INSIGHT-HOLLYWOOD

'BEAST OF THE SOUTHERN WILD', The Beast are Coming

Rabu, 02 Mei 2012 12:13

'BEAST OF THE SOUTHERN WILD', The Beast are Coming
Beast of the Southern Wild





KapanLagi.com - Cinemags
CinemagsCinemags
 

Directed by: Benh Zeitlin | Starring: Quvenzhane Wallis, Dwight Henry, Jonshel Alexander, Marilyn Barbarin, Kaliana Brower | Genre: Drama | Running time: 97 minutes

Tidak dapat dipungkiri bahwa festival film adalah sebuah ajang pembuktian bagi para sineas, baik untuk sineas senior ataupun debutan. Salah satu ajang paling bergengsi bagi para sineas debutan yang masih berkutat dalam wilayah film indie adalah Sundance Film Festival. Tahun ini, dalam festival yang diselenggarakan di Utah, Amerika Serikat ini, muncul film berjudul BEAST OF THE SOUTHERN WILD yang dibesut seorang sineas muda berbakat yang terkenal dengan film-film pendeknya, Benh Zeitlin.

"I see that I am a little piece of a big, big universe, and that makes it right." - Hushpuppy

Mengambil tema tentang kemiskinan dan perjuangan, BEAST OF THE SOUTHERN WILD besutan sutradara berusia 29 tahun ini bercerita tentang usaha seorang anak berusia 6 tahun bernama Hushpuppy (Quvenzhane) dengan ayahnya, Wink (Henry), mencari ibunya yang hilang, sekaligus bertahan hidup di tengah dunia yang mulai hancur akibat pasangnya air laut. Bertahan hidup dengan tinggal di sebuah 'bathtub', Hushpuppy belajar tentang soal kerasnya hidup dari sang ayah.

Namun, di tengah dunia yang sekarat ini serta dihadapkan dengan kondisi sang ayah yang tengah menderita satu penyakit misterius, tidak membuat si anak kecil berambut keriting ini terpuruk. Hal ini malah memberikannya sebuah harapan tentang kehidupan lebih baik yang tergambar melalui imajinasi tentang kemunculan kembali satu spesies banteng (auroch) prasejarah yang telah punah.

Walaupun memiliki cerita yang sederhana, BEAST OF THE SOUTHERN WILD pada mulanya adalah sebuah naskah drama berjudul JUICY AND DELICIOUS. Karya Lucy Alibar yang notabene merupakan teman sang sineas ini menyajikan sebuah gambaran unik tentang bagaimana harapan dapat muncul dalam setiap keterpurukan dengan gambar-gambar yang memukau, serta visualisasi yang unik dari imajinasi Hushpuppy.

Melalui kecerdasan sang sutradara, film yang dibiayai oleh Cinereach us ini menggabungkan dua elemen penting dalam film, yakni cerita dan sinematografi secara seimbang. Untuk itu, BEAST OF THE SOUTHERN WILD yang dirilis pada perhelatan Sundance Film Festival tanggal 20 Januari silam ini, dianugerahi dengan dua penghargaan bergengsi, yakni Cinematography Award Dramatic dan Grand Jury Prize Dramatic.(Cinemags/roc)

Source: Cinemags, April 2012, halaman 96