagai sosok Lilly Kane; sahabat karib sang tokoh utama di serial VERONICA MARS.

Meski wajahnya masih kerap wara-wiri di depan layar televisi dan familiar di mata pemirsanya lewat serial drama BIG LOVE, kembali ke kancah layar lebar, makin hari ke hari, karir Seyfried semakin menanjak, di mana ia sempat ambil bagian dalam film drama kriminal yang kisahnya diangkat dari kisah nyata; ALPHA DOG, dan kala penampilan menawannya dalam MAMMA MIA! yang juga menandai debutnya sebagai pemegang peran sentral berhasil dengan sukses.

Setelah namanya sempat agak meredup pasca MAMMA MIA!, nama aktris yang gemar mengoleksi celana jeans ini kembali meroket berkat keterlibatannya dalam JENNIFER'S BODY, apalagi dalam film itu ada adegan hot yang dilakukannya dengan Fox, meski filmnya sendiri boleh dibilang gagal. Hasilnya mudah ditebak, Seyfried mulai menjadi salah satu komoditi panas di Hollywood.

"The funny thing about this is she doesn't start out a virgin. So that's what I like about it. It's more realistic. I liked that aspect of it."

Kini, setelah melalui tahun 2010 yang bisa dibilang tahun yang menggembirakan bagi perjalanan karir aktingnya, aktris yang melalui peran -- yang dilakoninya dalam -- CHLOE ibarat menegaskan totalitasnya dalam berakting, siap kembali menorehkan catatan manis karir perfilmannya dengan memerankan sosok tokoh dongeng klasik populer sepanjang masa; RED RIDING HOOD dalam film garapan teranyar Catherine Hardwicke yang menjadi presentasi paling gres mengenai kisah dongeng yang dipopulerkan oleh Grimm bersaudara tersebut, terlebih demi peran ini Seyfried sampai-sampai melewatkan kesempatan untuk ambil bagian di film aksi fiksi ilmiah besutan Zack Snyder; SUCKER PUNCH.

Question (Q): Apa yang membuat Anda memutuskan untuk ambil bagian dalam RED RIDING HOOD?
Amanda Seyfried (AS): Sejujurnya hal ini dikarenakan film ini merupakan tipe film yang sangat ingin saya bintangi. Karena dalam film semacam ini saya bisa memerankan tokoh yang sama sekali berbeda dengan keseharian Anda, berseting abad pertengahan, and it's going to be amazing.

(Q): Apa yang menjadi pertimbangan Anda dalam memilih proyek film mana yang menurut Anda sayang dilewatkan begitu saja atau sebaliknya? Berkaitan dengan RED RIDING HOOD ini, apakah Anda sudah pernah bekerja sama dengan Hardwicke sebelumnya?
(AS): Saya selalu penuh pertimbangan dalam memutuskan film apa yang ingin saya pilih untuk saya bintangi. Sedangkan mengenai Catherine, saya sudah sedikit mengenalnya, yakni saat saya menjalin hubungan dengan Emile Hirsch, dan saya pernah mengunjungi rumahnya sebelumnya, kira-kira dua tahun yang lalu. Namun, hal itu tidak membuat saya langsung mau menerima tawarannya. Nah, ketika saya bertemu dengannya lagi, dia berbicara mengenai proyek film ini. I completely fell in love with her idea and trusted her from that moment on, and I'm like, 'Yeah, I'm down.'

Amanda SeyfriedAmanda Seyfried

(Q):Lalu setelah bekerja sama dengannya apa pendapat Anda mengenai dirinya?
(AS): Saat saya menyadari akan berkolaborasi dengan Catherine, terus terang saya sangat antusias. Dan, keputusan yang saya ambil tidaklah salah, selain hebat, Catherine memiliki visi yang luar biasa. Catherine has a very vivid, clear idea, a beautiful idea of what she wants us to be.

(Q): Apa yang bisa Anda deskripsikan mengenai RED RIDING HOOD karya Hardwicke ini?
(AS): It's amazing. Its' beautiful. Very gothic, very dark. And unlike TWLIGHT, it's older. Film ini akan berseting jauh dari masa sekarang, saya sendiri bahkan tidak mengetahui persisnya. 1500s, 1400s? Menurut pendapat saya, film ini bukanlah tipe film yang bakal menjadi hit, but if someone has passion for something and the story's good... And it's stunning. It's a period piece, as well. I liked the darker side of things. That's another really appealing part of it.

Amanda's Losing Grip

Berikut ini daftar peran yang gagal didapatkan Amanda Seyfried:

  • Regina George (Rachel McAdams) dan Cady Herron (Lindsay Lohan): MEAN GIRLS
  • Veronica Mars (Kristen Bell): VERONICA MARS
  • Baby Doll (Emily Browning): SUCKER PUNCH

Awards:

  • 2010 - MTV Movie Award, Best Scared-As-S**t Performance: JENNIFER'S BODY
  • 2010 - ShoWest Convention Award, Breakthrough Female Star of the Year
  • 2009 Glamour Women of the Year Awards, Best Actress in a Film: MAMMA MIA!
  • 2005 - Locarno International Film Festival, Bronze Leopard for Best Actress: NINE LIVES
  • 2005 - MTV Movie Award, Best On-Screen Team: MEAN GIRLS

Seyfried Future Project

NOW (2011)

Film yang awalnya memiliki judul I'M.MORTAL ini adalah film bergenre thriller yang berseting masa depan di mana umat manusia berhenti bertambah tua dan diharuskan membayar untuk tetap bisa bertahan hidup. Di film garapan Andrew Niccol ini Seyfried akan berperan sebagai Sylvia Weiss, tokoh love interest tokoh seorang pria dalam pelarian yang dituduh membunuh kala ia mendapat warisan dari jutawan kaya yang baru saja meninggal dunia.(Cinemags/roc)

Source: Cinemags, Maret 2011, halaman 82