INSIGHT-HOLLYWOOD

Artis Hollywood Pejuang LGBT, Apakah Mereka Juga Gay?

Senin, 28 Mei 2012 16:47  | 

Lady GaGa


Artis Hollywood Pejuang LGBT, Apakah Mereka Juga Gay?
Lady GaGa Foto: KapanLagi.com





KapanLagi.com - Saat ini, isu lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) memang menjadi salah satu bahasan yang fenomenal. Bukan hanya sekedar trend, isu yang juga menimbulkan banyak pro dan kontra ini ternyata juga memberikan banyak dampak di berbagai aspek masyarakat.

Salah satu dampak yang cukup banyak disorot akhir-akhir ini adalah seputar penolakan Lady Gaga untuk mengadakan konser di Indonesia. Di antara sekian banyak alasan penolakan tersebut, keterlibatan Lady Gaga dalam perjuangan kaum LGBT ternyata juga masuk di antaranya.

Namun demikian, tak bisa dipungkiri bahwa kontroversi terkait LGBT bukan hanya milik Lady Gaga. Walaupun sebagian kalangan jelas-jelas menilai perjuangan macam ini konyol dan tidak bermoral, namun masih banyak pejuang LGBT lain yang mungkin tak kalah getol. So, seperti apa kiprah para pejuang ini? Simak ulasan berikut!

1. Lady GaGa
Muda, kaya, terkenal namun juga kontroversial. Mungkin itulah alasan Lady Gaga ditolak di Indonesia. Namun demikian, kita tak bisa memungkiri bahwa pelantun tembang Born This Wayini begitu dicintai fans karena perjuangannya untuk kaum LGBT.

Lady GagaLady Gaga

Lady Gaga @ usmagazine.com

Lewat yayasan Born This Way yang dikelolanya bersama sang ibu, Mother Monster ini berusaha memberdayakan kaum muda agar punya kapasitas di masyarakat. Tak hanya memperjuangkan hak kaum LGBT dan kaum muda, Gaga juga sangat vokal memerangi tindak bullying yang kini melanda dunia.

2. Angelina Jolie
Kiprah sosial wanita ini memang tak perlu diragukan. Bagaimana tidak, dia telah mendapat banyak kepercayaan dari PBB untuk mengemban misi-misi penting di seluruh dunia.

Angelina JolieAngelina Jolie

Angelina Jolie @ egosip.com

Perjuangan totalnya untuk kaum LGBT ternyata juga merembet ke kehidupan pribadi. Kekasih Brad Pitt ini pernah mengungkapkan bahwa dia takkan menikah lagi sebelum legalisasi pernikahan kaum sesama gay disahkan.

3. Brad Pitt
Mungkin kiprah Brad Pitt di bidang sosial tak seluas pasangannya, Angelina Jolie. Namun komitmen untuk memperjuangkan hak kaum gay dalam dirinya juga patut diacungi jempol.

Brad PittBrad Pitt

Brad Pitt @ blog.meccabingo.com

Walaupun kini telah bertunangan dengan Angelina, namun Brad masih punya keinginan untuk takkan menikah sebelum pernikahan sesama jenis dilegalkan. Great!

4. Daniel Radcliffe
Usianya memang masih muda. Namun di balik itu, bintang HARRY POTTER ini memiliki kepedulian sosial yang cukup tinggi terhadap kaum LGBT. Sejak tahun 2009, Daniel telah bekerja untuk Trevor Project.

Daniel RadcliffeDaniel Radcliffe

Daniel Radcliffe @ usmagazine.com

Di Trevor Project, Daniel berusaha memberikan perhatian dan dukungan untuk kaum LGBT yang merasa tertindas. Seiring dengan pandangan negatif masyarakat terhadap kaum LGBT, mereka memang rentan mengalami bullying yang seringkali berakhir dengan tindak bunuh diri.

5. Barack Obama
Orang nomor satu di Amerika Serikat tersebut baru-baru ini mengungkapkan dukungannya pada pernikahan sesama jenis. Barack Obama mengatakan bahwa kaum LGBT di negaranya harus diperlakukan dengan adil.

Barack ObamaBarack Obama

Barack Obama @ wbur.org

Kepentingan politik memang bisa saja menjadi alasan munculnya pernyataan Barack tersebut. Namun terlepas dari itu, sikap sang Presiden tersebut tentunya mendapat sambutan meriah dari banyak pihak.

6. Anne Hathaway
Ada cerita menarik di balik perjuangan Anne Hathaway membela kaum LGBT. Dia dan keluarga sepakat meninggalkan gereja Katolik yang selama ini menjadi tempat mereka mengabdikan diri setelah tahu bahwa saudaranya yang bernama Michael ternyata gay.

Anne HathawayAnne Hathaway

Anne Hathaway @ usmagazine.com

Keputusan untuk meninggalkan gereja tersebut bukan tanpa alasan. Menurutnya, dia tak perlu mendukung organisasi yang berpikiran picik tentang saudaranya tersebut. Dare decision!

7. Adam Levine
Pentolan Maroon 5 ini jelas-jelas bukan kaum LGBT karena dia diketahui pernah menjalin hubungan dengan sejumlah wanita cantik. Namun sebutan 'pria normal' tentunya tak membuatnya melupakan kaum LGBT.

Adam LevineAdam Levine

Adam Levine @ usmagazine.com

Bagi Adam manusia tidak seharusnya berpikiran picik terhadap kaum LGBT. Pasalnya, mereka juga manusia yang punya rasa dan karsa. Mereka juga bukan manusia tak berguna yang layak dipandang sebelah mata.

8. Kelly Osbourne
Bagi Kellymemandang rendah orientasi seksual seseorang adalah hal rendah. Pasalnya, memilih pasangan adalah soal hati yang pada dasarnya tak bisa diganggu gugat oleh siapapun.

Kelly OsbourneKelly Osbourne

Kelly Osbourne @ usmagazine.com

Tahun 2010, Kelly pun mengungkapkan dukungannya pada kaum LGBT. Dia yakin bahwa membatasi orientasi seksual seseorang adalah hal yang tak bisa diterima akal sehat.

9. Pete Wentz
Tak berbeda dengan pejuang LGBT lainnya, Pete Wentz percaya bahwa pernikahan gay adalah masalah yang harus diurus secara tuntas. Ekualitas yang selama ini menjadi 'dewa' di Amerika seharusnya menjadi pertimbangan dalam hal ini.

Pete WentzPete Wentz

Pete Wentz @ usmagazine.com

"Kita tak seharusnya membiarkan ketidakadilan ini terjadi di Amerika," demikian yang pernah diungkapkannya.

10. Kristen Bell
Bintang SCREAM 4 ini bekerja sama dengan FriendFactor untuk memperjuangkan pernikahan gay.

Kristen BellKristen Bell

Kristen Bell @ usmagazine.com

Walau lebih banyak memusatkan perjuangan di New York City, namun dia berharap semua orang akan menyadari hal ini.

Demikianlah sepak terjang artis-artis Hollywood yang selama ini dikenal getol memperjuangkan kaum LGBT. Walaupun mereka bukan bagian dari kaum tersebut, namun kesadaran mereka tentang persamaan derajat telah membuka mata dunia.

Bagaimana menurut Anda? (kpl/ris)